Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Curug Bajing Pekalongan, Pesona Air Terjun Tengah Hutan yang Menawan

/
/
/
43 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Curug Bajing – Curug atau air terjun sebagai tujuan rekreasi alam yang tak pernah sepi di kunjungi oleh pengunjung. Walaupun kadang untuk sampai ke sebuah curug atau air terjun kita harus keluarkan tenaga yang ekstra.

Curug Bajing

Di wilayah Pekalongan ada sebuah curug yang jadi bahan pembicaraan saat ini ini. Namanya adalah Curug Bajing, yang berada di Dusun Telogopakis Kabupaten Pekalongan Jawa Timur.

Curug Bajing

Tidaklah aneh bila CurugBajing banyak di datangi oleh beberapa pelancong selainnya memiliki tinggi sekitaran 75 mtr., curug ini memiliki keelokan alam yang tidak ada duanya. Saluran airnya berundak-undak hingga tidak akan jemu mata kita untuk selalu menyaksikannya.

Beberapa hal yang bisa kita kerjakan saat berkunjung CurugBajing. Baca yok, pembahasan berkenaan CurugBajing berikut! Cek this out!

Daya Tarik Keelokan Curug Bajing

1. Curug Bajing

CurugBajing memiliki tinggi capai sekitaran 75 mtr., berdiameter kolam yang memuatnya sekitaran 3 meter. curugBajing memiliki saluran air yang cukup deras, maka dari itu pengurus larang beberapa pengunjung untuk berenang pas ada di bawah air terjun.

Curug Bajing

Saat kamu berkunjung CurugBajing kamu akan menyaksikan curug-curug kecil di bawahnya, yang di sebut dari hasil saluran air terjun yang utama. Air CurugBajing jatuh ke kolam yang ada di bawahnya, selanjutnya di salurkan kembali sampai ada 3 undakan.

Di kitari oleh rimbunnya pohon-pohonan dan beberapa suara alam yang seolah menemani kita sepanjang nikmati Curug Bajing. Di atas saluran kolam ada sebuah jembatan, yang bisa kamu pakai untuk berfoto.

Air CurugBajing benar-benar bersih dan jernih, mengucur dengan derasnya hingga memunculkan suara yang cukup jadi perhatian telinga. Kamu bisa rasakan air cipratan terjunnya yang hendak hilangkan semua kepenatan yang menghinggapimu.

2. Spot Photo

Sekarang ini tiap lokasi rekreasi tentu selalu mendatangkan tempat untuk berpose untuk beberapa pengunjung. Tempat spot photo terbaik yang sering di cari pengunjung adalah :

  • Tempat sebuah lokasi yang di buat dari kayu yang di buat seperti love dengan background keelokan Curug B alam sekelilingnya dan ajing.
Curug Bajing

Buat kamu yang memiliki gagasan bertandang ke Curug Bajing janganlah lupa untuk berpose diketiga tempat yang di sebut sebelumnya tadi.

3. Camping Ground

Buat kamu yang ingin nikmati keelokan Curug Bajing dan Teritori Pegunungan Petungkriyono, kamu bisa lakukan aktivitas camping di tempat yang telah di sediakan. Berkenaan perlengkapan dan peralatannya dapat kamu tanya ke pusat info yang ada di CurugBajing.

Kamu akan nikmati malam dengan deburan air terjun yang jatuh ke bawah kolam, dengan didampingi sura hewan-hewan yang menemani malammu, dan diselimuti oleh udara dingin ciri khas pegunungan.

Sejarah Pemberian nama Curug Bajing

Riwayat pemberian nama sebuah tempat selalu ada dalam beberapa versus, begitu juga dengan riwayat pemberian nama CurugBajing salah satunya :

  • Jika penamaan Curug Bajing dipakai karena Bukit yang ada di belakang Curug namanya Bukit Bajing. Karena ada yang menjelaskan jika di bukit itu ada sebuah pusara yang namanya Mbah Bajing.
  • Disamping itu ada yang menjelaskan jika pemberian nama Bukit Bajing karena pada jaman dulu bukit itu jadi tempat persembunyian beberapa bajing (Penjarah) saat masih wargaan Bangsa Belanda.
  • Ada juga yang menjelaskan jika pemberian nama CurugBajing karena pada jaman dulu beberapa warga di Gunung Lumbung diberkahi tanah yang paling subur, hasil tanamnya selalu banyak ruah di saat periode panen tiba. Tetapi entahlah kenapa tiap hasil panen yang di letakkan, selalu lenyap dalam sekejap saja. Hal tersebut di duga masyarakat jika hasil panen itu selalu di ambil oleh bajing (Penjahat atau Pencopet).
    Riwayat selalu memberi teka teki yang bagus yang harus kita selesaikan. Entahlah narasi yang mana sebetulnya terjadi, cuman satu yang jelas jika Curug Bajing memiliki keelokan air terjun dan keelokan alam yang mengitarinya benar-benar hebat dan sayang untuk kita lewatkan.

Lokasi Dan Alamat

Lokasi dan alamat CurugBajing berada di Dusun Telogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Propinsi Jawa tengah 51193. Curug Bajing ada di teritori Pegunungan Petungkriyono. Dan lokasinya bersisihan dengan Curug Muncar.

Rute Menuju Lokasi

Jalur ke arah Curug Bajing bila kamu mengawali perjalanan dari pusat perkotaan Pekalongan, kamu cuma akan tempuh perjalanan dengan memerlukan waktu sekitaran 1 jam lamanya. Kamu akan melalui Pasar Doto, terus meluncur hingga kemudian kamu akan mendapati gerbang Rimba Ekowisata Petungkriyono.

Bila kamu pergi di luar Pekalongan, kamu akan memerlukan waktu sekitaran 7 jam buat kamu yang pergi dari Jakarta. Hal tersebut bergantung pada keadaan jalanan dan tidak terjerat macet. Dan dari arah Bandung kamu akan tempuh waktu perjalanan sepanjang lebih kurang 6 jam dengan jalur melewati Kota Cirebon.

Ticket Masuk dan Ticket Parkir

  • Untuk ticket masuk kamu cuma akan di kenakan ongkos sejumlah Rp. 5.000,- saja per-orangnya.
  • Dan untuk bayar ongkos Parkir kamu harus bayar Rp. 2.000,- untuk kendaraan beroda 2
  • Untuk kendaraan beroda 4 sejumlah Rp. 3.000,-

Jam Operasional Curug Bajing

Jam operasional Curug Bajing di buka tiap hari Senin s/d hari Minggu mulai Jam 08.00 WIB s/d Jam 17.00 WIB.

Fasilitas yang Ada

Sarana yang ada telah di sebut lengkap, di mulai dari terdapatnya:

  • Tempat Parkir
  • Toilet
  • Beberapa warung yang menawarkan minuman dan makanan
  • Masjid
  • Ada pula angkutan rekreasi dengan memakai mobil bak terbuka yang umum disebutkan “Anggun Paris (Angkutan Pegunungan Pariwisata)” dengan bayar sekitaran Rp. 100.000 sampai Rp. 300.000,- bergantung dari jumlahnya orang yang ada. Dengan memakai model transportasi ini jadi lebih mengasyikan karena kamu akan sambil nikmati hijaunya rimba Petungkriyo.

Penginapan Yang Ada Di Curug Bajing

Buat kamu yang ingin nikmati keelokan teritori Pegunungan Petungkriyono semakin lama kembali, kamu dapat bermalam di tempat ini karena telah ada pemondokan atau homestay dengan range harga sekitaran Rp. 100.000,- per malamnya. Dan jaraknya juga tidak begitu jauh dari Curug Bajing, yakni sekitaran 10 menit dengan jalan kaki.

Panduan Rekreasi

Buat kamu yang hendak berkunjung Curug Bajing, ada banyak panduan nih buat kamu menjadikan bahan refensi :

  • Buat kamu yang tiba di luar kota lebih bagus bermalam di sekitaran tempat Curug Bajing.
  • Bila kamu berkunjung Curug Bajing dengan memakai transportasi umum, di saat akan memakai armada “Anggun Paris” tunggu hingga kurang lebih telah banyak yang naik agar ongkos yang kamu mengeluarkan tidak begitu besar.
  • Selalu menjaga kebersihan lingkungan di mana juga kamu berada.
  • Hati-hatilah saat bawa kendaraan beroda 4 ke arah lokasi, karena kamu akan melalui jalanan yang di hias jurang yang cukup dalam.
  • Bila kamu ajak anak-anakmu saat bertandang ke Curug Bajing, selalu pantau mereka ketika bermain air.
  • Persiapkan gadgetmu untuk mendokumentasikan peristiwa bernilai saat ada di Curug Bajing.

Penutup

Umumnya agar bisa nikmati keelokan air terjun kita harus melalui jalanan yang berkelok dan curam. Tetapi tidak hal dengan tracking ke arah Curug Bajing, lajur trackingnya di sebut gampang dan tidak begitu jauh dari tempat parkir kendaraan.

Bentangan keelokan yang dihidangkan membuat tubuh dan pikiran rasakan ketenangan yang luar biasa. Keelokan bentangan alam membius kita untuk semangat saat menjalankan hari. Selalu jaga keelokan alam yang diberi, dengan tidak buang sampah asal-asalan dan tidak lakukan tindakan vandalisme. Janganlah lupa persiapkan photo terbaikmu, ya!

Bagikan ke Teman Liburan
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :