Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Curug Ciburial, Menikmati Serunya Bermain Air dan Berenang di Sentul Bogor – Solusi Liburan di Akhir Pekan!

/
/
/
37 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya ๐Ÿ™‚
[Total: 0 Average: 0]

Curug Ciburial adalah air terjun terhadap tingkatan pertama, berasal dari tiga air terjun dua diantaranya adalah Curug Kembar dan Hordeng. Air terjun ini berada di kawasan Sentul Bogor. Yang jadi daerah tepat bagi wisatawan yang menyukai situasi keheningan alam. Meskipun tidak sangat tinggi, namun tempat ini begitu indah. Apalagi airnya yang tetap sangat jernih.

Curug Ciburial

Menikmati Keindahan Curug Ciburial Bogor

Curug Ciburial, keindahan air terjun di sedang hutan. Siapa yang sangka, di sedang belantara Kota Bogor, masih terkandung alam indah berupa air terjun ini. Meskipun alirannya tidak terlalu tinggi, cuma sekitar 5 meter saja. Namun pesonanya tidak kalah bersama air terjun lain yang lebih tinggi.

Air terjun ini mengalir dengan deras, membelah batuan besar di ke-2 sisinya. Batu โ€“ batu ini seolah beri tambahan jalur bagi air terjun untuk mengalir bebas menuju kolam bawahnya. Air kolam pun tampak begitu jernih, apalagi sesekali nampak berwarna hijau kebiruan. Berpadu indah bersama dengan warna coklat batuan di sekitarnya.

Curug Ciburial

Udara di kurang lebih masih sangat sejuk. Apalagi, tanaman berwujud semak dan pohon tetap tumbuh bersama subur di sekitarnya. Sehingga pemandangannya semakin bertambah asri dan indah.Curug yang tidak terlalu tinggi serta kolam yang tidak dalam, jadi keuntungan tersendiri bagi wisatawan.

Berenang di Air Kolam yang Jernih

Kolam dari aliran Curug Ciburial begitu jernih. Warnanya pun terlihat hijau kebiruan diterpa cahaya mentari. Kolam pun tidak terlalu dalam, agar wisatawan bebas untuk berenang. Wisatawan sanggup berenang memakai pelampung atau tanpa pelampung.

Curug Ciburial

Bahkan, tak jarang wisatawan mempunyai pelampung mainan untuk sekadar berfoto. Waktu yang pas bermain di kolam adalah sementara musim kemarau. Karena debit air yang tidak terlalu tinggi dan juga aliran air yang tidak amat deras. Ditambah lagi, pada musim kemarau air kolam akan terlihat begitu jernih.

Sementara sementara musim hujan, aliran air terjun tambah deras. Sehingga pasti membahayakan wisatawan yang bermain di dalam kolam.

Curug Ciburial

Berfoto di Keindahan Ciburial

Bagi yang tidak idamkan bermain air, wisatawa termasuk dapat menikmati hal lain di sini. Yaitu bersama berfoto berlatar belakang air terjun yang menawan. Apalagi, batuan โ€“ batuan yang ada di sekitarnya turut mempunyai keindahan didalam frame foto.

Batuan besar di depan air terjun kebanyakan jadi spot favorit wisatawan. Wisatawan bakal duduk di atas batu berikut dan berpose bersama dengan indah. Dari sini bakal terlihat sadar air terjun Ciburial yang menawan itu. Tak tanggung โ€“ tanggung, wisatawan juga mempunyai properti berfoto, kalau layaknya kain tenun.

Tidak hanya itu, pengelola termasuk udah sedia kan spot foto khusus. Dimana, wisatawan mampu berfoto di spot โ€“ spot yang sudah di sajikan bersama dengan biaya tertentu. Wisatawan memadai membayar Rp 3.000 tiap tiap spot foto.

Asal Usul Curug Ciburial

Berwisata ke suatu daerah pasti dapat menyebabkan perasaan penasaran tentang asal usulnya. Seperti halnya ketika berkunjung ke air terjun ini. Curug Ciburial ada karena tidak disengaja, yang ditemukan oleh seorang warga desa yang mencari kayu. Dimana, warga selanjutnya mendengar gemericik air yang deras dari balik semak tinggi.

Ditelusurilah suara gemericik berikut yang ternyata mengarah ke sebuah air terjun tanpa nama. Hingga akhirnya, warga setempat mengusulkan nama โ€œCiburialโ€ untuk air terjun tersebut. Yang mana bermakna didalam bhs Indonesia adalah โ€œair yang nampak berasal dari bawahโ€.

Kemudian, penduduk setempat terasa mengakses area tersebut jadi objek wisata umum. Yang bisa dikunjungi juga oleh orang lain selain warga setempat. Dan hingga kini, jadi objek wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Utamanya pengunjung yang menginginkan keheningan tanpa wajib jauh muncul kota.

Lokasi Curug Ciburial

Berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi air terjun tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Jakarta hanya berjarak 60 Kilometer. Dapat ditempuh di dalam selagi 2 jam berkendara. Sedangkan kalau berasal dari kota Bogor hanya berjarak 32 kilometer dan bisa ditempuh dalam kala 2 jam berkendara.

Tiket Masuk Curug Ciburial Bogor

Objek wisata ini sanggup dinikmati bersama tiket masuk yang terjangkau. Wisatawan termasuk tetap akan dikenakan tiket masuk per kendaraan yang masuk kawasan wisata. Namun tenang, sepenuhnya tetap amat terjangkau. Kalian hanya dapat dikenakan ongkos HTM sebesar Rp 20.000 per orang. Kemudian untuk tarif parkir kendaraan adalah Rp 5.000 saja.

Jam Operasional Curug Ciburial Bogor

Objek wisata ini mampu dinikmati berasal dari pagi hingga petang. Yaitu mulai pukul 06.00 hingg 18.00 WIB. Wisatawan yang menginginkan merasakan kesejukan, sanggup mampir sejak pagi hari.

Fasilitas

Objek wisata ini telah disempurnakan fasilitas umum. Seperti parkir kendaraan, penitipan helm, toilet, dan juga warung โ€“ warung. Trekking menuju air terjun cukup menantang, menanjak dan ada bagian curam. Sebaiknya wisatawan mengenakan alas kaki yang nyaman dan safe untuk trekking.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :