Pantai Teluk Hijau, Salah Satu Spot Wisata Pada Kawasan TN Meru Betiri yang Harus Dikunjungi

/
/
/
34 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya πŸ™‚
[Total: 0 Average: 0]

Pengunjung yang sempat ke Taman Nasional Meru Betiri tentu pernah dengar nama pantai ini. Pantai Teluk Hijau atau kerap di sebutkan greenbay. Kawasan pantai ini masih ada satu teritori dengan Taman Nasional Meru Betiri.

Pantai Teluk Hijau

Pantai ini di beri nama Teluk Hijau bukan tanpa alasan. Pantai ini mempunyai warna air laut yang hijau, mengakibatkan tempat rekreasi ini berlainan dengan pantai lain. Dasar laut di pantai ini di sanggupi alga hijau dan air lautnya cukup dangkal bila di banding pantai lain. Perihal ini pula yang mengakibatkan warna dari alga itu terpantul oleh sinar hingga air laut kelihatan hijau.

Harga Tiket Masuk

Karena satu lokasi dengan Taman Nasional Meru Betiri, karena itu ticket masuk ke Teluk Hijau sama dengan ticket masuk ke taman nasional.

Senin hingga JumatRp5.000
Sabtu, Minggu dan hari libur nasionalRp7.500
Pantai Teluk Hijau

Jam Operasional

Untuk jam membuka pantai ini ikuti jam membuka taman nasional. Diawali dari jam 07.00 sampai 16.30.

Ragam Aktivitas Di Pantai Teluk Hijau

Ada beragam jenis aktivitas yang dapat di laksanakan pengunjung di tempat rekreasi ini, yakni :

Berenang

Berenang di sini cuma dapat di laksanakan di sekitaran pinggiran pantai. Ini karena ombak yang cukup besar. Di samping itu tempat ini berada cukup jauh dari rumah warga bila terjadi hal yang tidak di harapkan akan susah memperoleh bantuan.

Pantai Teluk Hijau
Bermain Di Air Terjun Pantai Teluk Hijau

Di Teluk Hijau mempunyai hal menarik lainnya. Ada air terjun dengan tinggi 8 mtr. dan terletak tidak jauh cuma sekitaran 200 meter. Air terjun ini di kenali bernama Air Terjun Bidadari. Konon air terjun ini sebagai tempat mandi beberapa bidadari pada saat-saat tertentu.

Banyak yang manfaatkan air tawar yang mengucur dari air terjun ini. Misalkan dengan memakai air terjun sebagai air basuh alami sesudah berenang di laut.

Bermain Di Tepi Pantai

Pasir pantai yang putih dan bersih dan terlepas dari sampah, memikat pengunjung untuk bermain pasir. Khususnya pengunjung anak-anak yang paling sukai berlari-lari di pantai. Pengunjung bisa juga membuat istana pasir di sini.

Pantai Teluk Hijau

Jika ingin berekreasi di tempat rekreasi ini di bolehkan. Namun pengunjung harus bawa perbekalan sendiri. Ini karena tidak ada tempat makan di tempat rekreasi ini. Begitu halnya alasnya, pengunjung harus bawa sendiri.

Pengunjung diharap untuk waspada pada monyet rimba yang berada di tempat pantai. Disamping itu pengunjung dilarang memberikan makan hewan-hewan liar yang ada. Dan bawa pulang sampah yang ada.

Pantai Teluk Hijau
Berkemah

Kemping di tempat pantai ini saat ini telah di bolehkan. Asal harus dengan seijin pengurus. Tetapi sangat jarang-jarang pengunjung yang berani membangun kemping di sini. Karena masih jumlahnya satwa liar yang berkeliaran khususnya pada malam hari tentu saja akan mencelakakan pengunjung.

Selainnya satwa liar, kadang bila cuaca tidak bagus bisa terjadi badai. Sudah pasti tidak ada tempat berlindung yang ideal bila terjadi badai saat berkemah.Begitu juga dengan ombak yang dapat mendadak beralih menjadi besar.

Faksi pengurus tempat rekreasi tidak sediakan persewaan peralatan untuk berkemah. Pengunjung harus bawa dari rumah semua peralatan yang diperlukan. Di mulai dari tenda sampai makanan.

Berkunjung Ke Pantai Batu

Ketika akan ke arah Teluk Hijau, pengunjung yang ke arah ke situ pada jalan kaki akan melalui sebuah pantai. Pantai ini berbeda dengan beberapa pantai lainnya. Bila umumnya pantai berpasir putih dan lembut, tidak begitu dengan pantai ini. Pantai ini beralas batu-batuan yang seperti teratur rapi.

Di pantai ini, warna air laut tidak begitu biru karena telah tercampur dengan saluran air di atas gunung. Pengunjung yang capek dapat istirahatkan diri sesaat di Pantai Batu ini. Jarak Teluk Hijau dengan pantai ini cuma sekitaran 5-10 menit saja. Pantai ini tidak dapat dipakai untuk berenang karena ombaknya yang cukup besar.

Pantai Teluk Hijau

Fasilitas

Karena terletak yang jauh dari permukiman warga, karena itu sarana yang ada cuma ala-ala kandungannya misalnya :

  • Toilet
  • Mushola
  • Ruang sekretariatΒ green bay

Lokasi Pantai Teluk Hijau

Pantai Teluk Hijau berada di Desa Krajan, Sarongan, Pesanggran, Kabupaten Banyuwangi. Memiliki jarak sekitaran 90 km dari kota Banyuwangi. Akses ke arah Teluk Hijau bukan hanya dapat dilewati lewat akses darat. Akses dari lautpun dapat dilewati lewat lajur pantai Rajagwesi dengan sewa perahu.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :