Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Curug Sibedil, Jadi Salah Satu Primadona di Lereng Gunung Slamet

/
/
/
150 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Tempat wisata alam menjadi opsi menentramkan diri sesaat dari kepenatan kegiatan harian. Apa lagi, biasanya ticket masuk tempat wisata alam sangat dapat di jangkau untuk semuanya kalangan. Salah satunya yang bisa jadi opsi ialah tempat wisata Curug Sibedil. Sama dengan namanya, tempat ini sebagai tempat wisata berbentuk air terjun.

Curug Sibedil

Ada di Pemalang, membuat bisa di jangkau dari beragam arah. Baik dari arah Slawi, dari arah Purwokerto, atau dari arah Tegal. Alamnya yang asri membuat pengunjung kerasan berlama – lama habiskan waktu di sini. Apa lagi, untuk ke arah tempat wisata, telah ada akses yang lebih mudah.

Harga Tiket Masuk Curug Sibedil Pemalang

Tempat wisata ini mengaplikasikan ticket masuk yang paling terjangkau, cukup dengan Rp 5.000 saja per orangnya. Ciri khas rekreasi alam yang lain, walau tawarkan keelokan panorama memukau. Dan ticket masuk juga tidak di perbedakan baik untuk pengunjung dewasa atau anak – anak. Dan pada hari biasa atau hari liburan harga ticket juga sama.

Curug Sibedil

Jam Operasional Curug

Tempat wisata ini bisa di cicipi dari pagi sampai sore hari, tepatnya mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Dan seharusnya, pengunjung telah kembali saat sebelum petang datang.

Curug Sibedil

Menikmati Secuil Surga Dari Pemalang

Tempat wisata Curug Sibedil sering di katakan sebagai sepotong surga dari Pemalang. Masalahnya tempat ini terselinap dan simpan keelokan yang bisa di cicipi langsung oleh pengunjung. Lokasi air terjunnya melingkupi sebuah kolam, yang mengucur di batu-batuan. Terlihat dinding bebatuan ini di penuhi dengan tanaman rambat yang terlihat telah lama sekali tumbuh.

Warna hijau menghias dinding bebatuan hitam air terjun. Di mana, air terjun mengucur dengan benar-benar jernih sampai terlihat airnya warna putih. Turun bebas di selang – celah semak hijau dan langsung penuhi kolam di bawahnya. Air terjunnya sendiri mempunyai ketinggian 10 mtr., lumayan tinggi tetapi tidak begitu deras.

Curug Sibedil

Antiknya, air terjun di Curug Sibedil tidak cuman satu, tetapi ada beberapa. Satu air terjun sebagai air terjun khusus, mengucur paling deras di tengah-tengah – tengah bebatuan. Sementara di sekelilingnya ada air terjun yang lain salurannya terlihat lebih pelan. Hingga malah membuat terlihat seperti gorden air alami yang cantik.

Berenang Di Kolam Curug Yang Biru

Satu perihal yang jangan di lewati saat bertandang di sini yaitu bermain air. Karena saluran air terjun yang tidak begitu deras, pengunjung bisa bermain air di bawahnya. Fresh dan sejuk langsung akan pengunjung rasakan ketika air membasahi badan. Dengan siraman airnya yang paling jernih serta pengunjung langsung bisa meminumnya.

Curug Sibedil

Di bawah air terjun ada kolam yang tidak begitu dalam. Hingga pengunjung bisa dengan aman bermain di kolam ini. Berenang ialah hal harus yang bisa di laksanakan pengunjung. Bahkan juga kolam ini aman untuk anak, yang paling penting masih tetap ada dalam pemantauan orang dewasa.

Asal Usul Nama Curug Sibedil

Curug Sibedil yang ada di lembah Gunung Slamet ini mempunyai pemandangan alam yang memukau. Disamping itu, dibalik nama “Sibedil” juga disimpan mistis yang dikatakan secara turun – temurun. Yakni di mana tidak jauh dari air terjun, ada sebuah batu yang unik. Memiliki bentuk serupa moncong meriam atau senapan, yang oleh masyarakat disebutkan bedil.

Makin lama, nama bedil mulai dekat diucap untuk mengatakan lokasi air terjun ini. Sampai sekarang, nama Sibedil masih tetap dipakai untuk penyebutan air terjun ini. Lepas dari wujud batu itu, ada cerita yang lain ikuti pemberian nama air terjun ini. Ada peristiwa misteri yang dipercaya oleh masyarakat di tempat terjadi di batu yang berwujud senapan ini.

Curug Sibedil

Menurut sesepuh dusun, pada masa lampau batu yang serupa senapan ini keluarkan suara. Suaranya serupa sekali dengan dentuman meriam atau senapan. Dan ini terjadi di saat – waktu tertentu, misalkan seperti saat malam Jum’at. Tetapi kebenarannya belum ditunjukkan secara ilmiah, yang paling penting selalu santun dan jaga sikap saat bertandang.

Berfoto Dengan Latar Belakang Air Terjun

Selainnya bermain air dan berenang di kolam, hal yang lain jangan ketinggal ialah berfoto. Pengunjung bisa secara mudah ambil photo dengan background air terjun. Di mana, di muka air terjun ada batu – bebatuan yang bisa dipakai sebagai injakan.

Dari bebatuan ini, pengunjung bisa ambil photo background air terjun dan kolam toska-nya. Tanpa cemas camera atau smartphone terserang air cipratan terjun. Karena salurannya yang tidak begitu deras. Ditambahkan lagi, disini pengunjung dapat memperoleh keseluruhnya panorama bebatuan air terjunnya.

Fasilitas

Tempat wisata ini telah diperlengkapi dengan beragam sarana pendukung. Salah satunya tempat parkir, kamar mandi, tempat warung makan, dan istirahat.

Lokasi Curug Sibedil Pemalang

Tempat wisata ini berada di Jalan Kyai Abdurrosyid RT.01/RW.03 Desa Karangbulu. Dusun Sima, Kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang. Memiliki jarak 44 Km dari pusat perkotaan Pemalang. Air terjun ini dapat diraih dalam kurun waktu 1,5 jam berkendara.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :