Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

12 Kuliner di Sukabumi dengan Bentuk yang Unik dan Berwarna-Warni, Wajib difoto Sebelum dimakan

/
/
/
93 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Kuliner Sukabumi – Berwisata ke Sukabumi tentu kurang lengkap rasanya bila tidak mencicipi kuliner-kulinernya berbentuk unik. Kuliner khas Sukabumi ada banyak macamnya dan tidak ada salahnya untuk mencoba semuanya karena rasanya yang enak. Berikut adalah daftar kuliner di Sukabumi yang bisa dicoba selama berwisata di kota yang beriklim sejuk ini.

1. Sea 97 Food Kedai Surabi Duren

Berada di wilayah Jawa Barat yang sangat kental dengan suasana Sunda, kota Sukabumi juga dikenal memiliki kue Surabi yang khas. Meski sama-sama kue Surabi yang khas di wilayah Sunda, kuliner di Sukabumi yang ini berbeda. Kue Surabi khas Sukabumi menggunakan durian sebagai bahan pembuatannya. Sehingga rasa dan wangi durian sangat menggoda selera.

Jam Buka: 16.30-23.00 WIB
Harga Makanan: Mulai Rp 10.000,-
Lokasi/Alamat: Sea 97 Food Kedai Surabi Duren, Jalan Jenderal Sudirman no. 73, Gunungparang, Cikole, Sukabumi.

2. Mochi Kaswari Lampion

Berbicara tentang kuliner yang ada di Sukabumi tentu tidak bisa dilepaskan dari kue Mochi. Kue Mochi memang sudah dikenal sebagai kuliner khas di kota Sukabumi. Banyak sekali wisatawan yang berburu kue Mochi saat berkunjung ke Sukabumi. Tidak sedikit pula yang menjadikan salah satu kuliner di Sukabumi ini sebagai buah tangan

Jam Buka: 07.00-21.00 WIB
Harga Makanan: Rp 50.000,- untuk satu pak kue Mochi berisi 5 kotak.
Lokasi/Alamat: Gang Kaswari Nomor 19, Selabatu, Cikole, Sukabumi

3.Bubur Ayam Bunut Siliwangi

Bubur ayam mungkin sudah menjadi kuliner yang dikenal di seluruh Indonesia. Namun, di salah satu sudut kota Sukabumi, terdapat penjual bubur ayam yang melegenda: Bubur Ayam Bunut namanya. Bubur ayam Bunut ini menggunakan suwiran daging ayam yang gurih dengan tambahan kacang kedelai, bawang goreng, dan cakue. Menyantap bubur ayam Bunut paling enak saat pagi dan dalam kondisi hangat.

Jam Buka: 07.00-21.00 WIB
Harga Makanan: Mulai 25.000,-
Lokasi/Alamat: Jalan Siliwangi No.931, Cikole, Kota Sukabumi.

4.Mamih Ungu

Kuliner khas Sukabumi ini benar-benar tidak bisa ditemukan di tempat lain: Nasi Uduk Ungu, salah satu kuliner di Sukabumi yang tidak ada duanya. Warna ungunya yang menarik perhatian ini berasal dari ubi. Tidak hanya warnanya yang menarik tetapi nasi uduk ungu ini juga rasanya sangat nikmat. Apalagi bila ditambah dengan lauk seperti ayam, tahu, atau tempe.

Jam Buka: 10.00-22.00 WIB
Harga Makanan: Mulai Rp 25.000,-
Lokasi/Alamat: Mamih Ungu Resto, Jalan Brawijaya No.16, Sriwidari, Kec. Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

5.Roti Priangan d/h Oey Tjiang Lie

Roti Priangan d/h Oey Tjiang Lie adalah salah satu kuliner khas Sukabumi yang sudah sangat melegenda. Kuliner di Sukabumi ini sudah mulai diproduksi dan dijual sejak tahun 1943 dan hingga kini masih dijual menggunakan gerobak yang menjadi ciri khasnya. Roti Priangan ini menggunakan bahan alami tanpa bahan pengawet sehingga tidak bisa bertahan lama.

Jam Buka: 09.00-17.00 WIB (Kecuali hari Jumat, tutup pukul 12.00-13.00 WIB)
Harga Makanan: Mulai Rp 6.000,-
Lokasi/Alamat: Jl. Parigi, Nyomplong, Kec. Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

6.Bandros Ata

Meski menggunakan nama Atta, kuliner asal Sukabumi yang satu ini tidak ada kaitannya dengan salah satu YouTuber kondang asal Indonesia itu. Mbah Atta menciptakan kue Bandros yang melegenda dan terus mempertahankan resepnya sejak tahun 1950. Kuliner di Sukabumi ini selalu ramai dikunjungi karena memiliki berbagai varian rasa yang enak.

Jam Buka: 21.30-06.00 WIB
Harga Makanan: Mulai Rp 8.000,-
Lokasi/Alamat: Jl. Gudang, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

7.Mie Goreng Mang Udin – Kuliner Sukabumi

Satu lagi kuliner di Sukabumi yang sudah ada sejak lama, tepatnya sejak tahun 1978, yakni mie goreng Mang Udin. Mang Udin sudah mulai berjualan sejak tahun 1978 dan masih bertahan hingga sekarang. Menu andalannya, Mie Goreng, menjadi favorit pecinta kuliner yang datang ke tempatnya. Porsinya banyak dengan rasa yang cenderung manis berkat pengunaan kecap lokal asal Sukabumi.

kuliner sukabumi
kuliner sukabumi

Jam Buka: 17.30-22.00 WIB
Harga Makanan: Mulai dari Rp 35.000,-
Lokasi/Alamat: Jalan A. Yani No.212/232, Kebonjati, Kota Sukabumi.

8.Sekoteng Singapore – Kuliner Sukabumi

Berada di kaki gunung membuat kota Sukabumi memiliki udara yang sejuk, terutama saat malam tiba. Namun, tenang saja, karena kota Sukabumi memiliki Sekoteng Singapore yang akan menghangatkan badan pada waktu malam. Satu mangkuk sekoteng berisikan kacang hijau, kolang-kaling, ditambah dengan kue jahe coklat yang khas akan membuat tubuh langsung hangat dan mencegah masuk angin.

kuliner sukabumi
By @lilykitc88
kuliner sukabumi
By @carolin.halilian

Jam Buka: 16.00–01.00 WIB
Harga Makanan: Rp 13.000,-
Lokasi/Alamat: Jl. A. Yani No.293, Kebonjati, Kec. Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

9.Animo 1 Kue Sari Jahe – Kuliner Sukabumi

Pengembangan kuliner di Sukabumi memang kebanyakan untuk makanan atau minuman yang menghangatkan badan. Kue Jahe Animo salah satunya. Kue Jahe khas Sukabumi ini sudah melegenda dan banyak dijadikan sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang datang ke Sukabumi. Rasanya campuran gurih dan manis yang bisa bercampur dengan sempurna serta akan memberikan sensasi hangat di badan dengan resep otentik asli dari Belanda.

kuliner sukabumi
kuliner sukabumi

Jam Buka: 07.00-21.00 WIB
Harga Makanan: 16.000,- per bungkus
Lokasi/Alamat: Jalan Siliwangi, Gang Mansur Nomor 7, Kebonjati, Cikole, Kota Sukabumi.

10.Sagon Bakar Ciaul – Kuliner Sukabumi

Sagon adalah sebuah kue yang menggunakan bahan utama berupa kelapa dan aci. Di Sukabumi, Sagon menjadi salah satu kuliner khasnya. Lebih uniknya lagi, Sagon yang ada di Sukabumi disajikan dalam bentuk sagon bakar. Sagon Bakar Ciaul menjadi tempat berburu sagon bakar favorit wisatawan yang datang ke Sukabumi.

kuliner sukabumi
kuliner sukabumi

Jam Buka: mulai pukul 10.00 WIB
Harga Makanan: Mulai dari Rp 14.000,-
Lokasi/Alamat: Jalan Ciaul Baru No.16, Subangjaya, Sukabumi.

11.Bolu Pisang Ibu Onih – Kuliner Sukabumi

Bolu Pisang Ibu Onih menjadi salah satu kuliner khas asal Sukabumi yang sudah ada sejak lama. Tercatat, Bolu Pisang Ibu Onih ini mulai berdiri pada tahun 1988 dan tetap bertahan hingga saat ini karena tetap menjaga resep secara turun-temurun. Untuk membuat bolu pisang ini tidak menggunakan bahan-bahan pengawet. Semua dilakukan agar tetap menjaga rasa asli bolu pisang yang legendaris.

kuliner sukabumi
kuliner sukabumi

Jam Buka: 08.00-22.00 WIB
Harga Makanan: mulai Rp 30.000,-
Lokasi/Alamat: Jalan Raya Sukaraja, Gang Mesjid, Sukabumi, Jawa Barat.

12.Piscok Cakra Gerai Rangga Wulung – Kuliner Sukabumi

Satu lagi kuliner khas Sukabumi yang harus dicoba yakni Pisang Coklat Cakra. Pisang coklat ini terbuat dari gabungan buah pisang dan coklat yang kemudian dibalut menggunakan kulit lumpia. Pisang dan coklat yang ada di dalam kulit akan langsung lumer ke mulut saat digigit. Membuat sensasi rasa manis dan gurih langsung bercampur dan memenuhi setiap rongga mulut.

kuliner sukabumi
kuliner sukabumi

Jam Buka: 10.00-20.00
Harga Makanan: Mulai Rp 10.000,-
Lokasi/Alamat: Jalan A. Yani No.8, Gunungparang, Cikole, Sukabumi.

Berjalan-jalan di Sukabumi yang berhawa sejuk tentu sangat asyik dan mampu menghilangkan penat-penat yang ada. Keindahan alam Sukabumi yang terus terjaga membuat otak akan kembali segar sekembalinya dari sana. Kota yang berhawa sejuk ini juga memiliki beragam kuliner khas. Oleh sebab itu, jangan lupa mencicipi kuliner di Sukabumi agar kunjungan ke Sukabumi semakin lengkap.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :