Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Rawa Tirta Probolinggo Jawa Timur, Rawa Penuh Eceng Gondok yang Disulap Jadi Obyek Wisata – Begini Potret Wisata Ter-Update!

/
/
/
185 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Tempat-tempat wisata baru terus bermunculan di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya, Rawa Tirta di Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo yang buka sejak Januari 2021 lalu.

Rawa Tirta
Photo by @sumberkedawung_official

Wisata alam Rawa Tirta letaknya mudah dijangkau. Dari jalan nasional yang menghubungkan Probolinggo-Lumajang tepatnya di dari Leces hanya lebih kurang 1 kilometer. Pengunjung mampu memakai kendaraan roda empat, sepeda motor, hingga sepeda ontel untuk sampai di Rawa Tirta.

Sekilas Tentang Rawa Tirta

Keberadaan rawa ini jadi moncer bersamaan bersama dengan kegemaran warga gowes (bersepeda ontel). Sejumlah komunitas gowes jadikan rawa ini sebagai tujuan akhir atau sekadar transit untuk melanjutkan perjalanan.

Rawa Tirta
Photo by @variz_91

Kebanyak goweser berasal dari Probolinggo baik dari kota maupun kabupaten. Sebagian wisatawan berasal dari luar area seperti, Lumajang dan Pasuruan kebanyakan bersepeda motor dan bermobil.

Rawa Tirta
Photo by @dodyvirgantoro

Selain udaranya lumayan segar, suasana di danu ini juga dapat melewatkan capek para wisatawan. Di kawasan wisata ini juga tersedia makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Misalnya kopi di Probolinggo Rp3.000 secangkir, di area wisata rawa ini terhitung sama dengan di luar tempat wisata. Harga di tempat wisata mirip bersama harga di warung kopi biasanya.

Rawa Tirta
Photo by @amieve_alismir

Wisatawan juga bebas memilik moda transportasi air untuk berkeliling rawa seluas 3 hektare itu. Ada perahu kano, perahu cadik, perahu drum, sampai perahu bebek untuk wisatawan. Anda lumayan membayar Rp5.000 per orang. Dengan harga tersebut, anda sudah bisa keliling naik perahu drum.

Rawa Tirta
Photo by @ttqajie

Bahkan sejumlah bocah desa setempat juga biasa mandi di rawa ini. Mereka melompat dari atas jembatan ke arah rawa yang airnya jernih.

Asal-Usul Bisa Jadi Tempat Wisata

Salah satu pengelola wisata ini mengatakan, sesungguhnya luas rawa ini kira-kira 10 hektare. Tetapi yang telah dibersihkan dan di kelola sebagai untuk wisata baru lebih kurang 3 hektare.

Rawa Tirta
Photo by @ryfkylailurhaqyky

Dikatakan tidak enteng membedah rawa yang penuh gulma air seperti, eceng gondok, kangkung, teratai, dan rerumputan itu. Terutama eceng gondok, dapat sebabkan warga nggondok. Karena berkali-kali di bersihkan tapi tetap tumbuh subur memenuhi peraiaran rawa.

Photo by @abdulridho43

Sementara Ketua Paguyuban Sadar Wisata Rawa Tirta Sumberkedawung, menceritakan awal mula “babat rawa” tersebut. Rawa Tirta belum genap sebulan di manfaatkan untuk daerah wisata.

Photo by @sumberkedawung_official

Ide bersihkan rawa berasal dari gulma air itu terlihat berasal dari pemuda-pemuda desa. Mereka bernisiatif menggali potensi Rawa Tirta. Para pemuda lantas membentuk Paguyuban Sadar Wisata (Pokdarwis) Rawa Tirta. Sekitar 50 pemuda Desa Sumberkedawung bergabung dalam Pokdarwis ini.

Luasnya Lokasi yang Memadai Jadi Tempat Wisata

Dulunya Rawa Tirta hanya di manfaatkan warga sekitar untuk memancing. Sebagian warga juga biasa melacak rumput dan memandikan kambing di Rawa Tirta. Di Rawa Tirta sebetulnya ada begitu banyak ragam ikan seperti, lele, nila, hingga patin. Para pemuda desa menargetkan, luas total rawa 10 hektare dapat di manfaatkan terutama untuk wisata. Untuk sementara, di akses pernah 3 hektare.

Photo by @dodyvirgantoro

Kondisi rawa yang tidak dulu kering meski terhadap musim kemarau panjang, jadi keistimewaan tersendiri destinasi wisata di timur bekas pabrik PT Kertas Leces itu. Kedalaman rawa ini lebih kurang 1,5 meter. Jadi, memadai aman untuk area wisata.

Photo by @dodyvirgantoro

Karena area wisata ini tetap gratis, belum mampu diperkirakan kuantitas wisatawan yang mampir di tiap tiap harinya. Buat kamu yang sedang berada di Probolinggo atau tengah merencanakan kesana, jangan lupa masukkan destinasi ini ke dalam daftar wisata anda.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :