Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

10 Macam Oleh Oleh Khas Garut Yang Kekinian Selain Dodol Garut

/
/
/
250 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Oleh Oleh Khas Garut – Jawa Barat merupakan sebuah provinsi yang berhawa dingin, termasuk salah satunya Kota Garut. Berada diantara dua gunung menjadikan Garut ini sebagai salah satu daerah yang berhawa sejuk dan dingin. Tak heran jika banyak wistawan lokal maupun luar yang berkunjung kesini dan membawa oleh-oleh khas Garut yang tak kalah lezat dengan oleh-oleh dari daerah lainnya.

Akses Kota Garut sendiri cukup mudah dijangkau, karena jaraknya dekat dengan kota metropolitan Bandung. Banyak sekali destinasi indah yang bisa dikunjungi di Garut ini. Salah satunya adalah gunung Paranje, dan juga pantai Cicalebak yang keindahan pantainya tak kalah dengan pantai lainnya. Memiliki rencana untuk berkunjung ke Garut? Oleh-oleh khas Garut di bawah ini harus jadi buah tangan untuk sanak saudara:

1. Chocodot

Oleh-oleh khas garut pertama yang wajib jadi buah tangan saat berkunjung ke kota ini adalah chocodot. Tidak hanya terpaku pada oleh-oleh seputar dodol saja, buah tangan ntuk keluarga juga harus bervariasi seperti chocodot ini. Chocodot merupakan olahan coklat yang dikombinasikan dengan berbagai bahan lokal seperti buah-buahan dan juga dodol.

Buah tangan ini merupakan inovasi dari sesorang pemuda asli Garut. Untuk harganya sendiri cukup terjangkau yakni sekitar Rp10.987an saja dan bisa dijumpai di pusat oleh-oleh Garut seperti tdi Jalan Otista 2 Garut. Kue coklat ini memiliki keunikan sendiri dan rasanya yang manis dengan citarasa buah yang khas menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Baca Juga Kuliner Khas Garut yang Wajib Dicoba

2. Burayot

Tak kalah unik dan kekinian, burayot juga menjadi panganan khas Garut yang wajib untuk dibawa pulang. Jika dulunya, kue ini hanya ada saat perayaan lebaran saja kini sudah banyak dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan. Manis yang berasal dari gula aren membuat burayot ini nikmat dijadikan teman minum teh.

Saat ini varian burayot sudah beraneka ragam. Sangat kekinian untuk zaman sekarang, seperti rasanya dan warnanya yang beragam. Selain bisa dibeli secara online di bukalapak, wisatawan juga  isa mengunjungi toko oleh-oleh yang ada di Kampung Cilageni, Desa Karangtengah, Kecematan Kadungora dengan harga Rp28.000 per pcs.

3. Kerupuk Kulit

Siapa sih yang tak menyukai kerupuk kulit? Sepertinya semua suka karena memang rasanya lezat dan cocok jadi camilan. Nah, oleh-oleh khas Garut satu ini juga berupa kerupuk kulit yang terbuat dari kulit kerbau dan kulit sapi yang dicampur rempah-rempah agar rasanya semakin nikmat.

Baca Juga Tempat Wisata Cantik dan Instagenik di Garut

Untuk bisa membawa pulang kerupuk kulit ini sebagai oleh-oleh, bisa membelinya dengan harga kurang dari Rp15.000 saja per pcs nya. Sangat terjangaku bukan? Selain bisa membelinya di toko, kerupuk ini juga b isa dibeli secara online malalui marketplace bukalapak.

4. Opak

Pernah mendengar cemilan opak? Ya, kerupuk satu ini memang dijadikan sebagai camilan yang memiliki rasa gurih dan juga nikmat. Berbahan dasar ketan yang dicampur garam dan juga saripati kelapa membuat opak menjadi camilan yang nikmat dan terus eksis hingga sekarang.

Seperti opak hasil produksi warga Bungbulang yang bahkan menjadi bisnis opak ini sebagai bisnis UMKM andalan daerah. Dengan harga Rp18.000 per bungkusnya yang bisa dibeli di toko offline seperti di toko yang ada di jalan Subyadinata Garut. Camilan ini aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan pengawet.

5. Ladu

Sekilas dilihat, ladu ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan dodol pada umumnya. Yang membedakan adalah tekstur ladu cenderung lebih pada dibandingkan dodol yang teksturnya lebih lunak. Ladu ini tidk memiliki bahan pengawet sehingga hanya mampu bertahan dalam suhu rung selama 10 hari saja.

UMKM Malangbong adalah sentra pembuat ladu yang terkenal di Kota Garut, harga jualnya sekitar Rp1.500/pcs. Toko yang menjual oleh-oleh khas Garut kekinian init adalah Ladu Faridah yang ada Kabupaten Kelurahan Paminggir di Kecamatan Garut. Jika ingin membelinya secara online bisa melalui tokopedia.

6. Jaket Kulit

Tak hanya makanan saja, Garut juga menawarkan oleh-oleh khasnya dalam bentuk pakaian. Berkunjung ke Garut, jangan lupa untuk membeli jaket khas yang terbuat dari kombinasi kulit sapi dan juga kulit domba. Kualitas jangan ditanya, dijamin bahannya oke punya.

Oleh Oleh Khas Garut
Oleh Oleh Khas Garut

Pabrik yang terletak di Royal Rabbany Ciparay Tanjung Sari Karangpawitan Garut merupakan pabrik yang memproduksi jaket kulit yang dijual dengan harga bervariasi. Untuk model Ramones SP857 sendiri dihargai Rp1.300.987. memang agak mahal untuk ukuran jaket, tapi kualitasnya tak perlu diragukan lagi.

7. Batik Garut – Oleh Oleh Khas Garut

Bukan hanya jaket kulit, adalagi item fashion khas Garut yang bisa dibeli dan dijadikan sebagai buah tangan, yakni batik khas Garut. Dengan corak pacul dan pateuy yang bermaknakan falsafah hidup masyarakat. Ada juga motif lain seperti  kemang corong dan motif merak ngibing.

Oleh Oleh Khas Garut
Oleh Oleh Khas Garut

Yang menjadi ciri khasnya ialah setiap motif dan corak itu memiiki makana dan filosofinya masing-masing. Batik ini bisa didapatkan di batik Enjoy yang berlokasi di Desa Sindanglaya 116 Karangpawitan Garut. Untuk harganya sendiri cukup bervariasi, salah satunya adalah batik Sekar Jagat yang dijual Rp1.500.0000.

8. Emplod – Oleh Oleh Khas Garut

Pernah mendengar nama emplod? Jajanan khas Garut ini memiliki kepanjangan endog lowod atau yang berarti telur dari daerah Lewo Malangbong. Meskipun artinya telur, nyatanya emplod ini jauh dari rasa telur lho. Bahan untuk membuat emplod ini adalah singkong dan dicampur berbagai bumbu tradisional.

Baca Juga Curug di Garut yang Mempesona

Jajanan khas ini bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan terdiri dalam berbagai varian rasa seperti pedas dan original. Berbicara soal harga, jangan khawatir karena emplod ini cukup terjangkau yakni hanya Rp15.000 saja per bungkusnya. Emplod ini juga bisa dibeli melalui marketplace seperti bukalapak dan juga shoppe.

9. Nasi Liwet Instan – Oleh Oleh Khas Garut

Inovasi lain yang tak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh adalah nasi liwe instan. Nasi liwet sudah sangat terkenal menjadi kuliner yang banyak dijumpai di Garut. Sekarang, bagi yang ingin menjadikannya oleh-oleh bisa membeli nasi liwet instan dan tentunya sangat praktis dalam pembuatannya.

Oleh Oleh Khas Garut
Oleh Oleh Khas Garut

Aroma rempah yang dihasilakan dari nasi dan campuran lainnya akan sangat menggugah selera siapapun yang memakannya. Tentunya dari segi rasa tidak jauh berbeda dengan nasi liwet asli. Kisaran harga yang ditawarkan juga sepadan dengan rasa yang yang dimiliki oleh nasi liwet instan ini.

10. Jeruk Garut – Oleh Oleh Khas Garut

Jeruk Garut merupakan salah satu komoditas pertanian yang banyak dijumpai di Kota Garut. Jadi, tak hanya olahan makanan saja yang banyak di Garut, melainkan juga banyak terdapat buah-buahan seperti jeruk Garut ini. Oleh pemerintah juga sudah menjadikan jeruk ini sebagai komponen penyusun lambang Kabupaten Garut.

Oleh Oleh Khas Garut

Biasanya jeruk Garut ini banyak dijual per mobil pick up. Buah ini bisa ditemui di beberapa tempat di sepanjang jalan. Selain itu pengunjung juga bisa mengunjungi kebunnya untuk berjalan-jalan atau bahkan memetiknya sendiri. Budget yang dikeluarkan juga sangat terjangkau per kilonya, yakni sekitar 5 ribu perkilo.

Itulah tadi beberapa oleh-oleh khas Garut yang pastinya kekinian dan bisa dijadikan sebagai buah tangan untuk sanak saudara. Semoga artikel ini bisa jadi referensi yang bermanfaat untuk semuanya ya. Semoga membantu

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :