Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta, Pura Terbesar di Pulau Jawa yang Jadi Spot Wisata dan Foto yang Epik di Bogor!

/
/
/
48 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 1 Average: 4]

Terletak tak jauh berasal dari pusat kota Bogor, tepat di dalam lembah Gunung Salak, sebuah Pura Hindu diresmikan pada th. 2005 silam. Ini adalah Pura terbesar ke-dua yang ada di tatar pasundan, sesudah yang pertama, Pura Besakih yang ada di Rendang. Tak lain dan tak bukan, inilah Pura Tamansari, atau nama kerennya adalah Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Tamansari. Sebuah tempat wisata religi umat Hindu yang dianggap oleh penduduk Bogor.

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta
Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Lokasi Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Berada di Jalan Nenas, Kampung Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, pura ini berada terhadap ketinggian 700 meter berasal dari muka laut, menjadikannya punya udara pegunungan yang sejuk juga panorama yang terlampau indah. Ditambah bersama nuansa Bali yang kental layaknya seperti pura yang ada di Pulau Dewata. Pura Parahyangan Agung Jagatkarta ini membuka setiap hari berasal dari pukul 11 siang hingga jam 4 sore. Tapi usahakan jangan mampir pada hari minggu karena bakal digunakan untuk peribadatan.

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta
Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Setiap bulan purnama ketiga atau pada Agustus – September, Pura Parahyangan Agung Jagatkarta (PPAJK) mengadakan upacara pujawali yang kerap dihadiri oleh ribuan orang. Jika berkesempatan, Anda boleh singgah berkunjung pas upacara selanjutnya digelar dan ikut dan juga memeriahkan beragam kegiatan. Pada puncak acara pujawali ini biasanya dilakukan dengan sembahyang bersama di pura, lalu dapat ditampilkan persembahan kesenian yakni tarian sakral yang jadi atraksi menarik.

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Rute Menuju Pura

Satu-satunya jalur andaikata inginkan menuju pura ini adalah melalui Kecamatan Ciapus. Dari Stasiun Bogor sanggup naik angkutan umum bernomor 02 jurusan Bogor Trade Mall (BTM). Sesampainya di BTM transit angkutan umum bernomor 03 jurusan Tamansari-Tenjolaya, lantas berhenti tepat di pertigaan Jalan Nenas di Kampung Warung Loa, patokannya adalah sebuah sinyal (penunjuk jalan) menuju pura, sesudah itu naik ojek menuju pura bersama cost Rp10.000.

Patut untuk diingat, jalur menuju Ciapus adalah salah satu titik kemacetan yang lumayan padat, jadi mesti pintar-pintar mengalokasikan saat agar tidak terjerat macet di sini. Tak kalah penting, berhati-hatiah waktu melalui Jalan Nenas. Jalan berikut merupakan jalan yang cukup menanjak dan banyak terkandung lubang-lubang amblesan.

Tapi seluruh kesulitan itu bakal terbayar saat menginjakkan kaki di pura. Cukup dengan membayar seikhlasnya, Anda sudah mampu masuk dan berfoto-foto di Mandala Luar (Nista Mandala), bersama dengan latar belakang Gunung Salak dan bangunan candi Padmasana. Atau termasuk sanggup bersantai menyantap mie seharga Rp15.000 di warung-warung kaki lima yang berada identik di depan pura.

Harga Tiket Masuk

Jalan kaki lebih jauh lagi ke bagian belakang pura, Anda dapat menemukan sebuah area wisata yang bernama Kampung Wisata Salaka. Di sini sanggup lihat seluruh penjuru kota Bogor berasal dari atas ketinggian. Satu orang bakal dikenakan ongkos sebesar Rp10.000. Tarif parkir motor sebesar Rp2.000, dan mobil sebesar Rp5.000 andaikan memasuki kampung wisata ini.

Yang jelas, apa-pun yang dilakukan senantiasa jaga etika dan sopan santun. Patuhi ketentuan yang ada dan hormati umat Hindu yang sering datang silih berubah untuk sembahyang.

Ada lebih dari satu penginapan yang sanggup dipilih kalau mendambakan menetap lebih lama. Salah satunya yang menjadi petunjuk adalah The Highland Park Resort Bogor. Berada di jalur Curug Nangka, Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari. Tarif 1 kamar per malam berkisar Rp3.150.000. Hanya saja, penginapan ini berlokasi agak jauh berasal dari pura, yang mengharuskan Anda untuk keluar dari Jalan Nenas. Tapi tidak apa-apa, di kira-kira penginapan ini tetap banyak area menarik lain yang mampu dijajal.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :