Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Jangan Jauh-Jauh dari Jakarta! Gunung Batu Jonggol Patut Kamu Coba sebagai Alternatif Wisata untuk Mengobati Kangen Mendaki!

/
/
/
567 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 2 Average: 4.5]

Meski terlihatnya kecil dan mudah kita daki, Gunung Batu Jonggol layak anda jadikan destinasi pilihan di akhir pekan untuk berpetualang tak jauh dari Jakarta.

Gunung Batu Jonggol
Photo by @gritteagathaa

Libur akhir pekan yang singkat bagi warga Ibu Kota bisa dimanfaatkan untuk menikmati keindahan alam yang tak membutuhkan pas lama. Beberapa tempat wisata di sekitar wilayah Jakarta menjadi opsi yang patut anda coba di akhir pekan.

Gunung Batu Jonggol
Photo by @restiviadona_

Bagi Anda yang bahagia berpetualang dan mendaki gunung, bulan-bulan Januari sampai April tak banyak gunung yang dapat didaki. Sebab, periode itu mayoritas gunung dan taman nasional tertutup untuk lazim lantaran memasuki musim penghujan dan jaman recovery.

Gunung Batu Jonggol
Photo by @irfanardiansyah442

Namun, masih ada pilihan untuk mendaki yang tidak terlalu berat atau biasa menyebutnya ‘pendakian ceria’ di Jonggol, Bogor. Ya, hanya memerlukan sementara kurang lebih 2-3 jam berasal dari Jakarta, Anda bisa mendaki gunung dan menikmati hijaunya pemandangan alam.

Lokasi Gunung Batu

Gunung itu bernama Gunung Batu. Letaknya di Kampung Gunung Batu I, Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Gunung ini di awalnya dikenal bersama dengan nama Gunung Batu Jonggol lantaran pernah masih berada di wilayah administratif Kecamatan Jonggol.

Gunung Batu Jonggol
Photo by @pinnasimangunsong_

Jika ingin ke sana, rute yang dilewati mampu melalui Cibubur menuju Cileungsi sampai Jonggol dan Cariu. Nanti, di Cariu akan ada papan penunjuk jalur menuju Gunung Batu.

Untuk rute lainnya, dapat lewat Sentul Sejalan dengan air terjun Curug Leuwi Hejo sampai ke arah Citeureup. Kedua jalur ini akan berjumpa di Gunung Batu.

Gunung Batu Jonggol
Photo by @azis_ra

Sepanjang perjalanan, panorama hijau hamparan sawah dan pegunungan telah memanjakan mata. Sebagai informasi, kampung Gunung Batu tersedia tiga, yaitu Gunung Batu I, II, dan III. Gunungnya terdapat di kampung Gunung Batu I, lainnya tidak tersedia gunung.

Jalanan yang di lewati cukup bagus bersama aspal yang mulus. Sepeda motor, mobil, sampai minibus dapat digunakan untuk menuju ke Gunung Batu sampai ke area parkir.

Photo by @azizsmuf

Setelah mendekati kampung Gunung Batu I, udah tampak bukit batu menjulang bersama dengan gagahnya. Bukit batu inilah yang disebut Gunung Batu.

Ketinggian Gunung Batu cuma 875 meter di atas permukaan laut (Mdpl) menyebabkan gunung ini terbilang mungil. Meski mungil, mendaki gunung ini juga terbilang kecil-kecil cabe rawit.

Tarif Masuk

Untuk mendaki Gunung Batu, wisatawan memadai merogoh kocek Rp15.000 terkecuali tak menginap, jadi Rp5.000 untuk ongkos mendirikan tenda tiap-tiap orang. Sedangkan, tarif parkir sepeda motor Rp15.000, mobil Rp30.000, dan minibus Rp50.000 menginap.

Photo by @budi_ryan

Sebelum mendaki, kami mampu belanja perbekalan minum dan kudapan di warung-warung di tempat parkir. Bahkan, di area parkir juga terdapat coffee shop yang terbilang keren.

Pendakian bisa anda mulai dengan menyusuri jalur setapak dengan kontur bebatuan. Lalu, jalanan bakal berbelok hingga melewati embung, penampungan air yang baru saja dibangun.

Photo by @musadauswa07

Lalu, di pos pertama, pengunjung harus membayar tarif karcis yang tadi telah dijelaskan Rp15.000 per orang dan tambah Rp5.000 untuk mendirikan tenda.

Trek Menuju Puncak

Saat jalanan menjadi mendaki, kontur masih tanah bersama dengan kiri-kanan pepohonan tinggi serta bebatuan besar. Sekitar 15 menit pendakian, sampailah di tempat berkemah. Di tempat inilah anda bisa mendirikan tenda.

Photo by @lauranandda

Sebuah area lapang dengan rerumputan dan beberapa pohon besar sebenarnya sesuai untuk mendirikan tenda. Namun, anda harus berhati-hati lantaran banyaknya segerombolan monyet di lokasi ini yang kerap menggasak bahan makanan pendaki.

Photo by @diahrahmil

Dari tempat camp ground, puncak Gunung Batu udah kelihatan bersama jelas. Pendakian berlanjut dengan medan yang lebih sulit. Bahkan, kecuali musim hujan akan benar-benar licin.

Beberapa titik sebelum saat puncak, kami mesti gunakan tali untuk menaiki batu-batu tebing. Hingga kelanjutannya capai puncak dengan keseluruhan pas pendakian 1-2 jam saja.

Photo by @rafifauzhan

Di puncak Gunung Batu, terdapat sinyal ketinggian 875 Mdpl dan bendera. Pemandangan berasal dari ketinggian ini sungguh mempesona. Sebuah bukit batu yang dikelilingi sawah, ladang, alira sungai dan pepohonan hijau.

Meski tidak luas, di puncak Gunung Batu dapat anda manfaatkan untuk berfoto. Harap berhati-hati lantaran jurang yang amat di dalam dari ketinggian ini. Selamat berakhir pekan!

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :