Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Pulau Kaniungan, Pulau Cantik di Kalimantan Timur yang Wajib Didatangi Selain Pulau Derawan – Cek Pemandangan Bawah Lautnya!

/
/
/
27 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Salah satu pulau terindah di Kalimantan ialah Pulau Kaniungan. Pulau yang masih terjaga keasliannya ini pastilah dapat memikat siapa pun yang mengunjunginya. Hamparan pasir pantai yang putih dan bersih, di padukan bersama dengan rimbunnya pepohonan rindang. Untuk memahami lebih di dalam berkenaan pulau cantik ini, simak penjelasan di dalam ulasan tersebut ini.

Pulau Kaniungan
Photo by @suwandi.adrianpranata

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Kaniungan

Pulau ini merupakan objek wisata bahari di Kalimantan Timur yang menarik untuk anda kunjungi. Ketika menginjakkan kaki di pulau tersebut, Anda bakal melihat hamparan pasir putih dan air laut biru sejernih kaca. Tak cuma itu, Anda terhitung bakal tersedia bersama dengan situasi alam asri yang terlalu teduh. Tak heran, pulau ini memiliki banyak pengunjung tiap tiap harinya.

Pulau Kaniungan
Photo by @lisaramynti

Jajaran pohon kelapa di kira-kira pulau bakal meliuk dengan di saat hembusan angin menerpa. Hal demikianlah yang sebabkan pengunjung betah lebih-lebih bagi yang menginginkan bersantai. Jadi, terlampau sesuai untuk Anda yang mengidamkan istirahat sebentar dari hiruk pikuk kesibukan yang padat. Udara yang berhembus pun sangat sejuk, supaya situasi tenang kian bertambah.

Pulau Kaniungan
Photo by @novaastrianis

Berbicara berkenaan energi tarik, tentu saja yakni pantai yang indah dengan hamparan pasir putih yang bersih. Saat sementara yang pas untuk berkunjung ke pulau tersebut ialah menjelang sore hari. Di mana matahari yang akan segera tenggelam sukses menciptakan pemandangan yang begitu apik. Dominasi jingga yang berpaut bersama dengan jernihnya air laut jadi peristiwa yang paling sempurna.

Pulau Kaniungan Kecil dan Besar

Sebenarnya, pulau ini terdiri atas dua pulau berbeda, yaitu Kaniungan Besar dan Kaniungan Kecil. Jika anda cermati secara topografi, Pulau Kaniungan ini punya bentang alam yang landai lengkap dengan pesisir yang banyak tumbuh pohon. Gelombang air laut pun cukup tenang, agar safe untuk Anda yang inginkan berenang, menyelam, atau cuman bermain air di pinggiran.

Pulau Kaniungan
Photo by @garisborneo

Di dalam pulau, Anda dapat mendapatkan pemukiman penduduk yang terkenal terlalu ramah. Anda terhitung mampu menyaksikan aktivitas penduduk di saat melakukan pekerjaannya sebagai nelayan. Jika berkesempatan, Anda pun mampu mengelilingi ruas pulau ini bersama dengan gunakan perahu punya penduduk sekitar. Sebagian ada yang mematok harga, beberapa pula tidak demikian.

Pulau Kaniungan
Photo by @naturlover25

Meski tidak terlalu terkenal, pulau ini kini menjadi kekuatan tarik bidang pariwisata di lokasi Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Lokasi pulau berikut termasuk terlampau sesuai sebagai lahan snorkeling, diving, memancing, berlayar, dan bermain air. Seperti yang sudah ada di bagian sebelumnya, air laut yang tenang bisa menyebabkan segala aktivitas jadi aman.

Luasnya yang Mirip Pulau Derawan

Berbicara tentang luas Pulau Kaniungan memang nyaris mirip bersama dengan luas Pulau Derawan. Selain keindahan baharinya, tempat ini terhitung jadi surga tersembunyi bagi para pencinta potret macro underwater. Biota laut yang benar-benar menarik dan juga terumbu karangnya yang berwarna warni cantik, seakan ikut menyumbang keindahan pulau tersebut.

Photo by @jasafoto_destinasibidukbiduk

Menariknya, pulau ini juga merupakan habitat asli dari penyu. Aktivitas manusia yang masih tergolong minim, menjadikan hewan ini senantiasa lestari. Jadi, tidak cuman nikmati alam baharinya, Anda juga sanggup mengedukasi diri tentang hewan penyu lambang Berau ini. Bahkan, jika untung Anda termasuk mampu memandang kawanan lumba lumba dan paus kecil di wilayah perairan tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Pulau ini sebenarnya masih belum banyak terkenal di kalangan wisatawan. Karena masih jarang orang yang tahu hal selanjutnya membawa dampak pulau ini tetap terlalu terjaga kealamiannya. Di wilayah tersebut tetap belum banyak terdapat tangan-tangan nakal yang menyingkirkan sampah ceroboh supaya kurangi keindahan, kealamian, dan estetika Pulau Kauningan.

Photo by @destinasi_bidukbiduk

Untuk bisa mengunjungi dan nikmati pesona Pulau Kaniungan, Anda yang berangkat dari Tanjung Redeb lewat jalur darat bisa menempuh perjalanan kurang lebih 5 sampai 6 jam menuju Kecamatan Biduk Biduk. Meski akses menuju pulau berikut agak susah anda jangkau, namun anda bakal terpana begitu sampai lokasi.

Photo by @addiptra

Untuk bisa menginjakkan kaki di wilayah pulau, pengunjung dapat sewa kapal yang di sediakan oleh pihak pengelola. Untuk harga sewa Anda kudu membayar bersama kisaran harga 400 sampai Rp.500.000,-/7 orang. Kapal yang berjalan berasal dari dermaga Teluk Sulaiman hanya perlu kala tidak cukup lebih 15 menit untuk dapat bersandar di kawasan pulau.

Photo by @rabiah_arliana

Tiap tiap daerah wisata pasti memiliki pajak retribusi atau tiket masuknya masing masing. Berbicara mengenai tiket masuk Pulau Kaniungan, pihak pengelola dan pemerintah area memastikan bahwa tidak tersedia biaya retribusi untuk memasuki lokasi wisata pantai ini. Sederhananya, pulau selanjutnya dapat di akses secara gratis. Mungkin Anda hanya perlu membayar akomodasi saja.

Kegiatan yang Menarik di Pulau Kaniungan

1. Bermain Air

Seperti penjelasan sebelumnya, Pulau Kaniungan punyai debit gelombang air laut yang lumayan tenang. Kondisi air laut yang benar-benar tenang dapat anda manfaatkan untuk melaksanakan banyak ragam aktivitas, tidak benar satunya bermain air.

2. Berenang

Tak cuma bermain air di pinggiran, Anda lebih-lebih termasuk sanggup berenang menyusuri luas pulau. Airnya yang tenang dan juga suhu udara yang tidak sangat panas terhitung tambah memicu kesibukan berenang jadi menyenangkan. Meski suhu tak terlampau panas, cocok untuk kenakan sunscreen sebagai pelindung kulit berasal dari sinar matahari.

3. Snorkeling

Sebagaimana yang sudah di singgung sebelumnya, pulau ini memiliki air laut sejernih kristal. Oleh karena itu, kesibukan snorkeling benar-benar rekomended di sini. Anda dapat melihat aneka biota laut dan terumbu karang yang begitu mempesona.

4. Diving

Bagi Anda yang belum tahu, diving dan snorkeling adalah kegiatan yang berbeda meski pada dasarnya mirip sama menyelami laut. Hal yang menjadi pembeda pada diving dan snorkeling, terdapat terhadap kedalamannya. Pada umumnya, snorkeling adalah aktivitas menyelam laut hanya dari permukaan saja. Sedangkan diving ialah aktivitas menyelam sampai ke basic laut.

5. Melihat Konservasi Penyu

Seperti yang Anda tahu, pulau eksotis ini merupakan habitat asli bagi penyu Berau. Selain laksanakan kesibukan yang terkait dengan air, Anda dapat meningkatkan wawasan bersama dengan berkunjung ke konservasi penyu di lebih kurang pulau.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau

Pemerintah kabupaten Berau saat ini fokus dengan sektor pembangunan pariwisata yang ada di daerahnya. Secara bertahap pemerintah terasa mencukupi fasilitas untuk pariwisata. Salah satu kontribusi pemerintah daerah dan pihak pengelola ialah pembangunan dermaga. Pembangunan dermaga ini sangat bermanfaat bagi penduduk sekitar maupun wisatawan yang datang.

Photo by @wilmarramadhani

Demikian Info mengenai objek wisata alam Pulau Kaniungan di Berau. Sebagaimana yang udah disinggung di dalam ulasan tersebut, pulau ini masih belum cukup terjamah manusia. Hanya ada masyarakat sekitar yang sudah lama menetap di pulau tersebut. Hal inilah yang jadi alasan Pulau Kaniungan tetap tetap lestari, supaya sayang terkecuali anda lewatkan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :