Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Trekking di Jalur Pendakian yang Mempesona di Puthuk Gragal Cembor Mojokerto – Yuk, Intip Seindah Apa Pemandangannya!

/
/
/
62 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya πŸ™‚
[Total: 0 Average: 0]

Pendakian gunung puthuk gragal sesuai untuk pendaki pemula. Pasalnya gunung yang berada di Pacet, Mojokerto ini hanya punya ketinggian di bawah 1500 mdpl. Tentunya effort yang di perlukan untuk menuju puncak memadai enteng yaitu membutuhkan sementara 2 jam perjalanan. Jauh lebih mudah daripada gunung gunung di Indonesia pada biasanya yang memerlukan sementara 7 – 10 jam. Selain itu jalur pendakian terhitung telah formal di kelola oleh Perum perhutani dan juga telah berasuransi. Nah buat yang mau self healing ke gunung yang satu ini, silahkan liat simak kami berikut.

Puthuk Gragal
Photo by @evi_oioi1610

Pesona pegunungan sesungguhnya tetap jadi destinasi favorit banyak orang. Bahkan gunung gunung saat ini jauh lebih ramai di banding 10 tahun silam. Udara yang segar, hijaunya vegetasi dan juga keindahan β€œnegeri diatas awan” sebabkan banyak orang mau jalankan pendakian berjam jam lamanya. Gunung di Indonesia sendiri memadai begitu banyak ragam dari yang pendek dan cocok untuk pemula sampai yang punya jalan extrim.

Puthuk Gragal
Photo by @sholehddn_

Nah, jika kamu berkenan cari gunung untuk pemula di jawa timur, Gunung Puthuk Gragal Cembor ini adalah salah satu pilihanya. Selain jalan pendakian yang relatif pendek, viewnya juga istimewa. Bahkan lanskap yang tersaji mirip sama bersama gunung prau di wonosobo yang selama ini menjadi favorit pendaki pemula.

Review Pendakian Puthuk Gragal Cembor

Puthuk Gragal sendiri baru di buka bulan oktober 2020 lalu. Jadi kemungkinan masih banyak yang belum jelas baik itu lokasi maupun rute yang mesti di tempuh. Ketinggian puthuk gragal adalah 1480 mdpl dengan ketinggian basecamp 800 mdpl. Itu artinya kita cuma kudu mendaki 780 meter secara vertikal. Adapun pengelolanya adalah perum perhutani KPH PAsuruan dan LMDH Sumber Kencono serta bekerjasama dengan karanga taruna desa cembor.

Puthuk Gragal
Photo by @anggorodwicahyoo

Berbicara perihal view yang di sajikan, memadai istimewa. Sepanjang perjalanan kami dapat mendapati vegetasi yang cukup rapat di kanan kiri. Mulai dari pohon pohon besar, bambu, bunga lantana, ilalang, tanaman genjret, kaliandra, pecut kuda hingga pinus. Di puncak kami bakal di suguhkan bersama dengan panorama puthuk siwur, gunung pundak serta gunung welirang yang gagah berdiri di belakang.

Photo by @afiifahdhiyaulhaq

Namun yang harus diingat, sebenarnya rute menuju puncak lumayan terjal dengan di penuhi bebatuan. Sesuai namanya β€œgragal” yang di dalam bahasa jawa bermakna bebatuan. Ada 4 pos yang kudu di lewati pendaki bersama dengan total saat pendakian kurang lebih 2 jam. Kamu bisa mendaki secara tektok (tanpa ngecamp) ataupun full pack bersama membawa tenda dan ngecamp di camp area. Berikut review jalur pendakian via cembor.

Basecamp – Pos 1 25 menit

Photo by @basroniradika

Setelah memarkirkan kendaraaan di basecamp serta membayar simaksi selanjutnya kamu bia memulai pendakian. Dari basecamp kami bakal melewati jalanan desa yang asri nan sejuk. Setelah berlangsung lebih kurang 25 menit kami bakal sampai di pos 1 yaitu Watu Ceper.

Pos 1 – Pos 2 15 menit

Dari watu ceper menuju pos 2 yakni Gamblu butuh pas 15 menit saja. Jalur tetap relatif datar dan banyak di tumbuhi oleh pohon bambu di sekitarnya.

Pos 2 – Pos 3 20 Menit

Puthuk Gragal
Photo by @triananda13_

Nah selepas pos 2 ini kalian dapat mendapati sebuah plakat bersama dengan postingan Tanjakan Opo. Jalurpun jadi nanjak bersama dengan kemiringan meraih 60 derajat melalui hutan tanaman genjret. Di sepanjang jalan terhitung bakal di temui pipa pralon yang di sebagian titik berlubang menjadi dapat untuk mengisi perbekalan air. Butuh kala 40 menit untuk raih pos 3 yakni hutan genjret.

Pos 3 – Pos 4 20 Menit

Photo by @nr.dianas

Dari pos hutan genjret jalan tetap menanjak tetapi tidak begitu terjal. Butuh saat 20 menit untuk capai pos 4 (tanjakan celeng). Nah, di sini terkandung sumber air yang ditampung di dalam bak beton.

Pos 4 – Camp Area 25 Menit

Photo by @hanipisces

Selanjutnya berasal dari plakat pos 4 kita akan melalui jalur nanjak dan sedikit memutar. Total perjalanan dari basecamp hingga di camp daerah adalah sekitar 105 menit. Di camp tempat ini areanya memadai terbuka dan angin juga merasa kencang. Jika masih ada daerah sebaiknya camp di pos 4 karena anginnya tidak begitu besar serta dekat bersama sumber air.

Camp Area – Puncak

Photo by @jefri.a_

Dari camp tempat sampai puncak lumayan jalan 15 menit saja. Jangan sekali kali ngecamp dipuncak sebab angin jadi kencang dan terhitung lumayan dingin. Nah, itulah tadi info pendakian gunung puthuk gragal. Oh ya, di sebelum pos 1 sesungguhnya kita terhitung sanggup mendapatkan goa dan air terjun bernama coban cakung. Akan tapi daerah ini memang belum di bikin akses jalur yang baik.

Rute Dan Lokasi Puthuk Gragal

Photo by @popyauliaa

Lokasi putuk gragal berada di dusun libis, desa cembor, kecamatan pacet, Mojokerto. Jika dari mojokerto kota tidak cukup lebih berjarak 35 km yang dapat ditempuh 1 jam. Adapun rutenya jika dari kota mojokerto silakan mengambil alih jalan ke mojosari lalu ke arah pacet – claket dan berakhir di desa cembor. Nanti dapat ada plakat papan penunjuk ke jalur pendakian (basecamp).

Harga Tiket Masuk

Photo by @rafael.reiko

Tak perlu merogoh kocek di dalam dalam, cukup membayar HTM sebesar Rp 10 ribu/ orang saja. Selain itu kamu terhitung kudu memarkirkan kendaraan dengan tarif Rp 10 ribu/ motor. Untuk jam operasionalnya, membuka tiap tiap hari selama 24 jam penuh.

Bagikan ke Teman Liburan
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :