Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Wisata Curug di Majalengka, Menjelajahi Keindahan Exotic Sundaland di Jawa Barat

/
/
/
93 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya ๐Ÿ™‚
[Total: 0 Average: 0]

Wisata Curug di Majalengka

Wisata Curug di Majalengka – Familiar sebagai Kota Angin, Majalengka adalah salah satu lumbung padi Jawa Barat. Hal ini menggambarkan wilayahnya yang subur dan terjaga, tak terkecuali destinasi air terjunnya. Dengan beragam kekuatan tarik liburan lanskap alamnya, Majalengka juga menyandang julukan โ€˜Exotic Sundalandโ€˜. Berlibur ke Majalengka, berikut 7 opsi wisata curug eksotis di zonanya:

1. CURUG MUARA JAYA MAJALENGKA

Berlokasi di Desa Argamukti, Majalengka, Curug Muara Jaya tampil eksotis dengan mempunyai tiga undakan. Berada di hutan jurang, curug setinggi setidaknya 70 meter hal yang demikian masih komponen dari aliran Sungai Muara Jaya. Destinasi ini termasuk kawasan lereng Gunung Ciremai dengan jarak sekitar 20 kilometer dari Kota Majalengka.

Curug Muara Jaya
@ghian8

Curug Muara Jaya tampil di tengah rimbunnya pohon-pohon lebat. Masuk menuju lokasi air terjun berupa jalanan trekking dengan 350 anak tangga.

Curug Muara Jaya
@maulana_ipung_

Sejauh ini letaknya pantas untuk tamasya keluarga, objek liburan Curug Muara Jaya cukup ramah buah hati. Malah di akhir pekan, sering kali berlangsung pentas hiburan untuk menambah kekuatan tarik. Curug Muara Jaya juga menyediakan camping zona di sekitar wilayah air terjun.

Curug Muara Jaya
@egimoto_

2. CURUG CIPEUTEUY MAJALENGKA

Curug Cipeuteuy memiliki air terjun natural yang dikelilingi zona hutan dalam kawasan Gunung Ciremai. Selain air terjunnya, destinasi ini juga menawarkan sensasi berenang di kolam di tengah hutan yang asri. Meski namanya berasal dari tumbuhan petai yang sebelumnya banyak tumbuh di sekitar Curug Cipeuteuy.

Curug Cipeuteuy
@fahmiak__

Menuju lokasi curug, pelancong hanya perlu trekking selama 30 menit dengan medan yang bersahabat. Kawasannya memiliki Ciboer Pass sebagai liburan kuliner ala Ubud Bali dan ada juga Bukit Selfie. Setelah lewat gerbang masuk, pelancong akan disambut zona swafoto yang dipenuhi platform kreatif. Selanjutnya terdapat si kecil tangga dan jembatan di tengah ademnya suasana hutan pinus yang menyegarkan.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah @ade_omz94-819x1024.jpg
@ade_omz94

Berada pada dataran rendah, Curug Cipeuteuy memiliki rangkaian kolam renang berundak yang cantik. Areanya tertata dengan taman dan jembatan bambu yang berdiri kokoh melintang di atas kolam. Sementara telaga yang menampung aliran Curug Cipeuteuy basah bening dan bersih. Kemudian bagi yang mau berkemah, tersedia Bumi Perkemahan Awilega pada tanah lapang di tengah zona hutan.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah @teniadwis-1-819x1024.jpg
@teniadwis

3. CURUG IBUN PELANGI MAJALENGKA

Curug Ibun Pelangi ialah salah wisata air terjun favorit yang disebut sebagai โ€˜Green Canyonโ€™-nya Majalengka. Keindahan air terjunnya tampil luar biasa terapit dua tebing batu yang menyerupai lava.

Curug Ibun Pelangi
@hens4m

Air Terjun ini terletak di Desa Sukasari Kaler, sekitar 30 menit dari sentra Kota Majalengka. Akses masuknya berupa si kecil tangga menurun yang cukup curam untuk mencapai dasar air terjun. Setibanya di lokasi, kesejukan udara bercampur spot-spot tempias air Curug Ibun Pelangi menyambut wisatawan. Kemudian dinding air terjun berupa tebing batu lava tampak membumbung tinggi di atas kepala.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah dudungpriyatna9106-819x1024.jpg
dudungpriyatna9106

Eksotime air terjun ini makin kelihatan pada saat pagi dan petang hari ketika kemiringan matahari berkisar 60ยฐ. Ditambah dengan dengan pelangi yang sering kali kali timbul di antara dua tebing lavanya. Dengan sorot cahaya yang dramatis hal yang demikian, Curug Ibun Pelangi kerap menjadi buruan para fotografer profesional.

Curug Ibun Pelangi
@yogamarvino27

4. CURUG TONJONG MAJALENGKA

Curug Tonjong menawarkan keindahan tamasya air terjun alami di Teja, Kec. Rajagaluh, Kabupaten Majalengka. Tapi jangan hingga salah karena nama Curug Tonjong juga terdapat pada sebagian kawasan lain seperti di Garut, Tasikmalaya, ataupun Brebes.

Wisata Curug di Majalengka
ferdii_hernanda

Curug Tonjong Majalengka berlokasi di balik bebatuan memanjang dengan ketinggian sekitar 4 meter. Alirannya yang cukup deras bersumber dari Sungai Cikadondong yang mengalir di atasnya. Sementara jalan masuknya cukup gampang untuk dilalui dengan jalan beraspal. Medannya berupa bawaan dan kelokan dengan lebar jalan yang makin menyempit mendekati lokasi. Kemudian untuk mencapai lokasi membutuhkan waktu sekitar 10 menit berjalan pada wilayah yang sudah terkelola bagus.

Wisata Curug di Majalengka
@egimoto_

Di sekitar Curug Tonjong banyak tersedia tempat duduk untuk bersantai merasakan suasana alami air terjunnya. Berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, udara area sekitarnya malahan terasa adem dan menyegarkan. Sebuah jembatan kayu untuk dibangun agar wisatawan dapat menikmati keindahan curug lebih dekat.

Wisata Curug di Majalengka
@maldikivanhoeten07

5. CURUG KIARA DANU

Objek Wisata Curug Kiara Danu menambah daftar wisata air terjun di kaki Gunung Ciremai. Curug ini bertempat tinggal di Desa Lengkon Kulon, Sindangwangi, sekitar 23 kilometer dari sentra Kabupaten Majalengka. Lokasinya menawarkan kolam renang di kawasan bukit dengan hamparan persawahan dan pepohonan. Ditambah dengan sebuah air terjun buatan yang airnya bersumber segera dari mata air Gunung Ciremai.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah @lulu_rosikhoh-FILEminimizer.jpg
@lulu_rosikhoh

Objek liburan Curug Kiara Danu tampil dengan konsep kekinian di tengah suasana pegunungan yang segar. Kolam renangnya dilengkapi dengan gazebo untuk bersantai serta zona kafe dan restoran. Tak tertinggal beragam titik foto menarik di sekitar kawasan wisatanya.

curug kiara
cemplonphotography

6. CURUG SAWER MAJALENGKA

Berada pada lokasi tersembunyi, Curug Sawer bermukim di Argamukti, Argapura, Kabupaten Majalengka. Curug Sawer Majalengka berada pada zona hutan yang masih natural dengan kabut yang acapkali turun. Air terjun ini masih berada wilayah yang dikelola Perum Perhutani RPH Argalingga KPH Majalengka.

Wisata Curug di Majalengka
egimoto_

Berjarak 21,5 kilometer dari pusat Majalengka, luas kawasan tamasya Curug Sawer lebih dari 2.986 m2. Sementara zonanya masih alami, bebas dari udara, air, tanah, bunyi, maupun visual.

@poernoo

Mempunyai 5 titik lokasi air terjun, wilayah tamasya Curug Sawer berada pada ketinggian 900-1300 mdpl. Curug pertama dan kedua diyakini sebagai daerah keramat dengan sajian pemandangan alam eksotis. Curug ketiga mempunyai camping zona yang dengan pohon-pohon dan tebing batu cadas untuk kegiatan climbing. Meskipun curug keempat dan kelima letaknya berdekatan pada area yang cukup luas.

Wisata Curug di Majalengka
@dilafadillah31

7. CURUG SEMPONG

Curug Sempong menawarkan wisata alam dengan pesona air terjun setinggi 20 meter. Limpahan airnya jatuh dari atas tebing batu yang menjorok ke dalam layaknya gua alami. Lokasinya berada di Cisempong, Sidamukti, sekitar 9 kilometer dari pusat kota Majalengka.

Wisata Curug di Majalengka
@wahyumuslimin5540

Pada dikala musim kemarau debit air terjun tak sederas alirannya di kala musim hujan. Air pada kolam tampung sedalam 6 meter di bawahnya bahkan dapat kelihatan jernih kebiruan.

@furqon_al.faruq

Lokasinya sering menjadi daerah aktivitas lompat dan berayun dari sisi tebing ataupun berenang. Eksotisme tampilannya malah menjadi latar yang mengagumkan untuk pemotretan pelancong.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :