Itinerary Tour Labuan Bajo 5 Hari 4 Malam, Jadikan Referensi Setelah Pandemi Berakhir – Begini Rute yang Harus Kamu Ikuti!

/
/
/
93 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Labuan Bajo adalah salah satu destinasi tamasya primadona bagi kalangan para wisatawan. Wilayah yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini menawarkan pemandangan yang sungguh-sungguh menakjubkan. Estetika Labuan Bajo membuatnya masuk ke dalam lima destinasi superprioritas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Kecuali itu, paket itinerary tour Labuan Bajo lengkap yang memanjakan mata dan pikiran tentu menarik perhatian banyak pelancong.

Itinerary Tour Labuan Bajo
Photo by @travelbuddies_id

Untuk kau yang sedang berencana itinerary tour Labuan Bajo, berikut yakni itinerary tour Labuan Bajo 5 hari 4 malam yang seharusnya kamu coba.

H-1 di Labuan Bajo

Kamu bisa berkunjung ke Pulau Kelor pada hari pertama. Pulau cantik ini tenar dengan sebutannya sebagai pulau persinggahan. Pasalnya, pulau yang terletak di Kabupaten Manggarai ini memang lebih akrab sebagai tempat singgah pelancong yang berharap berkunjung ke pulau utama, seperti Pulau Komodo atau Pulau Padar.

Itinerary Tour Labuan Bajo
Photo by @indonesiajuaratrip

Tapi, di balik sebutannya sebagai pulau persinggahan ini, Pulau Kelor juga memiliki pesona alam yang betul-betul menakjubkan. Pengunjung dapat mengerjakan jelajah alam seharian di sini. Terdapat bukit yang bisa didaki di sana. Padahal cukup berat dan sepatutnya bersusah payah menjelajahi bebukitan, pengunjung dijamin puas dengan panorama di puncaknya.

H-2 di Labuan Bajo

Setelah puas menjalankan jelajah alam di Pulau Kelor, kamu dapat mengunjungi Taman Nasional Komodo keesokan harinya. Komodo menjadi binatang endemik dari taman nasional ini. Jadi, tidak akan komplit rasanya sekiranya berkunjung ke Labuan Bajo, tapi tak melihat Komodo di habitat aslinya.

Itinerary Tour Labuan Bajo
Photo by @abebagusrusiswan

Keberadan satwa purba di Pulau Komodo ini memang menjadi tenaga tarik tersendiri bagi pelancong. Menyaksikan bagaimana reptil purba ini di habitat aslinya tentu menjadi pengalaman tidak terlupakan. Taman Nasional Komodo ini menaungi tiga pulau besar, merupakan Pulau Komodo, Rinca, dan Flores. Untuk masuk ke Taman Nasional Komodo, wisatawan perlu membayar sebesar Rp 5.000 di hari lazim dan Rp 7.500 di hari libur atau akhir minggu.

Itinerary Tour Labuan Bajo
Photo by @indonesian_travel

Setelah berkeliling dan menyaksikan kehidupan Komodo, kau bisa merasakan indahnya panorama di Gili Laba. Kawasan yang berlokasi di sebelah utara Pulau Komodo ini mempersembahkan hamparan pantai dengan air biru dan pasir putih yang bersih.

Itinerary Tour Labuan Bajo
Photo by @_quee.sha

Apabila kamu bersedia sedikit berjalan ke atas bukit, kau akan menemukan titik foto yang sungguh-sungguh menakjubkan. Sebagai rekomendasi tambahan, usahakan datang ke Gili Laba sebelum cahaya matahari menghilang agar foto yang kau hasilkan lebih cantik dan menarik.

H-3 di Labuan Bajo

Labuan Bajo juga menawarkan wisata bahari yang memanjakan mata. Pengunjung juga akan dimanjakan dengan keragaman hayati di bawah laut.

Photo by @boat_tourkomodo

Kamu sepatutnya mencoba menjalankan snorkeling selama bertamasya di Labuan Bajo. Salah satu spot snorkeling yang menjadi favorit wisatawan yakni pantai di Pulau Manjarite. Pulau Manjarite Sendiri ialah salah satu wilayah yang berada di bawah pengawasan Taman Nasional Komodo. Di laut pulau ini, kamu bisa menikmati ikan hias yang berwarna-warni berenang di antara terumbu karang yang asri. Setelah puas menyaksikan kehidupan bawah laut yang ramai dan penuh warna, kamu bisa mengunjungi Pulau Padar untuk berburu foto menarik.

Photo by @pesona_travel.id

Familiar sebagai habitat natural komodo, Pulau Padar juga mempunyai banyak titik foto yang tentunya mengesankan dan instagramable. Berbeda dengan Giri Laba yang mesti dikunjungi sebelum matahari karam, Pulau Padar justru ramai dikunjungi ketika hari sudah mulai gelap. Mendaki bukit-bukit yang ada di pulau ini, kamu akan menemukan lanskap yang luar awam menawan. Dari ketinggian itu, kamu dapat menyaksikan hamparan pantai bersih dengan air laut yang jernih.

H-4 di Labuan Bajo

Menjelajahi daratan Labuan Bajo, rasanya pesona dari tanah komodo ini memang tak ada habisnya. Rentang alam yang kali ini patut kamu kunjungi ialah Goa Batu Cermin. Goa ini terletak di pusat kota Labuan Bajo, tepatnya di Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur. Di daerah liburan yang satu ini, pengunjung bisa menyaksikan fosil-fosil hewan laut yang menempel di dinding dan bebatuan goa.

Photo by @cunleecunlee

Disebut Goa Batu Cermin karena di salah satu bagian goa terdapat sebuah lubang besar di atas langit yang membuat matahari bersinar dengan jelas ke dasar goa. Cahaya matahari tersebut dipantulkan bebatuan goa. Untuk mengunjungi daerah wisata ini, pengunjung harus merogoh kocek sebesar Rp 10.000 per orang dan Rp 20.000 untuk menyewa tour guide. Setelah puas menikmati estetika Goa Batu Cermin, kamu mesti mengunjungi air terjun menawan nan tersembunyi yang berlokasi di kawasan timur Labuan Bajo. Air Terjun Cunca Wulang ini bagaikan surga tersembunyi yang tidak kelihatan.

Photo by @niaanjany

Walaupun begitu, popularitas destinasi yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Keindahan air terjun yang asri dengan air jernih dan bersih membuat Air Terjun Cunca Wulang menjadi primadona bagi kalangan wisatawan. Untuk menikmati keindahan panorama surga tersembunyi ini, kamu semestinya merogoh kocek sebesar Rp 20.000 hingga Rp 50.000.

H-5 di Labuan Bajo

Bertamasya di Labuan Bajo tidak akan komplit rasanya bila belum mengunjungi Kampung Melo. Di kampung ini, pengunjung tak hanya akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah, namun juga liburan kultur yang betul-betul menarik.

Photo by @fotograferlabuanbajo

Pengunjung bisa menyaksikan tari Caci yang dibawakan oleh para penduduk desa. Tari Caci merupakan tarian adat Manggarai. Uniknya, penari yang membawakan tarian ini yakni kaum pria yang tinggal di desa hal yang demikian. Untuk dapat sampai ke kampung Melo ini, kau hanya perlu berkendara selama 40 menit dari sentra kota. Jalan jalan menuju kampung ini bahkan telah amat baik.

Penginapan di Labuan Bajo

Sebagai salah satu destinasi liburan yang betul-betul populer, menemukan penginapan di Labuan Bajo tentu bukanlah sesuatu yang susah. Bermacam-macam contoh dan kelas tersedia di tempat ini. Harga penginapan di sini juga betul-betul pelbagai, mulai dari Rp 200.000 sampai Rp 3 juta. Jadi, kau bisa menyesuaikan harga penginapan sesuai dengan kebutuhanmu.

Photo by @boat_tourkomodo

Bagi kamu yang berencana melaksanakan perjalanan liburan ke beragam daerah, jangan lupa tetap mematuhi protokol kesehatan, seperti selalu menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun. Jangan lupa juga untuk melakukan vaksinasi.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :