Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Intip Info Gunung Talamau Sebelum Bergegas Kesana! Gunung Populer di Sumatera Barat yang Jadi Wisata Telaga Hingga Tempat Pesugihan

/
/
/
60 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Gunung Talamau – Pasaman Barat merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang beribukota di Simpang Ampek. Kabupaten satu ini dikenal sebagai penghasil minyak dan dijuluki Kota Sawit.

Gunung Talamau
Photo by @dandi.joe

Selain itu, tahukah anda kecuali sebagian wisata alam di tempat ini dikenal eksotis dan masih alami? Buat kamu yang dambakan berwisata minat tertentu yaitu mendaki, jangan sampai melewatkan Gunung Talamau. Gunung satu ini cukup tenar di Sumatera Barat dan jadi gunung tertinggi di sana, lho.

Gunung Talamau
Photo by @abeldeosmon

Sebelum menentukan laksanakan perjalanan ke gunung Talamau, ada baiknya anda mengerti fakta-fakta tersebut ini.

1. Gunung Tertinggi di Sumatera Barat

Seperti ulasan pada mulanya bahwa gunung Talamau yang termasuk disebut gunung Ophir ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera Barat. Ketinggian gunung yang terdapat di Kecamatan Kinali tersebut mencapai 2.982 mdpl. Uniknya, terdapat kubah masjid yang menjadi keliru satu penanda puncaknya.

Gunung Talamau
Photo by @dandi.joe

Gunung satu ini memang terhitung salah satu gunung api yang pernah aktif di Sumatera Barat. Tapi, telah tidak mengalami erupsi sejak th. 1600. Cukup melegakan bikin kamu yang menghendaki menjadikannya sebagai obyek pendakian. Lelahmu pun akan terbayar dengan memandang Gunung Marapi, Singgalang, Talang, dan Bukit Barisan dari puncak.

2. Gunung Gunung Talamau yang Masih Aktiv

Melansir dari Jurnal Morfogenetik Daerah Lubuksikaping Provinsi Sumatera Barat, gunung api Talamau membuahkan endapan termuda bersifat lava asam-basa, batupasir tufaan dan lanau. Gunung Talamau memiliki lubang kepundan yang mungkin udah tidak aktif.

Gunung Talamau
Photo by @_kurniawan_ditt

Namun, gunung model B selanjutnya sempat terdapat kabar mengeluarkan asap hitam pasca gempa Pasaman yang berjalan th. 2016 lalu. Setelah dijalankan pemantauan oleh PVMBG, memang tidak tersedia letusan namun tetap banyak belerang yang tersimpan di lebih kurang kawah gunung tersebut.

3. Telaga yang Menyegarkan di Gunung Talamau

Gunung Talamau
Photo by @nikocitrawandi

Fakta unik lain gunung ini yang membuat anda bahagia menjadikannya destinasi wisata. Yaitu ada 13 telaga atau danau alami dan air terjun. Kalau anda tak mendambakan mendaki hingga puncak, lumayan kunjungi air terjun Lenggo Geni di kaki gunung. Tapi, jikalau kamu mau melaksanakan pendakian, akan melihat banyaknya telaga.

Gunung Talamau
Photo by @dandi.joe

Ya, gunung ini sebenarnya kondang dengan telaganya yang terbilang banyak daripada gunung lain di Indonesia. Ada pula yang menyebutnya sebagai Surga Telaga. Uniknya lagi, nama-nama telaga tersebut berasal dari legenda dan punyai kisah masing-masing.

4. Alam yang Terjaga dan Jadi Habitat Pacet

Photo by @meihanumsahef__

Sumatera udah terkenal sebagai salah satu daerah hutan hujan tropis di Indonesia, tidak kecuali gunung Talamau. Gunung berikut tetap alami bersama karakteristik hutan hujan tropis. Hal tersebut menjadikannya sebagai habitat pacet, kerabat dekat lintah yang senang menghisap darah.

Photo by @muhammadfadil1412

Kalau anda senang melaksanakan perjalanan atau pendakian di gunung ini, harap berhati-hati ya. Hewan satu ini mempunyai ukuran yang umumnya lebih kecil berasal dari lintah dan sering melekat di daun atau dahan pohon. Jadi, kamu mesti persiapan lebih untuk menghindari atau melepaskan pacet.

5. Sering Jadi Daerah Ritual Pesugihan

Punya panorama alam yang memukau enggak mengakibatkan gunung Talamau lepas berasal dari hal mistis. Masyarakat setempat juga mengenalnya sebagai salah satu daerah yang sering banyak kunjungan untuk melaksanakan ritual pesugihan atau cuman menghendaki nomer togel.

Photo by @akbar.trynofdi

Kisah mistis yang populer yakni terdapatnya harimau campo yang konon sebagai penunggunya. Ada pula seorang kyai yang menunggu tempat Padang Siranjano. Hal selanjutnya menjadikan Gunung Talamau sebagai salah satu gunung paling mistis di Pulau Sumatera, lho.

Photo by @mdmsfhrz

Itulah tadi beberapa info tentang Gunung Talamau yang berada di Sumatera Barat. Buat anda yang idamkan mendaki, mampu lewat jalan Desa Pinaga dan membutuhkan sementara kurang lebih 12 jam untuk sampai puncak. Berani coba?

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :