Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

27 Kuliner di Garut Yang Wajib Dicoba Dengan Rasa Lezat Dan Harga yang Murah

/
/
/
380 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 1 Average: 5]

Pastinya setiap daerah memiliki ciri khas daerahnya masing-masing. Baik dari segi ada-istiadat, bahasa, hingga makanan. Setiap mengunjungi suatu tempat tertentu pastinya seseorang akan disuguhi kuliner yang khas dan belum pernah ditemui sebelumnya. Seperti di Garut, meskipun tergolong kota kecil, nyatanya kota ini banyak menawarkan destinasi wisata dan kuliner di Garut juga amat banyak dan tentunya patut dicoba. Di bawah ini 27 kudapan lezat yang bisa dicoba:

1. Kuliner Garut Soto Ayam

Meskipun soto ayam menjadi makanan yang lazim dijumpai disetiap tempat, salah satu kuliner di Garut ini citarasanya berbeda lho dengan soto yang lainnya.

Dengan kuah santan kuning yang sudah tercampur dengan berbagai rempah-rempah membuat rasa soto ini sangat lezat dan nikmat. Penampilan soto ini pun cerah dan menggugah selera dengan harga satu porsinya 20 ribu saja, bisa didapatkan di warung makan Soto Bening Cikuray Garut.

2. Baso Aci Kuliner Khas Garut

Kuliner yang kedua yang tak kalah menggugah selera adalah bakso aci. Sudah pernah mencoba makanan satu ini? Kalau belum, baso aci khas Garut bisa dengan mudah dijumpai di Kota Garut.

Rasa kenyal, gurih, dan pedasnya akan sangat nikmat di lidah siapapun yang menyantapnya. Baso aci sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin. Perporsinya dihargai sekitar 15k perporsinya dan bisa request isiannya.

3. Wisata Kuliner Garut Surabi

Surabi merupakan salah satu kue tradisional yang banyak disukai oleh orang-orang. Terbuat dsri tepung beras yang dipanggang lalu dinikmati dengan gula merah membuat surabi ini cocok jadi kudapan kala bersantai.

Baca Juga Oleh-Oleh Khas Garut yang Wajib Menjadi Buah Tangan

Kuliner di Garut satu ini dalam pembuatannya cukup berbeda, cetakannya yang khusus membuat surabi ini tetap nikmat dimakan walaupun sudah dingin. Jajanan ini hanya dihargai sekitar 4k saja perbijinya, dapat dibeli di Jl. Pasundan No.3 Kota Kulon, Garut Kota.

4. Kuliner Nasi Liwet Khas Garut

Nasi liwet merupakan sajian yang cocok untuk dijadikan makan siang ataupun sarapan. Rasanya yang khas membuat nasi ini banyak digemari oleh pengunjung atau siapapun yang tengah berada di Kota Garut.

Warung yang terkenal menjual nasi liwet yang enak itu ada di Rumah Makan Asep Strawberry yang terletak di Jalan Raya Kadungora, Lales, Garut. Untuk paket nasi liwet harganya sekitar Rp120.000 ribu, pengunjung bisa mengunjungi warung teteh di Jl. Petogogan 1 Blok A. No. 20.

5. Sambal Cibiuk

Berbeda dengan sambal pada umumnya yang mampu menimbulkan rasa panas pada perut ketika dimakan, sambal cibiuk ini tidak. Terbuat dari tomat hijau, serawung dan banyak bahan lainnya membuat sambal ini hanya ditemui di Garut.

Nama cibiuk sendiri itu diambil dari nama satu daerah yang banyak masyarakatnya membuat sambal ini. Bagi yang ingin membeli sambal ini bisa dibeli online melalui tokopedia dengan harga 30 ribu saja.

6. Mie Bakso Ronyok

Dengan budget 20 ribu saja, seseorang sudah bisa menikmati bakso urat Garut yang sudah sangat diakui kenikmatannya.

Baca Juga Tempat Wisata yang Cantik di Garut

Berasal dari kata ronyok yang berarti menyemut, bakso ini dijual pada kawasan perkantoran pemda, sehingga tak heran sering diserbu oleh orang-orang Jika kebetulan sedang ada disekitar warung ini, jangan lupa untuk mencobanya ya.

7. Es Goyobod

Menikmati yang segar-segar saat udara sedang terik memang menjadi kenikmatan sendiri. Apalagi jika yang dinikmati itu manis dan dingin. Garut memiliki minuman segar yang cocok disantap saat terik, yakni es goyobod.

Es ini sendiri sebenarnya hampir sama dengan es campur, bedanya es goyobod ini memiliki kandungan tepung kanji. Dengan harga 15 ribu saja, seseorang sudah bisa menikmatinya kesegarannya.

8. Burayot

Burayot merupakan salah satu kuliner Garut 2020 yang tak banyak ditemui di tempat lain. Bahan pembuatannya itu terbuat dari tepung beras yang diberi isian gula merah.

Dengan tekstur legit dan bentuknya bundar menggerut membuat kudapan ini nikmat disajikan saat masih panas dan dimakan bersama teh hangat. Seseorang bisa membeli gurayot ini di toko-toko oleh-oleh dengan harga 15 ribu per bungkusnya.

9. Awug

Masih bercitarasa manis, salah satu kuliner di Garut Kota ini juga tak boleh kelewatan. Awug adalah kue yang terbuat dari tepung beras yang di dalamnya diberikan isian gula merah.

Baca Juga Wisata Curug di Garut

Rasanya akan sangat nikmat jika dikonsumsi saat panas, karena gula merah yang ada di dalamnya akan meleleh dan memberikan citarasa manis. Awug juga juga harganya cukup terjangkau yakni kurang dari 20 ribu saja.

10. Kue Balok Maranti

Kue balok maranti jika dilihat sekilas hampir menyerupai kue pukis. Namun, yang membedakan itu adalah kue pukis teksturnya lebih kenyal dan cenderung tidak padat.

Sedangkan kue balok maranti teksturnya lebih padat tapi masih empuk saat dimakan. Isian dari kue ini tentunya berbeda dengan kue pukis pada umumnya. Balok maranti ini bisa ditemui di Kadungora sebagai sentra pembuat kue balok.

11. Dodol Piknik

Berkunjung ke Garut rasanya tidak lengkap jika tak membawa dodol sebagai buah tangan. Ada beberapa orang yang menjadikan dodol garut ini sebagai bisnis. Namun, yang paling terkenal dikalangan wisatawan adalah dodol merek piknik.

Selain membeli, pengunjung juga dapat melihat pembuatannya secara langsung. Budget yang dibutuhkan tidaklah mahal, hanya sekitar 25 ribu saja per bungkusnya dan bisa ditemui diberbagai toko oleh-oleh di Garut.

12. Jeruk Garut

Jeruk memang menjadi komoditas yang banyak dijumpai di Kota Garut. Bahkan Gadut dijadikan sebagai sentra penghasil jeruk terbanyak di Indonesia. Tidak heran harga perkilonya juga lebih murah dibandingkan di tempat lain.

Jika berkunjung ke Garut, jangan lupa membeli jeruk ini ya, harganya di bawah 15k perkilonya, atau kunjungi perkebunan jeruk garut Leuwi ereng.

13. Dorokdok

Bagi pecinta kerupuk kulit mungkin akan menyukai kuliner di Garut satu ini, yakni dorokdok. Jika biasanya kerupuk kulit terbuat dari kulit ayam, dorokdok berbeda.

Terbuat dari kulit sapi yang dicampur dengan berbagai rempah khas membuat kerupuk kulit cocok menjadi cemilan yang lezat dan juga renyah. Biasanya harga jual perkilonya adalah Rp170.000 via online dan offline.

14. Chocodot

Chocodot merupakan inovasi dari pemudah asli Garut yang mengkreasikan coklat dengan aneka bahan lokal seperti buah, kacang, dodol, dan juga cabai.

Dikemas dengan menarik dengan kemasan yang modern membuat chocodot ini sangat pas untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk sanak saudara. Coklatgarut.com merupakan salah satu online shop yang menyediakan chocodot dengan harga start dari 25 ribu.

15. Opak

Selain dodol, opak juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Garut yang banyak dibeli oleh para wisatawan yang berkunjung. Terbuat dari adonan tepung beras yang dibuat lunak dan pipih lalu dikeringkan. Barulah setelah kering, opak digoreng dan diberi bumbu-bumbu seperti pedas, manis, dan lainnya. Untuk harganya sendiri diabanderol krang dari 20 ibu per bungkusnya.

16. Emplod

Olahan singkong khas Garut yang biasa disebut emplod menjadi salah satu kudapan khas kota Garut yang tidak ditemui di tempat lain.

Cara pembuatannya yang menggunakan singkong yangbtelah diperas lalu didamkan selama 24 jam baru kemudian digoreng, membuat emplod ini cocok dijadikan sebagi pengganjal perut. Sama seperti camilan lain, emplod ini bisa ditemui di toko oleh-oleh dan took online dengan harga jual sekitar 32 ribu.

17. Rangginang

Rangginang adalah camilan renyah dan murah yang terbuat dari beras ketan yang dikukus lalu dikeringkan hingga benar-benar kering. Dibentuk menyerupai bola-bola kecil dan dijemur sampai benar-benar tidak memiliki kandungan air.

Setelah semua proses selesai barulah rangginang digoreng dan bisa dijadikan teman makan nasi atau sebagainya. Seseorang cukup membayar 28 ribu saja perkilonya.

18. Ladu

Hampir serupa dengan dodol Garut, kuliner di Garut , tepatnya dijual di toko oleh-oleh satu ini harga juallnya dibanderol 8 ribu per buah dengan tekstur lebih padat dan agak keras saat dimakan.

Meskipun demikian, rasanya tidak jauh beda dengan dodol pada umumnya. Terbuat dari ketan putih yang diolah dengan gula merah dan dimakan bersama parutan kelapa.

19. Comring Banjarwangi

Comring banjarwangi atau bisa dinamakan juga dengan comring singkong merupakan camilan yang dibuat daei sinngkong. Hampir sama dengan opak, comring banjarwangi juga dikeringkan setelah adonan diberi beraneka ragam rempah-rempah.

Baca Juga Tempat Wisata di Cianjur

Meskipun tidak seterkenal opak, comring ini tak kalah enak dan terjangkau. Olahan singkong ini bisa ditemui di toko oleh-oleh dan harganya sekitar 8 ribu saja.

20. Moring Garutan

Moring merupakan singkatan dari cimol kering merupakan camilan kriuk yang hampir sama dengan rangginang tadi. Cimol sendiri berbahan dasar kanji yang kemudian dibentuk seperti bakso.

Selain dimakan dalam bentuk cimol, ternyata bisa juga diiris tipis lalu digoreng dan diberi berbagai aneka rasa. Warung moring garutan ini terletak di Kota Kulon, Kec Garut Kota, Kota Garut dengan harga40 ribu perkilonya.

21. Kuliner Garut Wajit Cisompet

Olahan ketan memang tidak ada matinya. Selalu saja ada panganan yang nikmat terbuat dari ketan ini. Salah satunya wajit cisompet yang terbuat dari ketan unggul yang dicampur dengan santan dan juga gula merah.

Wajit cisompet ini memiliki tekstur legit dan juga manis gula merah saat dimakan. Bagi yang ingin mencoba bisa membelinya di shoppe dengan memasukkan kata kunci, harganya sekitar 32 ribu perkilo.

22. Keripik Kentang Cikajang Khas Kuliner Garut

Cikajang yang berada di Garut merupakan salah satu daerah yang menjadi sentra pertanian. Tak heran jika masyarakat memanfaatkan hasil pertanian mereka menjadi olahan nikmat, seperti keripik kentang cikajang ini.

Dengan hasil pertanian berkualitas unggul membuat keripik yang dibuat juga sangat lezat untuk dinikmati dan dijadikan oleh-oleh yang harganya murah, sekitar 20 ribu saja.

23. Kuliner Garut Pindang Ikan

Berbeda dengan makanan di atas, makanan satu ini berbahan dasar ikan yang diolah menjadi pindang.

Meskipun pindang ikan banyak ditemui diberbagai daerah di Indonesia, pindang ikan dinikmati wisatawan di warung Pindang Ma Ecot dengan harga di bawah Rp50.000.

24. Kuliner Garut Singkong Ceprus

Ceprus atau singkong bakar saat ini sudah sedikit sekali yang membuatnya. Padahal selain sehat, ceprus ini juga sangat lezat. Di Garut Selatan, masih terdapat orang yang membuat ceprus ini.

Baca Juga Tempat Wisata di Bandung

Singkong yang dibakar tadi kemudian dimakan bersama dengan gula merah yang telah dicairkan. Karena jarang dijual, ceprusnya ini cukup terjangkau karena bahannya juga mudah.

25. Lada Hitam Ngeri Mas

Lada hitam ngeri mas, sebutan menarik untuk minuman berenergi. Yap, lada hitam ini bukan makanan ya, melainkan sebuah minuman berenergi yang saat diminum akan menimbulkan rasa pedas dimulut.

Terbuat dari berbagai rempah asli Indonesia membuat minuman ini sangat cocok diminum saat badan terasa lelah, dan untuk menikmatinya cukup mengeluarkan uang 25 ribu saja.

26. Kuliner Angleng Khas Garut

Angleng terbuat dari beras ketan dengan campuran gula merah. Dari segi rasa memang mirip. Dengan dodol pada umumnya, tapi dalam proses pembuatannya tidak dibuat menjadi karamel.

Panganan ini dijual sekitar 7.500 per 250 gramnya dan diproduksi oleh toko oleh-oleh sehingga mudah didapatkan untuk dijadikan buah tangan.

27. Tumpeng Cikajang Khas Kuliner Garut

Tumpeng cikajang merupakan kuliner di Garut Selatan yang juga wajib untuk dicicipi. Jika tumpeng pada umumnya berisi lauk pauk seperti ayam, daging, telur, tumpeng cikajang memiliki lauk berbeda.

Lauk yang disajikan bersama tumpeng ini adalah ikan teri yang dilengkapi dengan combro, labu, dan juga cabai. Tersedia di salah satu warung makan di Jalan Cikajang yakni warung Nasi Kuning Oma.

Demikianlah tadi 27 kuliner di Garut yang wajib dicoba saat sedang berkunjung ke Kota Garut ini. Mungkin beberapa kukiner diatas sudah ada yang familiar didengar, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba khas Garut bukan? Rasanya pasti akan berbeda. Sekian dan selamat mencoba.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :