Pantai Cemara Tuban, Wisata Tujuan Sunmori di Jawa Timur yang Tawarkan Sunrise Cantik – Yuk, Lihat Potret Pantainya!

/
/
/
194 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Pantai Cemara Tuban salah satu object wisata yang cukup terkenal di Tuban, Jawa Timur. Objek wisata ini tawarkan suasana pantai yang teduh bersama dengan jejeran pohon cemara di sekelilingnya. Pantai ini memang tidak recomended bagi Anda yang bertujuan ke pantai untuk berenang. Tapi untuk aktifitas lain umpama bersantai atau hunting foto, pantai ini cukup layak untuk di pertimbangkan.

Pantai Cemara Tuban
Photo by @iam3103

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang keliru satu obyek wisata pantai di Tuban, Jatim ini, mari review uraian selengkapnya di bawah ini.

Pantai Cemara Tuban

Selama ini kalau membicarakan wisata Jawa Timur, yang langsung terlintas di benak kami mungkin obyek-obyek wisata yang ada di Malang atau Batu. Karena memang, di provinsi ini yang ter-ekspose secara masif adalah tempat-tempat wisata di kedua tempat tersebut. Di Batu sebut saja tersedia object wisata Jatim Park, Coban Talun, Coban Putri, wisata Omah Kayu, dan tetap banyak yang lainnya.

Pantai Cemara Tuban
Photo by @gittasella

Sementara di Malang, kami tentu pernah mendengar nama-nama tempat wisata hist-nya seperti Alun-alun Kota Malang, Pulau Sempu, Taman Sengkaling, dan juga masih banyak kembali yang lainnya. Nah, selanjutnya bagaimanakah bersama dengan wisata di kota Tuban?

Pantai Cemara Tuban
Photo by @jenhong_mom

Meski di atas kertas bisa dikatakan kalah pamor berasal dari kota Batu atau Malang untuk urusan wisata, tetapi memang kota ini juga miliki sebagian daerah wisata menarik. Kalau ditelisik lebih dalam, di kota yang berada di ujung barat provinsi Jawa Timur ini dapat kita temukan berbagai type area wisata.

Sekilas Tentang Wisata Tuban

Kota ini ternyata punya bermacam pilihan destinasi wisata mulai dari wisata alam sampai wisata religi. Bahkan, di kabupaten ini termasuk ada beberapa destinasi wisata pantai yang jadi merangkak ketenarannya layaknya Pantai Boom, Pantai Sowan, dan Pantai Cemara Tuban. Pantai paling akhir yaitu Cemara Tuban merupakan salah satunya yang barangkali paling terkenal.

Pantai Cemara Tuban
Photo by @sri.swr__

Hal ini terbukti dengan tingginya angka kunjungan wisatawan setiap harinya. Di musim-musim liburan kita dapat mendapati pantai ini penuh sesak oleh ratusan pengunjung. Yang datang bukan cuma warga lokal dari kota Tuban saja tetapi para wisatawan dari kota-kota lainnya. Mengulang apa yang telah kami tuliskan di awal, pantai ini sebenarnya tidak cocok bagi kami yang ke pantai untuk berenang.

Pantai Cemara Tuban
Photo by @ahmdstefano

Hal ini gara-gara situasi pantai ini yang lumayan dangkal dan airnya agak keruh. Dulunya atau tepatnya sebelum akan th. 1980-an, pantai ini memang memadai bagus sebagai daerah berenang.

Pantai Cemara Tuban
Photo by @galuh_pw

Namun sehabis terdampak abrasi air laut dan angin, pantai ini mengalami kerusakan lumayan kronis sehingga di tinggal pengunjung. Untunglah Pemkab Tuban bersama sigap terasa melakukan penghijauan kawasan pantai ini dengan menanam ratusan pohon cemara.

Pantai Cemara Tuban
Photo by @rika_amaliaa_

Setelah pohon-pohon cemara terasa tumbuh besar, kawasan pantai inipun kembali hijau dan cantik tapi meninggalkan bekas abrasi berbentuk airnya yang kotor. Pantai ini memang memiliki nama lain yaitu Pantai Tasikharjo.

Photo by @jenhong_mom

Namun sebab di kawasannya banyak pohon cemara, lama kelamaan namanya beralih menjadi Pantai Cemara. Hingga waktu ini pun Pantai Cemara Tuban sebenarnya masih di miliki oleh perseorangan. Hal ini agak menghambat proses pengembangan yang bakal di lakukan pemerintah sebab kudu lewat persetujuan pemilik aslinya. Konon pemerintah kota tuban sudah sebagian kali melayangkan tawaran untuk membeli pantai ini.

Photo by @mobilioindonesia_barong

Akan tetapi, hasilnya selamanya nihil gara-gara tidak kunjung menemukan kesepakatan tentang persoalan harga. Akhirnya hingga saat ini pantai ini masih dikelola oleh warga sekitar. Pemerintah hanya menunjang seadanya seperti melaksanakan penanaman pohon-pohon cemara dan melengkapi sebagian layanan umum.

Daya Tarik & Aktifitas Wisata

Meski tidak recomended untuk berenang, namun di Pantai Cemara Tuban kami masih sanggup jalankan lebih dari satu aktifitas wisata menarik. Aktifitas-aktifitas selanjutnya pada lain:

  1. Bersantai
Photo by @tuban.hits

Di pantai ini udah ada beberapa tempat istirahat berbentuk gazebo untuk bersantai. Kita dapat duduk bersama kawan atau keluarga sambil nikmati kondisi di pantai ini. Selain itu area teduh di bawah pohon cemara terhitung sering dijadikan sebagai daerah kumpul rombongan keluarga. Sambil menikmati belaian angin pantai, di bawah pohon cemara kami sanggup menggelar tikar dan nikmati makan minum dengan keluarga.

  1. Susur Pantai
Photo by @gittasella

Pantai Cemara Tuban punyai tipikal pasir pantai yang lembut bersama warna kecoklatan. Garis pantainya yang cukup panjang juga cukup menarik untuk dijelajahi. Kita bisa menyisir pinggiran pantai dengan jalur kaki nikmati deburan ombak yang tenang. Di perjalanan menyusuri pantai, aneka biota laut seperti kerang-kerangan termasuk lumayan menarik sebagai obyek perburuan.

  1. Naik ATV
Photo by @ukhtisetyawati_13

Selain menyusuri pantai dengan jalan kaki, kalau mengidamkan kita juga mampu menyewa ATV dan mencoba sensasi seru menjajal kawasan pantai. Wahana ATV ini sanggup anda sewa bersama harga lebih dari satu puluh ribu saja untuk jangka sementara tertentu. Namun persewaan ATV ini kabarnya hanya ada pas weekend saja. Jadi kalau punya niat untuk coba wahana ini, sebaiknya jadwalkan liburan ke Pantai Cemara Tuban di hari Sabtu atau Minggu.

  1. Hunting Foto
Photo by @normaaa.nsp_

Saat ini di Pantai Cemara Tuban sudah tersedia sebagian spot foto yang disiapkan pengelola. Selain pakai jejeran pohon pinus sebagai latar foto, kami termasuk bisa berfoto di lebih dari satu spot foto berupa ayunan hingga spot foto berlatar ornamen “love“. Yang menyenangkan kita tidak mesti mengeluarkan cost untuk berfoto di spot-spot tersebut. Tinggal siapkan saja kamera atau smartphone, lalu silahkan bergaya sesuka hati untuk beroleh tampilan foto terbaik.

Alamat Pantai Cemara Tuban

Photo by @mobilioindonesia_barong

Lokasi Pantai Cemara Tuban cukup enteng di temukan sebab berada di jalan pantura atau pantai utara Jawa. Untuk sampai di lokasi pantai ini kita cuma harus berkendara kira-kira 15 menit berasal dari kota Tuban. Jarak tempuhnya kira-kira 6 kilometer dengan akses jalur yang memadai bagus dan gampang di lalui.

Rute Jalan Menuju Lokasi

Photo by @kzoi_ae_district

Untuk rute jalannya sanggup kita temukan bersama sangat enteng via Google Maps. Atau kecuali berangkat berasal dari pusat kota, silahkan menuju Terminal Baru Tuban dan mengikuti saja jalur utama selanjutnya hingga menemukan pantai yang di pinggirnya terkandung jejeran pohon cemara. Patokannya adalah Terminal Baru Tuban karena pantai ini terdapat di sebelah barat terminal baru tersebut.

Harga Tiket Masuk

Photo by @atin.53

Dari pernah sampai sekarang object wisata ini mampu di masuki secara gratis. Hanya saja bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, supaya aman sebaiknya memarkir kendaraan di area parkir dengan membayar retribusi sejumlah Rp. 5000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil. Harga karcis parkir ini berlaku tiap-tiap harinya baik pada hari kerja atapun hari libur.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :