Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Wisata Alam Curug Gomblang, Info Biaya Masuk, Fasilitas dan Trekk Menuju Air Terjun!

/
/
/
425 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Curug Gomblang merupakan wisata air terjun eksotis yang berada di kaki Gunung Slamet, Banyumas, Jawa Tengah. Curug ini merupakan salah satu wisata Banyumas yang benar-benar digandrungi masyarakat. Utamanya anak muda, yang haus dapat konten keren berlatarkan alam terbuka.

Curug Gomblang
Photo by @setiadiii__

Bagi kalian yang terakhir kunjungan ke objek wisata Curug Gomblang di th. 2017, maka dapat takjub bersama dengan penampilan air terjunnya saat ini.

Karena di sepanjang kawasan tersebut telah dikerjakan penataan secara baik. Termasuk kemudahan trekking menuju wilayah utama air terjun. Dan inilah keterangan lengkap Curug Gomblang yang terdapat di Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Sejarah Curug Gomblang

Curug ini tergarap sungguh-sungguh sebagai sebuah objek wisata ketika tahun 2016. Benar saja, baru berjalan 6 bulan, kendati belum ada penataan yang optimal, tetapi kuantitas kunjungannya amat signifikan.

Curug Gomblang
Photo by @sherlynakenshi

Adapun secara pengelolaan Curug Gomblang berada di bawah KPH Banyumas Timur, dan bekerjasama dengan LMDH Desa Kalisalak. Update terbaru, kawasan objek wisata air terjun ini telah tertata cukup baik. Bahkan dari pintu masuk utama sampai ke lokasi Curug Gomblang.

Trekking Atau Jalan Menuju Air Terjun

Trekking atau perjalanan menuju area parkir bisa dilewati oleh motor maupun mobil. Kondisi jalannya terbilang cukup baik. Sebelum ke tempat parkir, para pengunjung bisa melihat pemandangan pohon-pohon yang berbaris.

Curug Gomblang
Photo by @iidsetyawan_

Terbelah oleh jalan utama, nyanyian burung-burung, hawa yang sejuk, adalah sajian pembuka sebelum sampai di wilayah utama. Setelah hingga di area parkir, maka para pengunjung mesti melanjutkan perjalanan bersama dengan cara berjalan kaki, menyusuri jalur yang sudah tersedia.

Curug Gomblang
Photo by @bngcimot__

Jalan menuju air terjun ini tidaklah ekstrim, meskipun sikap kehati-hatian mesti selalu ada. Perjalanan dapat terus menurun. Jalur trekkingnya berbentuk batuan yang sudah tersusun rapih. Di samping jalur, banyak sekali tanaman indah yang tumbuh mekar, menghiasi perjalanan pengunjung.

Curug Gomblang
Photo by @_puspitadell

Jumlah anak tangga di wisata air terjun kurang lebih 100 anak tangga. Dan di tengah perjalanan, para pengunjung bakal menemukan persimpangan, antara ke sebelah kiri dan kanan.

Lanjutkan perjalanan dari persimpangan tadi menuruni anak tangga. Kemudian sampailah di aliran sungai yang benar-benar jernih, dan juga didominasi dengan view bebatuan yang besar. Setelah itu, kamu akan lihat 2 buah air terjun bersama dengan berlainan ketinggian. Itulah wilayah utama Curug Gomblang.

Daya Tarik Curug Gomblang

1. Pesona Air Terjun

Daya tarik yang pertama dari air terjun yang ada di Kabupaten Banyumas ini adalah terdapatnya air terjun yang eksotis, di alam yang tetap terjaga kelestariaanya. Bukti alamnya yang masih lestari adalah aliran air yang tidak pernah surut selama tahun. Terlebih lagi airnya sangat jernih, bebas dari sampah.

Photo by @nofitaitnairs

Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Dan kolam utamanya yang lebar, tetapi tidaklah dalam, agar para pengunjung bebas untuk bermain air.

2. Spot Selfie

Selain berasal dari pesona keindahannya, daya tarik lain dari objek wisata ini adalah adanya beberapa spot selfie bersama latar alam yang mempesona.

Photo by @tomisul

Lokasi Curug Gomblang

Curug Gomblang berlokasi di lereng Gunung Slamet. Tepatnya berada di Dusun III, Desa Kalisalak, Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa tengah.

Rute Menuju Air Terjun

Jika anda dari Purwokerto, anda bisa melewati jalur Pasar Karanglewas. Bisa juga, jika dari Ketenger, mengikuti jalan menuju Bukit Tranggulasih.

Photo by @mzr_azizi

Jam Buka & Tiket Masuk

Curug Gomblang buka setiap hari menjadi dari pukul 08.00 – 17.00 WIB. Sedangkan harga tiket masuk lokasi wisata ini pun juga cukup murah, yaitu hanya sebesar Rp 5.000 per orang.

  • Tiket parkir motor Rp. 2.000
  • Tiket parkir mobil Rp. 5.000

Fasilitas

Photo by @amend_raditya

Fasilitas di curug ini bisa diblang sudah sangat memadai. seperti :

  • Toilet
  • Kantin
  • Gazebo
  • Area Parkir

Demikian review Curug Gomblang Banyumas, Jawa Tengah. Selalu patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan ya. Selamat nikmati akhir pekan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :