Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Wisata Alam Jogja yang Bisa Jadi Spot Healing Hilangkan Penat!

/
/
/
196 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Wisata Alam Jogja – Menjadi satu di antara arah rekreasi favorite untuk liburan, Yogyakarta tawarkan bermacam tujuan rekreasi memikat buat kamu kunjungi. Satu di antaranya ialah rekreasi alam yang dapat menolong melepaskan capek dan depresi karena beban kerja sampai hingar-bingar kota. Tinggal tentukan saja, di mulai dari rekreasi hutan seperti Hutan Pinus Mangunan sampai kesejukan air Blue Lagoon. Yok, baca selanjutnya tujuh rekreasi alam Yogyakarta berikut!

Hutan Pinus Mangunan

HTM: Rp5.000
Jam Membuka: 06.00-19.00
Alamat: Sukorame, Dusun Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta

Wisata Alam Jogja

Hutan Pinus Mangunan sebuah teritori ekowisata sekalian hutan lindung di Yogyakarta yang baru dibuka pada 2014 lalu. Sesuai namanya, hutan ini menyajikan keelokan barisan pinus mempersejuk yang pas jadi latar photo buat kamu upload di Instagram.

Oleh karena itu, faksi pengurus juga lengkapi teritori Hutan Pinus Mangunan dengan beragam spot menarik, misalnya:

  • Rumah pohon
  • Taman bunga
  • Hammock
  • Gardu pandang dengan bermacam wujud
  • Anjungan perahu
  • Taman rumput sintetis
  • Rumah hobbit
  • Pentas teater alam yang bisa juga dipakai untuk acara sekolah alam
  • Tempat outbound
Wisata Alam Jogja

Hutan Pinus Pengger – Wisata Alam Jogja

HTM: Rp 5.000
Jam Membuka: 08.00-21.00
Alamat: Jl. Dlingo-Patuk, Sendangsari, Dusun Terong, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta

Selainnya Hutan Pinus Mangunan, Yogyakarta mempunyai rekreasi hutan pinus yang lain yang tidak kalah hits, yakni Hutan Pinus Pengger. Selainnya menyajikan kesejukan dan keelokan alam yang asri, hutan pinus ini sediakan beragam spot photo Instagrammable yang pas untuk kamu pencinta rekreasi alam kekinian.

Wisata Alam Jogja

Beberapa spot yang dapat kamu cicipi mencakup:

  • Rumah pohon
  • Latar perkotaan dengan kedap-kedip lampunya pada malam hari
  • Tangan raksasa
  • Jempol
  • Sarang burung dengan lubang di sisi tengah
  • Jembatan di antara dua pohon
Wisata Alam Jogja

Tidak itu saja, hutan Pinus Pengger sediakan sarana hammock, tempat perkemahan, lajur trackking, flying sepeda hutan, dan fox. Karena membuka sampai malam hari, hutan Pinus Pengger sering disanggupi pengunjung khususnya mendekati sore untuk nikmati sunset.

Goa Pindul

HTM: Rp40.000,untuk dewasa dan Rp20.000 untuk anak-anak
Jam Membuka: 07.00-19.00
Alamat: Jalan Goa Pindul Ajang 2, RT.3/RW.16, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul, Wilayah Spesial Yogyakarta

Bila kamu tidak begitu menyenangi rekreasi Hutan Pinus Mangunan dan Pengger, Goa Pindul menjadi opsi rekreasi alam yang lain buat kamu kunjungi. Goa Pindul tawarkan rekreasi luar ruang berbentuk cave tubing, yakni aktivitas telusuri saluran sungai dalam gua dengan memakai sebuah ban pelampung.

Dengan ban itu, pengunjung akan dibawa telusuri saluran sungai gua sejauh 350 mtr. sepanjang sekitaran satu jam. Sejauh telusuri sungai, kamu dapat nikmati keelokan ciri khas gua, seperti batu kristal, moonmilk, stalagmit, dan stalaktit.

Wisata Alam Jogja

Di ujung perjalanan, sebuah kolam dengan lubang besar di atasnya akan menyongsong kamu. Kemunculannya akan terlihat magic saat cahaya matahari masuk ruang gua itu, khususnya di jam-jam 09.00-10.00. Pada tempat ini, kamu dapat berenang atau terjun bebas dari batu tinggi yang berada di dalam gua.

Sebagai info, selainnya bayar ticket masuk, kamu perlu mempersiapkan ongkos retribusi sejumlah Rp10.000. Ticket masuk umumnya telah meliputi minuman selamat tiba, pemandu rekreasi, jaket pelampung, ban, sepatu karet dan transportasi penjemputan dari Bendungan Banyumoto (pintu keluar Goa Pindul).

Wisata Alam Jogja

Pantai Ngamblor – Wisata Alam Jogja

HTM: Rp 5.000-10.000
Jam Membuka: 24 jam
Alamat: Desa Purwodadi, Dusun Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Wilayah Spesial Yogyakarta.

Wisata Alam Jogja – Tidak cuma Goa Pindul, Pantai Ngamblor dapat menjadi alternative rekreasi alam untuk kamu yang kurang sukai rekreasi modern seperti Hutan Pinus Mangunan. Ada di teritori Pantai Selatan, Pantai Ngamblor rupanya bersebelahan langsung dengan Samudra Hindia hingga ombaknya juga cukup besar.

Wisata Alam Jogja

Walau demikian, Pantai Ngamblor mempunyai 2 buah gunung karang besar yang bisa merusak ombak hingga ombak tepi pantai juga semakin tenang dan tidak demikian besar. Karenanya, teritori ini dapat kamu pakai untuk snorkeling dan berenang. Tetapi, kamu pasti perlu keluarkan dana tambahan untuk aktivitas itu, yakni sekitaran Rp 50.000-70.000.

Selainnya kegiatan air, kamu dapat nikmati keelokan alam sekitaran sekalian telusuri pantai atau menanti hadirnya matahari tenggelam dengan sinar keemasannya. Tidak itu saja, kamu bisa juga trackking ke atas tebing dan nikmati panorama dari atas. Pada tempat ini ada jembatan kayu yang dapat kamu pakai untuk menyeberang ke tebing.

Pantai Goa Cemara

HTM: Rp 5.000
Jam Membuka: 24 jam
Alamat: Jl. Lintasi Selatan, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kabupaten Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta

Wisata Alam Jogja

Berpindah ke Bantul, kamu akan menemui pantai yang tidak kalah eksotik dan menjadi alternative rekreasi alam untuk Hutan Pinus Mangunan. Sesuai namanya, pantai ini banyak dengan pohon cemara yang teratur rapi sampai membuat atap seperti gua.

Menurut pembicaraan masyarakat di tempat, ada 6.000 lebih pohon cemara yang tertancap di tempat selebar 20 hektar di tepi pantai. Perannya sebagai pemecah angin atau wind barrier untuk menahan abrasi dan untuk mitigasi tsunami.

Selainnya berguna untuk pantai, pohon cemara itu jadi daya magnet sendiri untuk pengunjung. Jejeran pohonnya yang teratur rapi sering jadi spot favorite untuk berfoto. Disamping itu, kamu akan menemui sebuah mercusuar dengan tinggi 40 mtr. yang dapat dinaiki untuk nikmati keelokan pantai dari ketinggian.

Air Terjun Kedung Pedut

HTM: Rp11.000 plus retribusi Rp2.000
Jam Membuka: 08.00-16.00
Alamat: Jl. Kutogiri Gunung Warna, Desa Kembang, Dusun Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Wilayah Spesial Yogyakarta

Wisata Alam Jogja

Bila rekreasi Hutan Pinus Mangunan dan pantai bukan favoritmu, kamu dapat coba kesegaran rekreasi alam Air Terjun Kedung Pedut. Dalam Bahasa Jawa, kedung mempunyai makna kolam sedang pedut memiliki arti kabut. Penamaan itu terkait dengan derasnya air yang jatuh ke kolam sampai membuat berkabut.

Air terjun Kedung Pedut ini bertingkat dan saluran airnya membuat beberapa kolam alami di bawahnya dengan kedalaman berlainan di antara 2-5 meter. Masyarakat di tempat menyebutkan kolam itu sebagai waterpark alami. Kolam yang umum didatangi dan sudah teratur ada di lokasi paling bawah.

Derasnya air yang mengucur dan kubangan kolam di bawahnya memberi kekhasan tertentu pada Kedung Pedut. Masalahnya air itu terlihat mempunyai dua warna, yakni putih biru toska dan jernih. Putih jernih datang dari saluran air terjun yang deras sementara biru toska tercipta dari refleksi cahaya matahari pada bebatuan di dasar sungai. Selainnya panorama airnya yang unik, Kedung Pedut sudah diperlengkapi dengan sarana spot photo, jembatan bambu, hammock sampai flying fox.

Blue Lagoon – Wisata Alam Jogja

HTM: Rp10.000 (telah terhitung minuman)
Jam Membuka: 08.00-17.00
Alamat: Dusun Dalam, Widodomartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Wilayah Spesial Yogyakarta

Wisata Alam Jogja

Blue Lagoon sebuah pemandian alami yang airnya datang dari sumber mata air bawah tanah. Mata air di teritori itu terhitung ada 3 buah yang dapat kamu buktikanlah sendiri saat menyaksikan ke bawah airnya. Dalam sana, terlihat gelembung udara sebagai pertanda ada saluran air dari bawah tanah.

Saat bertandang ke Blue Lagoon Yogyakarta ini, beraktivitas air tentu saja jadi hal wajib. Kamu dapat berenang dan melonjak dari spot yang telah disiapkan pengurus. Walau aman untuk berenang, anak-anak seharusnya bermain di kolam kecil yang ada di dekat kolam utama. Untuk kamu yang tidak begitu pintar berenang, tidak boleh cemas. Faksi pengurus sewakan pelampung dan perlengkapan renang lainnya.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :