15 Tempat Wisata Belitung Timur yang Terbaik & Menarik untuk dikunjungi

/
/
/
1004 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Belitung Timur Itu Mana Sih?

Kabupaten Belitung Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Belitung dan Beribu Kota Manggar. Nah disinilah tempat yag dijadikan film dengan judul “Laskar Pelangi” yang ditulis oleh Andrea Hirata. Sontak membuat tempat wisata di belitung timur jadi terkenal.

Apa Yang Menarik Dari Tempat Ini?

Nah jika kalian berkunjung ke elitung Timur, kalian akan disajikan pemandangan alam berupa hamparan pantai dan lautan yang sangat indah. Dilengkapi dengan ombak kecil, pasir yang putih bersih, laut yang sangat jernih serta pemandangan bawah laut yang sangat memukau. Sehingga banyak sekali kegiatan yang dapat kalian lakukan selama di sini

Apa Alasan Yang Membuat Belitung Timur Waib Dikunjungi?

Wisata di Belitung identik dengan pantai berbatu granit besar-besar, padahal faktanya Belitung juga punya destinasi yang lebih menarik dari sekedar pantai dengan batuan granit. Aneka pantai dengan ke-khas-an yang tidak dimiliki pantai lainnya, wisata budaya masyarakat Belitung Timur, dan juga wisata sejarah

Informasi Paket Tour Belitung

Kali ini mimin akan rekomendasi tempat wisata di Belitung Timur yang banyak orang belum tau selain wisata laskar Pelangi. Destinasi wisata tersebut kami rangkum seperti dibawah ini.

1. Objek Wisata Minat Khusus Open Pit

@indah__

Objek wisata open pit terletak di Gunung Kik Karak Desa Senyubuk Kecamatan Kelapa Kampit dengan jarak sekitar -+ 50menit dari bandara internasional Hanandjoedin Tanjung Pandan.

Open Pit sendiri adalah ex tambang timah pada jaman penjajahan Belanda, bekas galian ini yang kemudian membentuk sebuah danau besar. Jika dilihat dari atas bekas galian ini sangat indah dan berwarna hijau dengan kedalaman sekitar 30-50meter. Terdapat juga goa/terowongan bawah tanah sepanjang kurang lebih 700m yang dulunya dipakai untuk lalu Lalang para pekerja tambang. Dewasa ini Open Pit dialih fungsikan sebagai destinasi wisata minat khusus, ada berbagai aktivitas yang bisa kita lakukan disini seperti panjat tebing, camping, atv dan tentu saja sangat cocok untuk pecinta photography dan Anda yang menyukai jiwa adventure.

Tiket masuk lokasi ini Gratis.

2. Wisata Laskar Pelangi di SD Muhammadiyah Gantung

@nanamonel77

Dalam filmnya Laskar Pelangi banyak digambarkan keindahan alam Pulau Belitung, salah satu yang wajib di kunjungi adalah replica SD Muhammadiyah (SD Laskar Pelangi) di Kabupaten Gantung Belitung Timur. Bangunan SD ini berada di lapangan berpasir putih dan tepat dipinggir jalan, jadi wisatawan tidak perlu khawatir jika berkunjung kesini.

Dengan harga tiket masuk Rp 3.000 dan sangat terjangkau ini kita sudah bisa melihat dan mengabadikan momen di SD Laskar Pelangi ini.

Masuk area tempat wisata SD Laskar Pelangi ini kita seakan dibawa bernostalgia dengan perjuangan anak-anak laskar pelangi dan gurunya Bu Muslimah. Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan saat berlibur ke pulau Belitung.

3. Demaga Kirana atau Rumah Keong

tempat wisata di belitung timur
@shinta_h

Tepat didepan replica SD Laskar Pelangi ada sebuah bangunan menyerupai keong yang kemudian orang menyebutnya rumah keong. Seiring berjalannya waktu tempat ini ramai dikunjungi wisatawan dan kemudian dijadikan tempat wisata oleh pengelola. Namanya sendiri adalah Dermaga Kirana atau Rumah keong.

Tempat ini kemudian menjadi tempat wisata instagramble di Belitung Timur yang saying kalau dilewatkan. Masuk tempat wisata dermaga kirana atau rumah keong ini wisatawan dipungut biaya sebesar lima ribu rupiah.

Informasi Paket Wisata Malang dengan berbagai pilihan program wisata

4. Museum Kata Pertama Dan Satu-Satunya Di Indonesia Yaitu Museum Kata Andrea Hirata

@eatineraryid

Dulunya hanya sebuah rumah dengan bangunan tua dan sejak 2010 disulap menjadi sebuah museum. Ya Museum Kata ini dibangun sejak 2010 dan sempat tutup karena renovasi dan kemudian dbuka kembali pada tahun 2013 dan sejak saat itu museum ini banyak mengalami perubahan seperti saat ini. Museum ini adalah milik Andrea Hirata seorang Novelis asal Belitung yang terkenal dengan karyanya Laskar pelangi yang pernah di filmkan yang kemudian mengangkat nama Belitung menjadi salah satu tujuan wisata. Ketika kita memasuki Museum Kata ini kita akan disuguhkan rangkaian kata-kata indah dari sang novelis ini, foto-foto film laskar pelangi, sekuel-sekuel novel laskar pelangi dan bangunan museum ini juga khas dengan arsitektur yang membuat kita nyaman untuk menjelajah setiap sudutnya.

Dengan tiket masuk Rp 50.000 anda akan mendapatkan buku Laskar Pelangi.

5. Menikmati Pantai Nyiur Melambai

tempat wisata di belitung timur
@imam638

Berkunjung ke Belitung rasanya tidak lengkap kalau tidak mengunjungi pantai-pantainya. Salah satu pantai di Belitung Timur adalah pantai Nyiur Melambai, pantai dengan pasir putih dengan bibir pantai yang Panjang ini setiap weekend dipenuhi oleh pengunjun. Begitu menginjakkan kaki di pantai ini kita akan disuguhkan oleh pemadangan laut yang luas. Sejukanya angin yang bertiup menambah suasan nyaman. Pengunjung yang datang pun bisa bersantai dibawah pohon yang ada disekitar pantai, bermain di pantai, dan masyarakat setempat juga memanfaatkan untuk menjaring ikan.

Akses menuju pantai ini tidaklah susah, karena jalan sudaha aspal dan tanda jalan juga banyak. Lokasi pantai nyiur melambai ini di Kampung Lalang Manggar. Tiket masuknya gratis, tersedia fasilitas penunjang wisata seperti toilet, mushola, tempat makan dan area parkir yang luas.

6. Vihara Dewi Kwan Im Dengan Patungnya Seperti Di Hainan

@tatichristien

Ini bukan Hainan melainkan Vihara Dewi Kwan Im, dengan patung yang tingginya mencapai 9,5meter ini menambah daftar tempat wisata di Belitung Timur. Menurut pengelola patung tersebut didatangkan langsung dari Tiongkok dengan container. Tidak hanya menjadi tempat ibadah tempat ini juga dijadikan tempat wisata, siapapun boleh mengunjungi vihara ini dan bisa mengabadikan momen tapi tetap patuhi dan taati aturan setempat seperti jangan menganggu ketika ada orang ibadah, tidak berisik dan tidak memasuki area yang dilarang. Tempat wisata Dewi kwan im ini gratis bagi siapa saja yang mengunjungi nya dan diperkenankan kalau ingin berdonasi.

7. Tidak Ada Burung Mandi Disini Tapi Namanya Pantai Burung Mandi

@hennylee84

Ketika pertama mendengar namanya pasti membanyangkan banyakanya burunhg-burung mandi disini, namun kenyataannya nama pantai ini diambil dari nama kampung itu sendiri yaitu Burung Mandi. Desa ini adalah desa nelayan yang terletak di kecamatan Damar Belitung Timur sekitar 20menit dari kota Manggar. Di pantai ini selalu ramai pengunjung terlebih ketika musim durian, karena disini ketika musim durian harganya sangat murah bahkan orang jauh-jauh kesini hanya untuk membeli durian. Pantai ini juga cocok untuk wisata keluarga karena pada musim teduh pengunjung bisa bermain di pantai ini.

8. Pemandangan Laut Dari Puncak Bukit Samak A1

@kelvinariski

Memandang indahnya pantai di Belitung dari ketinggian ditemani angina yang semilir di Bukit Samak A1 ini menambah rasa ingin segera berlibur ke Belitung. Bagaimana tidak karena di Bukit Samak ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan pantai yang luas dengan spot-spot foto yang instagramable di Belitung. Bukit samak ini terletak di Desa Lalang Kota Manggar tidak jauh dari tempat wisata Pantai Nyiur Melambai. Sejarah singkat Bukit Samak adalah Kawasan perumahan elit bagi orang-orang Belanda dan para petinggi timah masa pada itu. Di puncak bukit juga terdapat sebuah resort. Untuk masuk lokasi wisata ini pengunjung dikenakan tarif sekitar Rp 5.000-10.000.

9. Pantai Dengan Batuan Granit Di Pantai Punai

tempat wisata di belitung timur
@putra

Pantai yang terletak di Desa Tanjung Kelumpang Kecamatan Simpang Pesak Kabupaten Belitung Timur ini adalah salah satu pantai dengan ciri khas batu granit layaknya Pantai tanjung tinggi, pantai bukit berahu, pulau lengkuas dan lain-lain yang berada di Kabupaten Belitung (Tanjung Pandan). Dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000/orang. Namun sayangnya akses kepantai ini terlalu jauh dari pusat kota dan pamornya tidaklah seperti pantai-pantai yang sudah terkenal di Belitung. Namun tidak ada salahnya jika kalian memasukkan dalam daftar kunjungan berikutnya.

10. Wisata Unik Di Kantor Pemerintahan Wisata Ngejungak “OWUN”

@kelvinariski

Wisata unik ini tepat berada di kantor Dinas pariwisata Belitung timur, jika dari bandara Tanjung Pandan dibutuhkan waktu sekitar 1jam 30menit. Selain sebagai kantor pada umumnya ternyata kantor Disbudpar ini resmi menjadi tempat wisata unik dengan nama Ngejungak sejak 2016.

Destinasi yang ada disini salah satunya adalah tarsius, tarsius adalah primate endemik dari Asia Tenggara. Dimasa lalu penyebaran hewan ini sangat luas, namun sekarang hanya sedikit yang bisa di temukan salah satunya di Sulawesi dan Belitung.

Tempat wisata ini gratis bagi siapa saja yang ingin berkunjung dan jam kunjungan juga disesuaikan dengan jam kantor yaitu jam 08.00-15.30 WIB.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :