Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Ranu Gumbolo Tulungagung , Wisata Danau Alami yang Mirip dengan Ranu Kumbolo di Semeru!

/
/
/
131 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 1 Average: 5]

Ranu Gumbolo ialah rekreasi danau alami yang ada di Dusun Mulyosari Tulungagung. Sepintas namanya serupa dengan danau di lajur pendakian Gunung Semeru yakni Ranu Kumbolo. Hal tersebut karena Ranu Gumbolo di sebut mempunyai panorama yang serupa dengan danau yang populer karena film “5cm” itu. Daya tarik air warna hijau dengan bentangan rimba Pinus hidangan khusus teritori rekreasi ini. Tempatnya yang ada di teritori rimba menambahkan kesan-kesan asri.

Ranu Gumbolo

Memiliki jarak sekitaran 25 km dari pusat perkotaan Tulungagung, tempat wisata ini tawarkan daya tarik danau alami yang demikian cantik. Di tambah lagi beragam sarana yang ada makin menambahkan keseruan. Di samping itu bentangan rimba Pinus yang membatasi tempat danau menambahkan keeksotisan tempat sekitar. Udara sejuk dan angin yang bertiup perlahan membuat tempat ini benar-benar pas untuk beri kesegaran pemikiran dari kegiatan rutin harian.

Harga Tiket Masuk Ranu Gumbolo

Untuk berekreasi ke Ranu Gumbolo, pelancong perlu bayar ongkos ticket masuk yang paling terjangkau. Ada ketidaksamaan harga ticket di antara hari biasa dengan akhir minggu atau hari liburan nasional. Dengan ongkos masuk yang paling murah dan meriah, pelancong bisa menyaksikan keelokan alam yang luar biasa.

Tiket Masuk Ranu Gumbolo
Hari biasa, Rp 6.000
Akhir pekan/hari libur nasional, Rp 8.000
Parkir
Motor, Rp 2.000
Mobil, Rp 5.000

Ranu Gumbolo

Jam Buka

Jam membuka teritori rekreasi ini dari pagi sampai sore hari, tepatnya mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB. Untuk bertandang di anjurkan saat hari sedang cerah. Karena saat hujan tempat rekreasi ini akan licin karena jalanannya masih tanah berundak-undak.

Pesona Ranu Gumbolo Dengan Hamparan Hutan Pinus

Saat tiba ke arah tempat ini pelancong langsung akan di songsong panorama danau dengan airnya yang warna hijau. Barisan bukit-bukit yang terlihat melingkari tempat danau menjadikan terlihat makin eksotis. Kahadiran rimba Pinus yang membatasi tempat danau memberi kesan-kesan asri yang menentramkan.

Ranu Gumbolo

Bila berkujung ke Tulungagung sayang sekali bila tempat rekreasi ini sampai terlewat. Pasalnya lokasinya tidak demikian jauh dari pusat perkotaan. Danau ini cuma memiliki jarak sekitaran 25 km dari pusat perkotaan dan cuma memerlukan waktu lebih kurang satu jam. Beragam kegiatan hebat ada di sini di mulai dari naik perahu dan sepeda air, menyaksikan panorama dari gardu pandang, camping, menancing dan ada banyak lagi.

Beragam Wahana Air

Pelancong dapat telusuri tempat perairan dengan sarana yang tersedia. Di sekitaran danau ada persewaan sepeda air. Pelancong dapat memakai sepeda air dan nikmati keelokan teritori rimba dari tempat perairannya.

Ranu Gumbolo

Selainnya sepeda air, ada pula perahu bambu yang siap mengantar pelancong sampai ke tempat tengah danau. Gemericik air dan situasi sejuk disekitaran danau akan temani perjalanan pelancong sepanjang berkeliling-keliling memakai perahu.

Bersantai Di Area Hutan Pinus

Salah satunya spot favorite pelancong yakni tempat rimba pinusnya. Di sini pelancong dapat melangsungkan santai dan alas. Disini akan kelihatan pemandangan rentang alam danau yang cantik.

Atau juga bisa santai dan berayun di atas hammock. Untuk sewa hammock ketentuannya perlu memberikan KTP dan bayar pada harga yang terjangkau. Tidak ada batas waktu untuk persewaan hammock ini.

Bila tiba di beberapa hari biasa dianjurkan untuk bawa makanan sendiri dari luar. Karena penjual makanan umumnya cuma membuka di akhir minggu saja.

Wahana Flying Fox

Bila ingin kegiatan yang hebat dan melawan, karena itu pelancong dapat coba sarana flying fox. Flying fox di tempat rekreasi ini cukup memicu adrenalin karena lewat di atas danau. Sepanjang bermain dapat sekalian nikmati kesan seperti terbang dengan panorama air warna hijau di bawahnya.

Gardu Pandang

Untuk dapat menyaksikan panorama tempat danau lebih luas kembali, pelancong dapat naik ke atas gardu pandang. Tempat itu ada di tempat rimba Pinus. Di atas gardu pandang daya tarik hebat danau dan tempat rimba disekelilingnya kelihatan jelas. Rimba yang melingkari teritori danau sangat hijau dan cantik karena sebagai rimba lindung dan terus-menerus dilaksanakan reboisasi.

Di atas gardu pandang, pelancong bisa juga ambil photo dengan background yang cantik. Danau yang airnya warna hijau bersatu dengan barisan bukit-bukit di sekitarnya sebagai object photo yang paling menarik.

Memancing

Untuk beberapa mancing mania, danau ini menjadi spot memancing yang membahagiakan. Di perairan danau ini mempunyai beragam spesies ikan memiliki ukuran kecil sampai sedang. Memancing didampingi panorama yang udara dan cantik yang sejuk tentunya jadi kesenangan tersendiri.

Ranu Gumbolo
Berkemah

Tempat rekreasi Danau Ranu Gumbolo juga menarik sebagai tempat berkemah. Kawasannya yang asri jadi nilai plus mengapa tempat ini benar-benar pas untuk kegiatan berkemah. Situasi tenang saat malam hari dan panorama cantik pada pagi hari sebagai hidangan utama. Saat pagi, pelancong dapat menyaksikan peristiwa sunrise. Disamping itu panorama yang berselimut kabut tipis jadi tambahan daya tarik yang dramatis.

Fasilitas Ranu Gumbolo

Sarana yang ada di objek rekreasi cukup mencukupi dan komplet. Di sini telah ada tempat parkir, toilet, gazebo, warung masjid dan kulineran.

Lokasi Ranu Gumbolo

Objek rekreasi Ranu Gumbolo berada di Bantengan, Mulyosari, Pagerwojo, Kabupaten Tulungagung. Terletak ada di Tulungagung samping barat dan memiliki jarak sekitaran 25km dari pusat perkotaan. Di dekat danau ini ada objek rekreasi menarik yang lain yakni Waduk Wonorejo.

Bagikan ke Teman Liburan
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :