Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

6 Kegiatan Liburan Terbaik yang WAJIB Kalian Lakukan Ketika Wisata di Tana Toraja

/
/
/
461 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya πŸ™‚
[Total: 0 Average: 0]

Indonesia mempunyai banyak sekali situs yang diakui UNESCO sebagai warisan dunia, dimana salah satunya adalah “Wisata Tana Toraja“. Banyak sekali warisan budaya kuno yang masih lestari di Tana Toraja ini, misalkan saja rumah adat yang bernama Tongkonan, upacara pemakaman tradisional yang disebut Rambu Solo, dan juga makan gantung yang terdapat di Londa.

@ellchintya

Toraja diberkahi dengan tanah yang subur, dengan topografi yang berbukit-bukit, sehingga sejauh mata memandang hanya hamparan hijau yang akan terlihat. Sungguh kekayaan alam yang sangat memukau dan diharapkan akan terus bisa lestari. Semlatkan juga untuk mengeksplore keindahan 10 pantai di Sulawesi

Supaya agenda berwisata kalian bisa lebih maksimal, Berikut Agenda Wisata Tana Toraja

1.Upacara pemakaman termahal di dunia – Rambu Solo
Dalam upacara ini anggota keluarga rela menguras isi dompet untuk melepas kepergian anggota keluarga. Ada 3 golongan penyelenggaraan Rambu Solo, yaitu mulai dari To di Silli’ yang hanya membekali jenazah dengan telur ayam, sampai yang paling mahal yaitu To di Rapai’ yang berlangsung lebih dari tujuh malam dan mengorbankan puluhan hingga ratusan ekor kerbau serta babi.

@tanatorajaguide

Selama acara berlangsung anggota keluarga akan mengenakan pakaian serba hitam, dan menyambut tamu dengan buah sirih, tembaau dan permen. Disini juga digelar tarian tradisional, adu kerbau dan babi hingga penyembelihan. Acara puncaknya jenazah akan diarak keliling kampung sebelum akhirnya dimakamkan di atas tebing.

2. Makan di atas tebing – Londa
Londa terletak di Desa Sandan Uai, Kecamatan Sanggalangi, atau sekitar 7 km dari pusat kota Rantepao. Pemakaman di Tana Toraja ini berada di dalam goa pada dinding tebing dan disebut dengan “Londa”. Di dalam Londa terdapat ratusan peti, ada yang masih utuh dan ada yng sudah hancur karena termakan usia. Dan yang unik adalah semakin tinggi status sosial seseorang maka semakin tinggi peti matinya digantungkan, dan semakin banyak pula benda berharga yang disertakan di pemakamannya.

@ourdailyco
@ichaodah
wisata toraja
@sendalljepitmasjid
3. Desa Kete Kesu

Desa Adat Kete Kesu adalah perkampungan tertua di Toraja, yang juga masuk dalam 10 kampung adat Tana Toraja yang sudah terdaftar di UNESCO sebagai warisan dunia. Area Desa Kete Kesu ini mempunyai semua yang dibutuhkan masyarakat yaitu tongkonan (rumah adat), alang (lumbung padi), rante (areal upacara adat), areal pemakaman, juga sawah untuk berladang. Hal yang unik disini adalah semua rumah menghadap ke utara karena mereka percaya bahwa nenek moyang mereka berasal dari utara dan mereka akan kembali ke utara. Didepan tongkongan terdapat tanduk kerbau yang disusun memanjang dari atas kebawah, ini menunjukkan semakin banyak tanduk kerbau,makasemakin tinggi status sosial pemilik rumah.

wisata toraja
@eriwijaya

4. Sunrise di Batutumonga
Batutumonga merupakan dataran paling tinggi di Tana Toraja, sehingga disini menjadi tempat yang tepat untuk berburu sunrise. Dari ketinggian kalian bisa melihat keasrian hijaunya hamparan hutan ada sawah, semua berpadu dengan sangat indahnya.

wisata toraja
@alantonapa_mentirotiku
wisata toraja
@quita_david

5. Pasar Tradisional Bolu
Meskipun terlihat sangat sederhana, namun transaksi di pasar yang hanya dibuka enam hari sekali ini bisa mencapai miliaran lho. Karena di pasar ini lah masyarakat mencari babi dan kerbau untuk keperluan Rambu Solo dan upacara keagamaan lainnya. Soal harga kerbau belang dan albino yang merupakan kerbau terbaik dalam Rambu Solo, harganya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta per ekornya

wisata toraja
@raiyanim
wisata toraja

6. TIPS Wisata ke Tana Toraja

  • Waktu Terbaik -> Rasanya sudah tak sabar berkunjung ke sini. Nah Bulan terbaik untuk berwisata adalah Maret-Oktober karena kecil kemunginan hujan.
  • Tour Guide -> Karena lokasinya yang cukup jauh dari bandara, maka kami sangat menyarankan kalian untuk menggunakan agen Tour & Travel. Untuk menyiapkan segala keperluan penginapan, transport, tempat makan, dan yang utama kalian tidak perlu bingung untuk menentukan rute perjalanan. 24Travel.id merupakan salah satu agen Tout & Travel yang kami rekomendasikan untuk liburan menyenangkan kalian kali ini.
wisata toraja
Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :