Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Pantai Klayar, Tempat Menikmati Suara Seruling Samudra dan Pemandangan Sphinx van Java di Pacitan

/
/
/
376 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Berbatasan langsung bersama Samudera Hindia menyebabkan wilayah pantainya populer memiliki ombak yang ganas. Meski begitu, tidak meninggalkan pesona keindahan pantainya. Seperti Pantai Klayar yang tersedia di Pacitan, Jawa Timur ini.

Pantai Klayar

Selama ini, Pacitan kondang mempunyai banyak wisata pantai, yang salah satunya adalah Klayar. Keindahannya lebih-lebih tidak kalah bersama pantai di Bali. Ditambah bersama dengan pasir putih dan lautan yang biru jernih memberikan kesan liburan yang tak terlupakan.

Keindahan Pesona Pasir Putih Dan Laut Yang Biru Di Pantai Klayar

Segera ketika memasuki kawasan pantai, panorama yang mengagumkan dapat menyambut. Terutama hamparan pasir putih yang dapat menemani di tiap-tiap cara kaki. Seperti membelai telapak kaki bersama lembut dan nyaman.

Selanjutnya semilir angin sepoi-sepoi mempunyai aroma khas pantai yang begitu menenangkan. Ditambah bersama nada deburan ombak begitu riuh menyambut iringan air yang menyapu bibir pantai. Akhirnya warna birunya membaur jadi satu bersama dengan putihnya pasir.

Pantai Klayar makin lama nampak eksotis dikarenakan keberadaan pepohonan khas pantai yang berdiri tegak di sisinya. Apalagi ditambah dengan bebatuan karang yang berdiri dengan gagahnya, siap menjadi penghalang ombak raksasa. Perpaduan laut, pasir putih, pepohonan, hingga batu karang, jadi suatu panorama yang sempurna.

Batu Karang Sphinx

Pantai Klayar memiliki bebatuan karang yang tersebar di sekitarnya. Batuan karang itu berukuran besar, agar sanggup menghilangkan ombak yang menuju pantai. Karang ini terhitung muncul terlalu kokoh berdiri, bersama warna batuan khas pantainya.

Selain itu perihal unik lain yakni di sini terdapat satu batu karang besar dengan wujud berbeda. Bentuk batu karang ini keluar serupa Patung Sphinx yang berupa singa seperti di Mesir. Hanya saja bedanya, tidak tersedia ukiran wajah sebab terbentuk secara alami.

Meskipun tidak sama persis, namun siluetnya begitu mirip. Seperti Patung Sphinx yang sedang melindungi lautan. Tak heran jika para pengunjung menjulukinya Patung Sphinx dan menjadikan spot favorit berfoto.

Suling Paus Pantai Klayar

Batuan karang di Pantai Klayar memang amat unik. Lain halnya bersama Patung Sphinx, tersedia ulang batu karang suling paus. Batu karang ini tidak berbentuk seperti paus, hanya batu biasa.

Pantai Klayar

Namun yang membuatnya unik adalah batu selanjutnya dapat menyemburkan air layaknya paus. Pada saat menyembur suaranya terdengar layaknya paus yang bersiul. Inilah mengapa disebut bersama dengan “suling paus”.

Sedangkan semburan airnya berasal dari air ombak yang menerpa batu karang yang berlubang. Air masuk berasal dari lubang tersebut dan menyembur ke atas. Inilah mengapa air dapat menyembur layaknya paus dan mengeluarkan suara.

Bermain di Pantai

Untuk nikmati Pantai Klayar, tersedia banyak perihal yang mampu dilakukan. Meski begitu, pengunjung tidak dapat menyelam atau snorkeling di sini. Hal ini gara-gara ombak yang begitu tinggi dan besar, supaya membahayakan.

Pengunjung pun tidak boleh berenang di pantai. Karena ombak besar dapat menghanyutkan, bahkan menghantamkan ke batu karang. Olahraga air pun tidak banyak tersedia sekitar pantai.

Pantai Klayar

Namun tidak perlu khawatir, pengunjung selalu sanggup menikmati keindahan Pantai Klayar. Pengunjung sanggup terjadi menyusuri pantai dan pastinya berfoto dengan latar belakang indah. Pengunjung pun bisa memanjat batu karang untuk mendapatkan spot yang menarik.

Matahari Terbit dan Terbenam

Pantai merupakan wilayah yang sangat pas untuk melihat matahari terbit maupun terbenam. Pantai Klayar tidak menerapkan jam operasional, sehingga pengunjung mampu berkunjung kapan saja.

Di pagi buta, pengunjung bisa menuju objek wisata ini. Menantikan matahari terbit di ufuk timur, sambil berfoto bersama dengan mentari yang jadi muncul.

Di saat senja, pengunjung sanggup melihat eloknya matahari yang ulang ke peraduan. Momen ini terlampau ditunggu bagi para pemburu sunset yang udah siap bersama dengan kameranya.

Lokasi

Objek wisata pantai ini berada di Kendal, Sendang, Donorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya kurang lebih 35 kilometer dari pusat Kota Pacitan. Dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 1 jam, bersama dengan jalur yang sudah baik.

Rute Menuju Pantai

Objek wisata pantai ini berjarak tidak cukup lebih 34 kilometer berasal dari pusat kota pacitan. Untuk rute angkutan lazim ke pantai tetap sulit. Jika dari Pusat kota Pacitan bisa mengambil angkutan ke Pasar Punung atau Pasar Donorejo. Dari pasar ini lanjutkan bersama dengan ojek. Jaraknya tidak cukup lebih 20 kilometer.

Pantai Klayar

Sedangkan untuk wisatawan yang mengfungsikan kendaraan pribadi atau sewa dapat menempuh rute Jalan Nasional dan Jl. Pringkuku. Selewat jalan ini sekalian dapat singgah ke objek wisata lain layaknya Goa Gong. Kondisi jalur menuju pantai udah relatif baik dan nyaman untuk dilewati baik mobil maupun motor.

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

Untuk menikmati objek wisata yang indah ini, pengunjung tidak harus risau perihal biaya. Karena, tiket masuknya terbilang tidak mahal dan amat terjangkau. Begitu termasuk bersama tarif parkir yang berlaku, terjangkau untuk semua kendaraan. HTM dibedakan berdasarkan pengunjung yang datang. Untuk orang dewasa bakal dikenakan ongkos tiket sebesar Rp 15.000, tetapi untuk tiket masuk anak-anak adalah Rp 10.000 saja.

Pantai Klayar pas ini terbuka untuk semua wisatawan dan tidak mewajibkan pengunjung membawa surat rapid test. Namun wisatawan yang mampir harus menggunakan masker, membasuh tangan dan mematuhi protokol kesegaran yang berlaku.

Jam Buka Pantai Klayar

Pengunjung sanggup menikmati objek wisata ini di saat kapan pun. Karena buka tiap tiap hari dan selama 24 jam. Namun tentunya, pengunjung juga mesti waspada jika ombak tengah tinggi.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :