Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

9 Gudeg Di Jogja Yang Legendaris, Paling Enak Dan Paling Diburu Para Traveler Ketika Berkunjung Ke Jogja

/
/
/
919 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 1 Average: 4]

Gudeg Terenak Dan Legendaris Di Jogja – Gudeg memang menjadi makanan yang wajib di coba saat berkunjung ke Yogyakarta. Meskipun begitu, tidak semua gudeg di jogja memiliki cita rasa yang khas dan unik. Wisatawan harus pandai – pandai mencari gudeg yang pas dan mengenyangkan. Untuk yang ingin berwisata ke Jogja dan mencoba gudeg dengan cita rasa khasnya bisa menyimak rekomendasi berikut.

1. Gudeg Jogja Yu Djum

Rekomendasi Gudeg Terenak Dan Legendaris Di Jogja yang pertama adalah gudeg Yu Djum. Gudeg ini merupakan menu yang paling laris dan sudah sangat populer di Yogyakarta dari dulu. Hingga saat ini, resep gudeg Yu Djum sudah diturunkan oleh pendirinya hingga generasi keempat.

Gudeg Yu Djum ini disajikan tanpa kuah, tidak seperti gudeg pada umunya . Makanan ini bisa dijadikan sebagai buah tangan atau dikonsumsi di tempatnya langsung untuk merasakan sensasi kenikmatannya. Poin plusnya, pengunjung diperbolehkan memasuki area dapur untuk melihat proses pembuatan gudeh Yu Djum.

Alamat: Jl Kaliurang km 4.5,Karangasem, mBarek CT III/22
Jam buka: Pukul 06.00 hingga 22.00
Harga: Rp 30.000 per porsi

2. Gudeg Jogja Manggar Bu Tinur – Waroeng Joglo

Jika biasanya Gudeg Terenak Dan Legendaris Di Jogja dibuat dari olahan nangka muda, namun berbeda halnya dengan gudeg yang ada di Waroeng Joglo. Di sini gudeg dibuat dengan variasi bunga kelapa atau manggar yang kemudian di masak dengan bumbu gudeg seperti biasa.

Setelah bunga kelapa ini matang, maka akan dipotong dengan ukuran kecil lalu disajikan dengan bahan lain. Biasanya gudeg ini akan dicampur dengan telur, sambal, ayam bacem, dan krecek yang rasanya dijamin akan memuaskan lidah. Jika berkungjung ke jogja, maka tempat ini wajib didatangi untuk mencoba gudeg dengan cita rasa yang berbeda dari yang lain.

Alamat: Jl. Bibis Raya RT.04, Dusun Gendheng, Bantul
Jam buka: Pukul 08.00 hingga 20.30
Harga: Rp 30.000 per porsi

3. Gudeg Pawon

Jika tempat makan biasanya buka pada pagi hari, berbeda halnya dengan tempat makan yang menyediakan gudeg pawon yang satu ini. Tempat pakan Gudeg Terenak Dan Legendaris Di Jogja ini malah buka pada malam hari yaitu pukul 22.00. Gudeg yang biasanya dijadikan sebagai makanan di pagi hari justru menjadi makan malam di tempat ini.

Makanan ini juga sudah terkenal di kalangan masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke Jogja. Kepopuleran gudeg pawon dapat dilihat dari banyaknya orang yang antri untuk menyantap makanan ini. Satu porsi gudeg pawon sudah dilengkapi dengan ayam, sambal goreng krecek, cabe goreng dan nasi.

Alamat: Jl. Janturan UH IV Nomor 36, Umbulharjo
Jam buka: Pukul 22,00 hingga 24.00
Harga: Rp 30.000 per porsi

4. Gudeg Jogja Mercon Bu Tinah

Berbeda dengan gudeng lain yang bercita rasa manis dan gurih, gudeg di Jogja yang satu ini justru memiliki cita rasa yang pedas. Gudeg buatan Bu Tinah ini memang memberikan sensasi yang berbeda. Apalagi warung ini sudah berdiri sejak lama yakni tahun 1998.

Ada beberapa pilihan rasa yang diberikan di warung ini, namun secara keseluruhan tidak ada gudeg dengan cita rasa yang manis di sini. Mulai dari gudeg yang tidak terlalu pedas. Sambal krecek yang super pedas ditambah irisan cabai rawit, dan tumis sayur. Tidak hanya itu, di sini pembeli juga bisa memilih lauk sesuai selera.

Alamat: Jl. Asem Gede Nomor 8, Cokrodiningratan, Jetis
Jam buka: Pukul 21.00 hingga 01.00
Harga: Rp 25.000 per porsi

5. Gudeg dan Mangut Lele Mbah Marto

Salah satu yang unik dari warung gudeg di jogja ini adalah memberikan kebebasan kepada pembeli untuk mengambil makanannya sendiri. Hal ini tentu saja sangat baik, mengingat selera setiap orang berbeda – beda. Selain gudeg, di sini pembeli juga bisa menikmati mangut lele yang memanjakan lidah.

Untuk tambahan gudeg, pembeli bisa menambahkan telur atau ayam. Makan gudeg dicampur dengan mangut lele akan memberikan sensasi makan yang berbeda. Apalagi bumbu buatan Mbah Marto ini terkenal pedas, manis dan gurih yang akan membuat pembeli makin lahap menyantap makanannya.

Alamat: Sewon, Penggungharjo, Bantul
Jam buka: Pukul 11.00 hingga 16.00
Harga: Rp 30.000 per porsi

6. Gudeg Bu Tjitro 1925

Bagi yang sedang berkunjung ke Jogja wajib mampir di warung Bu Tjitro 1952 menikmati gudeg dengan cita rasa khas. Di sini ada du acara yang bisa dilakukan untuk menikmati gudeg. Pertama dengan memakan langsung gudeg di warung dengan kondisi yang cukup bersih dan nyaman. Sedangkan kedua bisa di bawa pulang sebagai buah tangan.

Pembeli akan menikmati gudeg setengah kering dengan ayam bumbu santan serta sambal krecek yang rasanya lumayan pedas. Sedangkan jika dijadikan buah tangan, tidak usah khawatir akan keawetannya. Gudeg Bu Tjitro sudah dikemas dalam kaleng sehingga keawetan gudeg sudah terjaga dengan baik.

Alamat: Jl. Janti Nomor 330, Banguntapan, Bantul
Jam buka: Pukul 08.00 hingga 22.00
Harga: Rp 35.000 sampai Rp 50.000 per porsi

7. Gudeg Bu Lies

Gudeg di Jogja yang juga terkenal dan banyak peminatnya adalah gudeg buatan Bu Lies. Hampir sama dengan gudeg yang ada di Yu Djum, namun gudeg yang ada di warung Bu Lies cenderung lebih kering. Warung gudeg milik Bu Lies juga banyak diserbu oleh wisatawan maupun warga local karena rasanya yang nikmat.

Tidak hanya bisa dinikmati secara langsung, gudeg ini juga bisa dijadikan oleh – oleh untuk keluarga atau teman. Dalam satu kaleng terdapat gudeg dengan berat 300 gram. Di dalam kaleng juga sudah memiliki telur dan ayam bacem yang siap untuk dinikmati.

Alamat: Jalan Wijilan Nomor 5 Panembahan, Kraton
Jam buka: Pukul 05.00 hingga 22.00
Harga: Rp 35.000

8. Gudeg Sagan

Sama halnya dengan gudeg mercon Bu Tinah, gudeg sagan juga memiliki cita rasa yang pedas dan berbeda dengan rasa gudeg pada umumnya. Hal yang membedakannya dengan gudeg mercon adalah sumber rasa pedasnya. Jika gudeg mercon sumber pedasnya berasal dari sambal kreceknya, maka gudeg sagan sumber pedasnya berasal dari bumbu dasar gudeg itu sendiri.

Gudeg sagan tidak diberikan sambal krecek, namun tetap diberi bacem dan telur bebek yang membuat rasanya semakin gurih. Selain itu, gudeg ini juga sudah dilengkapi dengan ayam bumbu kuning sebagai pelengkap cita rasa gudeg tersebut.

Alamat: Jl. Prof. Dr Herman Yohanes Nomor 53 Caturtunggal, Kecamatan Depok
Jam buka: Pukul 11,00 hingga 24.00
Harga: Rp 30.000

9. Gudeg Batas Kota

Gudeg batas kota merupakan gudeg di Jogja yang memiliki nama yang unik. Sesuai namanya, warung gudeg ini memang berada di perbatasan kota tepatnya di perbatasan Jogja dan Solo. Bagi yang sedang berwisata kuliner malam hari, wajib berkunjung ke tempat ini sembari menikmati gudeg khas Jogja.

Gudeg ini berada di pinggiran jalan sehingga mudah untuk ditemukan. Selain itu, cita rasa gudeg yang ditawarkan juga nikmat dan khas. Untuk menyantapnya bisa lesehan sambil menikmati pemandangan malam kota Jogja ditemani gudeg serta teh hangat.

Alamat: Jl. Laksda Adisucipto Nomor 29-39. Demangan
Jam buka: Pukul 21.00 hingga 03.00
Harga; Rp 30.000

Nah itulah beberapa rekomendasi gudeg di Jogja yang bisa dicoba saat berkunjung ke Jogja. Gudeg ini merupakan gudeg yang wajib dicoba bersama keluarga atau teman – teman dekat saat berada di Jogja. Semoga pembahasan kali ini bisa menambah referensi kuliner para pembaca.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :