Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

9 Curug Di Garut Yang Membuat Mata Terpukau Dengan Keindahan Bagaikan Surga

/
/
/
1629 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 1 Average: 5]

Curug di Garut – Apa saja curug di Garut yang sangat indah? Berikut penjelasannya. Indonesia merupakan salah satu negara terindah di dunia yang punya banyak gugusan pulau dengan jumlah 17 ribu. Setiap pulau memiliki keanekaragaman budaya dan pemandangan alam yang berbeda-beda. Berbicara tentang kekayaan alam negara ini tentu saja tidak akan ada habisnya. UNESCO bahkan menetapkan 8 situs warisan dunia di negeri ini. Hal ini tentu saja akan meningkatkan potensi pariwisata di Indonesia. Namun ternyata masih banyak masyarakat yang tidak melek dengan keindahan negaranya sendiri dan lebih memilih berlibur ke luar negeri.

Pemandangan pegunungan dan laut adalah hal yang akan didapatkan ketika berlibur di Indonesia. Selain itu adalagi wisata air terjun yang sangat populer di masyarakat. Salah satu provinsi yang memiliki wisata air terjun adalah provinsi jawa barat tepatnya di Garut. Siapa yang tidak tau dengan Garut? Yaitu sebuah kabupaten yang punya pesona alam berlimpah ruah dengan keindahannya. Di Garut ada banyak sekali air terjun atau istilah lainnya curug. Banyak orang yang berwisata ke air terjun karena ingin merasakan air dan udara yang segar. Hal tersebut tentu saja tidak akan didapatkan di perkotaan. Inilah 9 air terjun di Garut yang wajib dikunjungi.

1. Curug Nyogong – Curug di Garut

Garut itu merupakan sebuah kabupaten yang memiliki banyak dataran tinggi. Karena banyak dataran tinggi membuat Garut dipenuhi dengan air terjun atau curug. Salah satu curug yang menjadi obyek wisata di Garut adalah curug nyogong. Curug ini memiliki aliran air yang cukup deras dengan suasana alam yang masih sangat asri. Selain itu tinggi dari air terjun ini terbilang rendah. Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi air terjun ini harus  berhati-hati karena jalan menuju curug nyogong sedikit sulit dengan menembus hutan.

Curug di Garut
by @capung.senja

Jam Buka : 09.00 – 17.00
Harga Tiket Masuk :
Rp 5.000,-
Lokasi/Alamat :
Kp. Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut, Jawa Barat

2. Curug Mala – Curug di Garut

Menghabiskan waktu di alam adalah cara efektif untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari. Cobalah untuk sesekali berlibur ke air terjun di Garut. Kabupaten tersebut menyimpan surga dunia yang sangat menakjubkan. Salah satu air terjun di Garut adalah Curug Mala. Curug ini merupakan salah satu curug musiman dimana kehadirannya akan bertambah saat musim hujan saja. 

Walaupun begitu, keindahan dari curug ini tidak dapat diragukan. Apalagi airnya yang begitu segar.

Curug di Garut
by @osheaanggara_

Jam buka : 24 Jam
Harga tiket masuk :
Rp 7.000,-
Lokasi/Alamat :
Kecamatan Cisewu, Desa Girimukti, Kabupaten Garut, Jawa Barat

3. Curug Ciharus

Air terjun di Garut yang akan dibahas selanjutnya adalah Curug Ciharus. Air terjun dengan ketinggian seratur  meter ini memiliki debit air yang terbilang kecil. Mata air dari Curug Ciharus berasal dari Gunung Gede yang berdekatan dengan Gunung Guntur. Hal tersebut membuat Curug ini punya air yang sangat segar dan jernih.

Curug di Garut
by @feriiangriawan

Para wisatawan yang berkunjung ke wisata air ini harus menuruti peraturan yang dibuat masyarakat setempat. Salah satunya adalah larangan membawa sabun, rokok, detergen, atau sampah plastik. Peraturan ini dibuat untuk menjaga kelestarian alam di Garut.

Jam buka : 08.00 – 18.00
Harga tiket masuk :
Rp 5.000,-
Lokasi/Alamat :
Dano, Kec. Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat

4. Curug Sanghyang Taraje

Tempat wisata yang ada di  Indonesia tidak bisa terlepas dari mitos-mitos dan legenda rakyat.  Curug Sanghyang Taraje merupakan salah satu tempat wisata tersebut. Menurut legenda yang beredar, air terjun yang eksotis  ini merupakan tempat Sangkuriang mengambil bintang untuk Dayang Sumbi. Sanghyang adalah sebutan untuk kehormatan dewa.

Curug di Garut
by @chanderaaa

Sedangkan Taraje artinya adalah tangga yang dipakai dewa sampai ke kayangan. Curug ini menjadi air terjun favorit di Garut karena tempatnya yang sangat instagram-able dan cocok untuk pemotretan.

Jam buka : 08.00 – 17.00
Harga tiket masuk :
Rp 6.000,-
Lokasi/Alamat :
Kp. Kombongan, Pakenjeng, Pamulihan, Kabupaten Garut, Jawa Barat

5. Curug Orok – Curug di Garut

Dari sekian banyak air terjun di Garut, maka inilah salah satu Curug yang mudah diakses oleh para wisatawan. Curug Orok berada di Garsel yaitu Garut bagian selatant. Konon katanya pada tahun 1986 ada seorang wanita yang membuang bayinya di puncak air terjun ini.

Curug di Garut
by @dre.andry

Maka dari itu tempat wisata yang sudah dibuka sejak tahun 1996 ini dinamakan Orok yang artinya bayi dalam bahasa Sunda. Bagi wisatawan yang ingin merasakan kedamaian dan ketenangan maka sangat cocok untuk berkunjung ke Curug Orok. Airnya yang begitu segar karena dari pegunungan langsung membuat Curug Orok populer di Garut.

Jam buka : 08.00 – 20.00
Harga tiket masuk :
Rp 15.000,-
Lokasi/Alamat :
Cikandang, Cikajang, Cikandang, Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat

6. Curug Jagapati

Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri dari Curug yang lain. Curug Jaga Pati terdiri dari tiga tingkatan air terjun yang terbilang cukul tinggi. Tempat ini areanya sangat luas jadi cocok untuk bertamasya bersama keluarga. Jangan lupa membawa makanan dan minuman sebelum mengunjungi air terjun ini karena fasilitasnya belum cukup memadai.

Curug di Garut
by @laurentiusedo

Walaupun begitu, keindahan lingkungan yang menyatu dengan Alam ini tidak perlu diragukan. Dilarang pergi ke Curug Jaga Pati saat hari selasa & hari Jumat. Sebab menurut kepercayaan warga sekitar bagi siapapun yang mengunjungi curug ini pada hari tersebut maka akan mendapatkan musibah.

Jam buka : 07.00 – 18.00
Harga tiket masuk :
Gratis
Lokasi/Alamat :
Neglasari, Cisompet, Kabupaten Garut, Jawa Barat

7. Curug Cibadak

Kini semua orang tau bahwa Garut punya banyak air terjun yang mempesona dan membuat orang serasa berada di surga, tentu saja surga duniawi. Curug Cibadak merupakan air terjun yang masih sangat sangat alami dan jarang terjamah oleh masyarakat.

Curug di Garut
by @waragan_rahman

Jika diberi istilah maka curug ini masih terbilang perawan. Lokasinya yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan membuat banyak orang ingin mengunjungi tempat ini untuk menenangkan pikiran. Akses jalan menuju Curug Cibadak cukup sulit karena pengunjung harus melewati jalan yang terjal dan licin.

Jam buka : 08.00 – 18.00
Harga tiket masuk :
Rp 10.000,-
Lokasi/Alamat :
Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Desa Cisangkal – Provinsi Jawa Barat

8. Curug Cisarua

Tempat yang dijuluki sebagai surga tersembunyi ini berada di Garut. Pesona alam Garut seakan tidak ada habis-habisnya termasuk Curug Cisarua. Air terjun dengan ketinggian 30 meter dan debit air yang cukup besar ini banyak dipilih orang sebagai destinasi wisata. Curug Cisarua diresmikan sebagai tempat wisata pada tahun 2016 oleh pemerintah setempat. Curug ini lokasinya berada di kaki gunung Cikuray tepat di bawahnya. Dibawah curug terdapat bongkahan batu-batu besar yang menambah keindahan dari air terjun tersebut.

Curug di Garut
by @chanderaaa

Jam buka : 24 Jam
Harga tiket masuk :
Rp10.000,-
Lokasi/Alamat :
Pangrumasan, Peundeuy, Pangrumasan, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat

9. Curug Rahong

Air terjun di Garut ini memiliki ketinggian 10 meter yang terbilang cukup rendah. Curug Rahong ini sangat unik karena di tengahnya terdapat bongkahan batu yang menonjol sehingga air terpisah sebentar lalu menyatu kembali dibawah. Terdapat kolam dibawah Curug Rahong yang sering digunakan masyarakat untuk berendam dan mencuci pakaian.

Curug di Garut
by @ridzalfadli

Bagi para wisatawan yang ingin berenang di Curug Rahong harap berhati-hati karena ada beberapa lokasi yang terbilang tidak aman. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan objek pemotretan karena struktur air terjunnya yang unik.

Jam buka : 24 jam
Harga tiket masuk :
Free (Gratis)
Lokasi / Alamat :
Rengasjajar, Kec. Cigudeg, Bogor, Jawa Barat

Tidak aneh jika Kabupaten Garut dijuluki sebagai swiss van java karena memang sesuai dengan faktanya. Ada banyak sekali surga tersembunyi di Garut yang belum terekspos ke publik. Pesona alam di Garut masih sangat asri dan alami, oleh sebab itu masyarakat dan wisatawan harus kompak dalam melestarikan kekayaan alam yang ada di Garut. Jangan sampai kembaran Swiss ini tercemar limbah atau sampah yang merusak ekosistem disana. Itulah beberapa Air terjun di Garut yang sangat indah dan mempesona.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :