Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Tips dan Panduan Lengkap Berwisata ke Air Terjun Madakaripura

/
/
/
42 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Sekilas Info Tentang Destinasi Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura atau juga biasa orang menyebutnya merupakan destinasi wisata alam yang cukup terkenal di wilayah Malang, Lumajang dan Probolinggo. Banyak juga wisatawan dari berbagai Indonesia yang menjadikan Air Terjun Madakaripura sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Jawa Timur. Hal tersebut tak lepas dari pesona yang dimiliki oleh kawasan wisata ini. Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 200 meter, menjadikan Air Terjun ini sebagai air terjun tertinggi di pulau Jawa, bahkan merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah air terjun Ponot yang berada di Sumatra Utara. Air Terjun Madakaripura Probolinggo ini berada diketinggian sekitar 1.000 mdpl. Air Terjun Madakaripura Probolinggo Jawa Timur ini masih dalam satu kawasan TN Bromo Tengger Semeru, yang tepatnya berada di lereng Gunung Bromo.

@joeadimara_

Nama “Madakaripura” sendiri diambil dari beberapa kata. “Mada” yang berarti nama gajah, atau Patih Gajah Mada, kemudian “Kari” yang berarti peninggalan dan “Pura” yang bermakna sembahyang atau semedi. Jadi “Madakaripura” memiliki makna Patih Gajah Mada yang meninggal ketika sembahyang atau semedi. Menurut cerita warga sekitar, Patih Gajah Mada menghabisnya sisa hidupnya untuk bersemedi di air terjun ini, hingga Patih Gajah Mada meninggal dunia.

@nicolasjehly

Paket Wisata Bromo Terbaik

Rute & Cara Menuju ke Lokasi Wisata

Secara administrative, lokasi air terjun Madakaripura ini berada di Dusun Branggah, Desa Negororejo, Kec. Lumbang, Kab, Probolinggo. Dan untuk mencapai lokasi wisata ini kalian bisa menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi.

@kamaloji

Jika kalian menggunakan kendaraan umum untuk menuju kawasan wisata air terjun, kalian harus memulai perjalanan dari terminal Probolinggo. Dari terminal ini, kalian harus menaiki angkutan umum menuju Desa Lumbung. Setelah sampai di Desa Lumbung, kalian harus berganti angkutan umum dengan tujuan bromo, tapi kalian juga bisa minta supir untuk menurunkan kalian di pintu masuk air terjun.

Apabila kalian menggunakan kendaraan pribadi, kalian bisa menuju air terjun ini dengan rute Probolinggo – Bromo via Tongas. Disini kalian akan menemui pertigaan Sukapura, lalu belok kanan menuju Lumbung. Setelah sampai di Lumbung, kalian harus mengarahkan kendaraan kalian menuju pasar Lumbung, kemudian belok kanan. Dari pintu masuk, kalian masih harus berjalan selama 20 menit untuk mencapai titik air terjun. Medan yang akan ditempuh pun cukup menantang, apalagi jika musim penghujan. Karena disini akan sering terjadi banjir jika musim penghujan tiba.

Spot Foto Terbaik di Air Terjun Madakaripura

@philphill

Spot foto yang menjadi favorit para pengunjung adalah foto dengan latar belakang air terjun yang sangat megah. Apalagi jika kalian mengambil sudut dari atas, maka foto yang kalian hasilkan akan sangat memukau. Ditambah lagi dengan cuaca yang cerah. Dijamin foto hasil bidikan kamera kalian akan sangat indah.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Air Terjun Madakaripura

@bagoezduwi

Untuk harga masuk air terjun ini cukup murah meriah, yaitu sekitar Rp 15.000. Dan untuk biaya parkir hanya Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor. Dan untuk jam operasional air terjun ini mulai dari pukul 8 pagi hingga 4 sore.

Paket wisata yang murah dan banyak pilihan program wisatanya -> Paket Wisata Belitung

Fasilitas yang ada di Air Terjun Madakaripura

@muhammadsidik99

Para pengelola Air Terjun ini sangat memperhatikan kenyamanan pengunjung, jadi fasilitas yang terdapat disini juga cukup lengkap. Fasilitas yang ada disana antara lain, warung yang menjual makanan lengkap dengan minumannya, toilet dan kamar mandi yang cukup bersih, lahan parkir yang luas, masjid dan jasa persewaan payung.

Tips Sebelum Berkunjung ke Air Terjun Madakaripura

@ommy_mymo

Banyak hal yang harus kalian perhatikan jika ingin berkunjung ke Air terjun coban sewu ini, antara lain:

  • Bawalah jas hujan ataupun payung, meskipun disana terdapat jasa persewaan payung, namun akan lebih nyaman jika kalian membawa sendiri. Jika ingin lebih praktis, kalian bisa membawa jas hujan yang berbahan plastic dan memiliki banyak warna, dan untuk payung, kalian bisa menggunakan payung lipat.
  • Bawa baju ganti dan alat mandi
  • Jangan datang saat musim hujan!
  • Pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman.
  • Terakhir, biasanya para pengunjung yang tidak ingin repot memikirkan transportasi dan lain sebagainya. Mereka akan memilih menggunakan jasa Tour & Traver. Kami merekomendasikan Paket Wisata Malang untuk kalian yang ingin liburan anti ribet.

Jadi, bagi kalian semua yang saat ini sedang mencari destinasi wisata untuk dikunjungi, mengunjungi Air Terjun Madakaripura mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :