Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Tips dan Panduan Lengkap Berwisata ke Kawah Ijen Banyuwangi

/
/
/
63 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Sekilas Info Tentang Destinasi Kawah Ijen Banyuwangi

Ijen Crater atau biasa orang menyebutnya Kawah Ijen Banyuwangi merupakan salah satu destinasi wisata unggulan dan terfavorit di Jawa Timur. Kawah Ijen Banyuwangi ini berada di puncak Gunung Ijen yang merupakan salah satu dari rangkaian gunung berapi yang ada di Jawa Timur, seperti Bromo dan Semeru.

Kawah Ijen Banyuwangi
@ramdhaniyudha_

Kawah Ijen ini berada di tengah kaldera (fitur vulkanik yang terbentuk dari jatuhnya tanah setelah letusan gunung vulkanik). Ukuran kaldera sendiri mencapai sekitar 20km, dengan ukuran kawah sekitar 960 x 600 meter persegi, serta memiliki kedalaman mencapai 200 meter.

Paket Wisata Bromo Terbaik

Kawah Ijen Banywangi juga merupakan kawah yang memiliki kadar keasaman tertinggi dan terbesar di dunia. Hal tersebut disebabkan keasaman p(H) dari Kawah Ijen ini mendekati nol. Tidak hanya itu, suhu kawah mencapai 200 derajat celcius. Kawah Ijen Bondowoso ini berada di ketinggian sekitar 2.368 mdpl. Namun fakta-fakta tersebut, tidak mengurangi keindahan dan pesona Kawah Ijen Banywangi untuk menjadi destinasi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Rute & Cara Menuju ke Lokasi

Secara administrative, lokasi Kawah Ijen ini berada di Desa Tamansari, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi. Dan apabila kalian ingin mengunjungi Kawah Ijen ini, terdapat dua rute yang bisa kalian lalui salah satunya, yaitu :

@digitalglobe

Rute melalui Bondowoso, Jika kalian berangkat dari arah Surabaya, maka kalian langsung saja menuju Situbondo. Dari sini, kalian bisa menuju ke Bondowoso, dan setelah sampai di Bondowoso, kalian bisa mengarahkan kendaraan kalian menuju arah Sempol dan Wonosari. Kemudian kalian harus menuju daerah Paltuding, dari titik ini kalian sudah dekat dengan lokasi wisata Kawah Ijen. Rute melalui Bondowoso ini merupakan rute tercepat, karena sepanjang perjalanan kalian akan disuguhi pemandangan kebun kopi dan hutan pinus. Jadi perjalanan tidak akan terasa membosankan karena pemandangan yang ada.

@rendi_herdiansyah

Rute melalui Banyuwangi, rute ini biasanya dilalui oleh para pengunjung yang berasal dari luar Jawa Timur. Karena biasanya mereka akan menggunakan kendaraan umum dan turun di pusat Kota Banyuwangi. Dari sini kalian harus menyewa kendaraan bermotor, karena belum tersedia angkutan umum yang langsung menuju lokasi wisata Kawah Ijen. Setelah menyewa motor kalian harus menuju Kecamatan Licin, dengan menempuh jarak sekitar 15 km dari pusat Kota Banyuwangi. Lalu kalian akan memasuki kawasan Paltuding, dari sini kalian harus berhati-hati ketika berkendara, karena jalan yang akan kalian lalui berkelok-kelok dan juga menanjak.

Referensi Paket Wisata Malang dengan berbagai durasi dan harga

Aktivitas Wisata yang Menarik untuk Dilakukan di Kawah Ijen

Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan para pengunjung di Kawah Ijen ini. Sebelum mencapai kawah, para pengunjung diharuskan trekking terlebih dahulu. Jadi kalian harus memiliki kondisi tubuh yang cukup prima jika ingin berkunjung ke Kawah Ijen. Selain itu, disini kalian juga bisa melihat secara langsung masyarakat lokal yang sedang menambang belerang.

@bagusmarthayoga

Biasanya, para pengunjung akan memulai perjalanan pada saat dini hari, agar bisa mencapai puncak saat sunrise. Selain terkenal keindahannya, Kawah Ijen ini juga merupakan tempat yang cocok untuk melihat matahari terbit. Terdapat satu keuntungan lagi saat kalian mendaki dini hari, kalian akan bisa melihat fenomena bluefire Kawah Ijen atau fenomena api biru yang merupakan api abadi yang ada di Gunung Ijen. Dan fenomena api biru ini hanya terdapat dua di dunia, yaitu di Gunung Ijen, Indonesia dan juga di Islandia.

Kawah Ijen Banyuwangi
@ kcakduman

Spot Foto Terbaik di Kawah Ijen

Kawah Ijen Banyuwangi
@ramdhaniyudha_

Spot foto yang menjadi favorit para pengunjung disini tentunya adalah ketika sampai di puncak Kawah Ijen. Namun pengunjung bisa memilih kapan mereka akan mengabadikan momen ketika berada disini, seperti ketika matahari terbit.

Kawah Ijen Banyuwangi
@riskaarsnt

Info paket PROMO : Paket Wisata Belitung

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Kawah Ijen

Untuk memasuki kawasan wisata Kawah Ijen, para pengunjung harus membayar biaya tiket masuk terlebih dahulu. Dan terdapat perbedaan harga tiket antara wisatawan lokal dan mancanegara.

@ghavisubranta
  • Wisatawan lokal, Rp 15.000
  • Wisatawan mancanegara, Rp 150.000

Fasilitas yang ada di Kawah Ijen

Kawah Ijen yang merupakan destinasi favorit wisatawan dalam negri maupun luar negri ini sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Hal tersebut dilakukan pengelola untuk menambah kenyamanan wisatawan yang sedang berlibur disini. Fasilitas-fasilitas tersebut berupa :

@hellonatto
  • Warung, terdapat warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Kalian bisa mampir di warung sekitar loket untuk sekedar sarapan sebelum menuju Kawah Ijen BWI.
  • Toilet, untuk toilet ini terletak disekitar loket sebelum memasuki Kawah Ijen.
  • Lokasi parkir yang luas untuk kendaraan roda 4 atau roda 2.
  • Terdapat masyarakat lokal yang menyewakan masker kepada para pengunjung.
  • Memiliki jalur pendakian yang cukup luas, tidak seperti jalur pendakian di gunung-gunung lainnya yang memiliki jalur pendakian yang terbilang cukup sempit.

Tips Sebelum Berkunjung ke Kawah Ijen

@nrlfarrahinn
  • Kalian harus menggunakan pakaian yang hangat, karena suhu udara disini cukup dingin. Apalagi kalian mendaki saat dini hari, jadi sangat disarankan untuk memakai jaket atau sweater.
  • Menggunakan alas kaki yang khusus digunakan untuk mendaki.
  • Membawa minuman dan makanan ringan yang bisa dinikmati saat melakukan perjalanan menuju Kawah Ijen, seperti coklat atau biscuit.
  • Jangan lupa memakai masker, karena Kawah Ijen merupakan kawah yang masih aktif dan mengeluarkan aroma belerang yang cukup kuat.
  • Membawa senter saat melakukan pendakian dini hari.
@shiiinnta_

Jadi, bagi kalian semua yang saat ini sedang mencari destinasi wisata untuk dikunjungi, mengunjungi Kawah Ijen mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Bagikan ke Teman Liburan
This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :