Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Sejuk Dan Cantiknya Panorama Kebun Teh Cipasung Majalengka Jawa Barat

/
/
/
386 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Jawa Barat tidak hanya terkenal dengan dinginnya Lembang di Bandung dan menawannya Puncak di Bogor. Ada salah satu area wisata di area Majalengka, yakni Kebun Teh Cipasung atau terkenal juga dengan Perkebunan Teh Culamega. Tempat wisata ini berada di Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih.

Kebun Teh Cipasung
Photo by @risma_sumyati

Sekilas Tentang Kebun Teh Cipasung

Kebun teh ini berada di lereng kaki Gunung Cakrabuana dan berjarak sekitar 58 sampai 59 km berasal dari pusat kota Majalengka. Anda memerlukan waktu kurang lebih 1,5 – 2 jam untuk mencapai Kebun Teh Cipasung ini dari pusat Kota Majalengka. Perjalanan dari Tasikmalaya memakan waktu kurang lebih 1,5 jam bersama jarak 48 km. Tetapi perjalanan dari Bandung sanggup anda tempuh hanya lebih kurang 45 menit bersama jarak 18 km berasal dari Simpang Pamoyan.

Kebun Teh Cipasung
Photo by @jhafar_jheff

Kebun Teh Cipasung ini yang berada di lahan lebih kurang 59 ha ini terkelola dengan baik oleh salah satu koperasi yang ada di Cipasung. Koperasi tersebut adalah Koperasi Buana Mukti. Selain kebun teh, di tempat ini juga berdiri pabrik pengolahan daun teh yang sudah petik. Hal ini berfungsi supaya ketika musim panen sudah tiba, maka daun teh yang baru panen mampu segera masuk proses.

Kebun Teh Cipasung
Photo by @isrn1421

Tak heran, jika tempat wisata ini jadi salah satu ladang rejeki bagi masyarakat sekitar dan kelanjutannya jadi tempat wisata yang patut dikunjungi.

Daya Tarik Wisata Alam Kebun Teh Cipasung

Sejuknya udara pegunungan yang bebas polusi dan indahnya panorama alam akan menyambut anda setibanya di tempat ini. Serta kondisi yang tenang jadi jaminan yang sanggup Anda dan sekeluarga rasakan setelah meniti kegiatan di tengah hiruk-pikuk dan polusi yang jadi meningkat di perkotaan.

Kebun Teh Cipasung
Photo by @was.hsnh_

Terkadang, Anda akan menyaksikan kabut yang menutupi lebih dari satu lahan yang lebih tinggi. Anda terhitung bisa berjalan-jalan di tengah luasnya hamparan tanaman teh yang hijau. Jika Anda beruntung, Anda mampu menemukan para pemetik daun teh.

Photo by @lulurhmn_

Anda juga dapat berinteraksi untuk mempelajari tehnik memetik daun teh yang baik dan benar berasal dari mereka. Suasana kehidupan penduduk sekitar sini yang ramah dan lebih-lebih lingkungannya yang tetap asri, tidak akan membuat anda menyesal sehabis menempuh perjalanan jauh.

Photo by @java_boy08

Pada hari libur, Kebun Teh Cipasung ini dapat menarik wisatawan sekitar 50 sampai 100 orang per hari. Wisatawan lokal yang mendatangi Kebun Teh Cipasung ini banyak berasal berasal dari kota-kota atau daerah-daerah di kurang lebih Majalengka.

Photo by @ly.liyanaa

Saat akhir minggu, wisatawan yang mampir banyak berasal dari luar Majalengka, seperti Indramayu, Sumedang, Tasikmalaya, Ciamis, dan lainnya. Lebih-lebih ada pula wisatawan yang berasal dari Bandung, Bogor, Depok, dan Jakarta. Jika libur panjang tiba, wisatawan yang datang ke tempat wisata ini bisa terdiri atas rombongan kecil dan besar, layaknya rombongan komunitas sepeda dari Kota Cirebon.

Tiket Masuk Wisata

Biaya tiket masuk yang harus anda keluarkan untuk menikmati hamparan kebun teh yang luas ini, cuma Rp 10 ribu per orang. Tidak mahal sama sekali bukan? Selain wisatawan lokal, Kebun Teh ini juga telah menarik perhatian wisatawan asing.

Photo by @anggiiggna

Pihak pengelola sediakan layanan umum, seperti daerah outbond, tempat parkir, mushola, toilet, dan penginapan. Pihak pengelola mengenakan tarif parkir sebesar Rp 5 ribu untuk kendaraan bermotor. Jika Anda tidak inginkan repot membawa bekal, Anda bisa mampir ke warung-warung yang menjual aneka makanan dan minuman ringan.

Photo by @rosliana148

Jika Anda merupakan pengunjung yang berasal dari luar Majalengka dan belum pernah mengunjungi Kebun Teh Cipasung sebelumnya, Anda tidak mesti bingung dan khawatir untuk cemas tersesat. Anda bisa memakai kendaraan pribadi dan menggunakan aplikasi maps pada ponsel pintar Anda. Tentu akan lebih terbantu untuk sampai di Kebun Teh Cipasung di Lemahsugih, Majalengka, Jawa Barat.

Photo by @shidqideco_

Sayangnya, jika Anda memastikan idamkan gunakan transportasi umum, tidak tersedia angkutan lazim yang langsung menuju ke area tersebut. Akan tetapi, perihal itu tidak jadi masalah. Anda dapat gunakan bis atau angkutan umum yang bakal mengantarkan Anda menuju terminal kota atau desa yang dekat dengan Kebun Teh Cipasung.

Akses Menuju Lokasi

Selanjutnya, Anda dapat pakai ojek untuk menuju ke Kebun Teh Cipasung. Banyak papan saran jalur yang sudah terpasang di persimpangan desa-desa. Selain itu, Anda termasuk dapat menanyakan kepada masyarakat kurang lebih berkenaan wilayah tersebut.

Photo by @permanaafiz14_

Kondisi jalur menuju ke Kebun Teh Cipasung udah makin lama membaik kendati tetap tersedia sedikit kerusakan terhadap lebih dari satu bagian jalur dan terjal. Maka dari itu, kita sarankan supaya Anda memeriksa suasana kendaraan sebelum saat berangkat dan pastikan terkecuali kendaraan Anda dalam suasana yang laik jalan.

Photo by @iyanhendriana

Kami tidak menganjurkan kepada Anda untuk memanfaatkan kendaraan privat roda empat berukuran kecil, seperti sedan ke Kebun Teh Cipasung sebab kendaraan berikut tidak cocok dengan suasana jalan. Kami sangat merekomendasikan agar Anda berpergian memakai kendaraan roda dua. Selain situasi kendaraan, Anda kudu menegaskan lebih-lebih dahulu fisik dan stamina Anda di dalam kondisi yang baik.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :