Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Wisata Petik Kelengkeng Sidoarjo Jadi Sasaran Traveler Buat Hunting Buah – Lihat Serunya Memetik Kelengkeng Langsung dari Pohonnya!

/
/
/
249 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Wisata Petik Kelengkeng Sidoarjo – Desa Simoketawang, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur merupakan salah satu lokasi yang kondang sebagai penghasil olahan makanan dan minuman berasal dari buah Kelengkeng.

Wisata Petik Kelengkeng Sidoarjo
Photo by @indonesiakuu_123

Keberadaan wisata petik Kelengkeng di Desa Simoketawang menjadi potensi wisata yang menjanjikan untuk penguatan ekonomi masyarakat lokal.

Sekilas Wisata Petik Kelengkeng Sidoarjo

Wisata Petik Kelengkeng Sidoarjo
Photo by travel.okezone.com

Berdirinya obyek wisata ini merupakan hasil kerja keras berasal dari Kepala Desa dan jajarannya. Tentu juga beserta warga yang berhasil membangun Bumdes Kampung Wisata Kelengkeng sejak 2017 lalu.

Wisata Petik Kelengkeng Sidoarjo
Photo by sidoarjokab.go.id

Desa Simoketwang telah di kunjungi oleh sebagian akademisi yang mendampingi riset di dalam mengembangkan beberapa style varietas buah kelengkeng.

Photo by travelijaya.com

Kekayaan buah kecil bercita rasa manis di Desa Simoketwang itu sukses menyuguhkan beragam produk, mulai dari sirup sampai kopi.

Usaha Desa Bersama Warga Sekitar

Wisata Petik Kelengkeng Sidoarjo
Photo by bidiknasional.com

Wisata petik kelengkeng rencananya dapat menambah ulang 1 hektar tanah. Lahan itu nantinya akan ditanami sebanyak 200”250 bibit pohon kelengkeng. Pemerintah Desa juga udah menggandeng Universitas 17 Agustus Surabaya untuk membentuk group Asuhan Mandiri (Asman).

Wisata Petik Kelengkeng Sidoarjo
Photo by infopol.co.id

Kelompok Asman selanjutnya beranggotakan ibu-ibu yang bakal menyebabkan bermacam macam produk olahan dari buah Kelengkeng. Jadi, anda nantinya bisa memilih olahan tersebut untuk dijadikan oleh-oleh.

Photo by beritacakrawala.co.id

Kedepannya di kehendaki perlindungan berasal dari Pemerintah yang mampu mendukung mempermudah mengurus izin bisnis. Selain itu, juga pemberian nama merk/brand product dari Bumdes Wisata Kelengkeng Desa Simoketawang.

Photo by mediaindonesia.com

“Seperti pada product kita yang bernama koleng (Kopi Kelengkeng) yang di buat dari 70% biji buah Kelengkeng dan 30% Kopi Robusta. Sepertinya product ini cuma di temukan di Desa Simoketawang. Kami menghendaki kedepan kampung wisata Kelengkeng ini akan lebih di kenal, karena di sini kami bukan menanam Kelengkeng dan menjual Kelengkeng saja tapi kami menanam Kelengkeng untuk di olah di jadikan beraneka makanan dan minuman,” terang Zainuddin, Kepala Desa Semoketawang.

Photo by @chika_2803

Di Kebun Wisata Kelengkeng telah di kembangkan beberapa varietas Kelengkeng layaknya new crystal dan kelengkeng merah yang jenisnya tetap langka di pasaran.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :