Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Bukan Masjid Nabawi, Inilah Sejarah & Kunikan Masjid Agung Semarang – Ngabuburit Kesini, Yuk!

/
/
/
264 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Payung-payung yang ada di Masjid Agung Semarang ini mengingatkan kita pada Masjid Nabawi, bukan? Masjid ini mempunyai keunikan dan histori yang patut anda ketahui. Apa saja ya?

Masjid Agung Semarang
Photo by @valentinaerista

Keunikan Masjid Agung

Ternyata, Semarang memiliki masjid megah dengan perpaduan arsitektur Jawa, Arab dan Roma. Masjid Agung Jawa Tengah namanya. Motif batik yang merupakan seni tradisional penduduk Jawa mampu Anda lihat di bagian dasar tiang. Selain itu, seni ukir kaligrafi yang menjadi budaya arsitektur Timur Tengah juga menghiasi dinding-dinding Masjid Agung Jawa Tengah.

Masjid Agung Semarang
Photo by @jajangyusup85

Pada area serambi depan masjid, terdapat enam payung hidrolik raksasa yang sanggup mengakses dan menutup secara otomatis. Ini merupakan adaptasi arsitektur bangunan Masjid Nabawi yang terkandung di Kota Madinah. Desain interior Masjid Agung Semarang juga berhiaskan dengan susunan warna-warna yang terpengaruh tipe arsitektur Roma.

Masjid Agung Semarang
Photo by @agungsutrisno_photography

Kemegahan Masjid Agung Jawa Tengah menjadikannya sebagai lambang wisata religi bagi masyarakat Semarang dan Jawa Tengah. Masjid ini sanggup menampung kurang lebih 15.000 jemaah, belum terhitung halaman utama masjid yang sanggup menampung kurang lebih 10.000 jemaah.

Lokasi Masjid Agung

Masjid Agung Semarang
Photo by @tjman

Masjid yang terdapat di Jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, ini tidak cuma berfungsi sebagai tempat beribadah umat Islam saja.

Photo by @sii_peter

Bangunan ini juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, pusat syiar Islam, dan wisata religi untuk para pelancong yang ingin datang untuk mengagumi kemegahan arsitektur masjid.

Photo by @elisiry_07

Masjid yang berdiri di tahun 2001 dan selesai di tahun 2006 ini memiliki sebuah Al-Quran raksasa. Sebuah karya tangan seorang H. Hayatuddin, yang merupakan penulis kaligrafi berasal dari Universitas Sains dan Ilmu Al-Quran Wonosobo. Masjid ini pun memiliki beduk raksasa yang merupakan persembahan berasal dari para santri pesantren Al Falah Banyumas, Jawa Tengah.

Fasilitas

Photo by @chap_lien

Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat beberapa fasilitas seperti perpustakaan, auditorium, penginapan, area akad nikah, museum perkembangan Islam dan kafe di Menara Asmaul Husna.

Photo by @agungsutrisno_photography

Di sebelah masjid, bisa anda lihat Menara Asmaul Husna (Al Husna Tower) yang mempunyai ketinggian 99m. Dari puncak menara 19 lantai ini, Anda mampu menikmati keindahan Kota Semarang. Terlebih lagi, anda juga mampu memandang keindahan Kota Semarang dengan memanfaatkan teropong pandang yang tesaji di masjid.

Photo by @sipits

Puas melihat panorama Kota Semarang, Anda bisa bersantai di kafe yang berada di lantai 18. Kafe ini dapat berputar 360 derajat. Memandangi keindahan kota sambil menikmati makanan khas Semarang serta merasakan putaran perlahan pasti dapat memberi tambahan sensasi dan pengalaman tersendiri bagi Anda.

Menarik untuk anda kunjungi, kan? Jangan lupa mampir ke masjid ini ketika anda berlibur ke Jawa Tengah. Tentu akan menambah pengalaman anda saat liburan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :