Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Pantai Batu Hiu, Spot Wisata Pesisir Pantai yang Sarat Akan Legenda di Pangandaran

/
/
/
13 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya πŸ™‚
[Total: 0 Average: 0]

Pantai Batu Hiu – Pantai menjadi satu di antara objek rekreasi yang paling di cintai oleh mayoritas warga di dunia. Dan Indonesia sendiri jadi negara yang mempunyai garis pantai lumayan panjang, hingga ada luapan kekuatan rekreasi bahari. Walau demikian, dari semua objek rekreasi pantai di tanah air, ada banyak lokasi yang belum tersingkap kehadirannya. Oleh karena itu, kita pantas melestarikan semua objek rekreasi yang telah ada.

Pantai Batu Hiu

Jika Anda kebenaran sedang jalanan di wilayah Ciamis, Jawa Barat, ada satu lokasi rekreasi yang harus di datangi. Namanya ialah Pantai Batu Hiu.

Pantai yang berada di samping selatan Pulau Jawa ini segera bersebelahan dengan Samudera Hindia. Banyak yang menjelaskan jika pantai ini sebagai β€˜Tanah Lot’nya Jawa Barat, karena penampilannya mirip.

Lalu kenapa Pantai ini di sebutkan dengan Batu Hiu? Langsung yok kita ulas bersama.

Legenda Pantai Batu Hiu

Narasi mengenai nama Pantai Batu Hiu tidak terlepas dari legenda pada zaman dulu. Berdasar info yang di uraikan oleh masyarakat sekitaran, sekitaran era 11 lalu ada pasukan yang di buang dari Kerajaan Mataram. Pasukan itu di komandani oleh 2 orang namanya Accu Besar dan Nini Gede. Mereka keluar dari tanah aslinya, yang selanjutnya sampai juga di dataran Pantai Batu Hiu lewat lajur laut.

Pantai Batu Hiu

Setelah tiba di dataran, mereka memilih untuk istirahat dan tinggal di wilayah bukit-bukit di sekitaran pantai. Satu hari, Nini Besar memerintah pasukannya untuk cari makanan untuk mereka. Salah seorang pasukan yang namanya Ki Braja Lintang memiliki ide untuk cari makanan di pantai. Pada akhirnya ia sukses tangkap satu ekor Hiu. Sesudah Accu Besar dan Nini Besar ketahui hasil tangkapannya, mereka malah menjelaskan pada Ki Braja Lintang untuk kembalikan ikan itu ke lautan.

Saat Ki Braja Lintang melepasnya, ikan Hiu itu berbeda bentuk jadi batu hitam cukup besar.

Kehadirannya masih bisa Anda saksikan sampai sekarang. Tersebut kenapa pantai ini di namakan Pantai Batu Hiu. Sayang batu itu memiliki bentuk telah alami peralihan, tidak seperti Hiu lagi. Ini di sebabkan karena kikisan air laut yang terjadi sepanjang beratus-ratus tahun lamanya.

Pantai Batu Hiu

Lokasi Pantai

Pantai yang penuh legenda ini berada di Dusun Ciliang, Kecamatan Parigi, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Persisnya memiliki jarak lebih kurang 14 km dari Pantai Pangandaran di samping selatan. Tempat ini menjadi satu di antara objek rekreasi terkenal di Ciamis. Pengunjung akan banyak yang datang sehari-harinya dan alami kenaikan saat akhir pekan atau liburan panjang tiba.

Bila Anda ingin rasakan situasi yang lebih sepi, silakan tiba di hari bekerja sama rekan-rekan atau keluarga. Di sini ada beragam sarana yang hendak mendukung kenyamanan beberapa wisatawan.

Jam Operasional Pantai Batu Hiu

Tidak ada ketentuan khusus yang tentukan jam berapakah objek rekreasi ini dibuka. Sebetulnya pantai bebas didatangi kapan saja. Terhitung Pantai Batu Hiu. Secara tersurat, objek rekreasi ini dibuka sepanjang 24 jam. Namun, petugas yang bekerja di pantai ini tidak tinggal sepanjang waktu itu.

Biasanya orang akan bertandang dari pagi hari untuk nikmati matahari keluar s/d petang sampai matahari terbenam.

Apalagi bila Anda bertandang di waktu malam, angin pantai yang dari dataran ke arah lautan akan terhembus benar-benar kencang. Langit jadi gelap dan panorama keeksotisan lautan terlepas tidak akan kelihatan.

Menjadi lebih baik hadirlah di saat-saat pada umumnya.

Rute Menuju Pantai

Untuk dapat sampai ke Pantai Batu Hiu, jalur yang Diambil bergantung dari tipe transportasinya. Apa naik angkutan umum seperti B kendaraan individu, atau us.

Jika Anda putuskan memakai angkutan umum, silakan naik bis yang berada di terminal kota dengan arah Pantai Pangandaran. Tetapi jika Anda mengawali perjalanan dari Tasik, ambil bis dengan arah yang serupa, selanjutnya stop disekitaran Pantai Pangandaran. Teruskan perjalanan ke Pantai Batu Hiu dengan angkutan jalur Cijulang. Lalu Anda dapat naik ojek sampai arah.

Dan bila naik kendaraan individu dari Pantai Pangandaran, mengambil arah ke Jalan Baru Bulak Laut dalam jarak lebih kurang 16 kilometer. Seterusnya lanjutkan perjalanan sampai Jalan Merdeka atau Jalan Raya Cijulang.

Saksikan papan panduan arah Pantai Batu Hiu yang mewajibkan Anda belok ke kiri. Tinggal masuk lebih kurang 1 km saja dan Anda telah tiba ke pos retribusi Pantai Batu Hiu.

Harga Tiket Masuk

Objek rekreasi ini telah memutuskan besaran harga ticket masuk yang berbeda. Golongannya berdasar tipe transportasi yang dipakai.

Berikut ialah rinciannya :

  • Orang Jalan Kaki – 3.300 rupiah per-orang.
  • Sepeda motor – 7.000 rupiah.
  • Mobil Jeep atau Sedan – 19.500 rupiah.
  • Mobil Carry – 36.000 rupiah.
  • L300 – 51.500 rupiah.
  • Bis kecil – 68.000 rupiah.
  • Bis ΒΎ (sedang) – 106.000 rupiah.
  • Bis Besar – 172.000 rupiah.

Harga itu bisa berbeda sewaktu-waktu. Tetapi jika naik juga tidak begitu signifikan. Oleh karena itu Anda tak perlu cemas, karena biaya itu terhitung terjangkau.

Pantai Batu Hiu

Daya Tarik Pantai Batu Hiu

Saat masuk ke objek rekreasi, Anda akan disongsong oleh gerbang gua berlorong dengan bangunan mulut ikan hiu. Gerbang ini seolah memvisualisasikan identitas Pantai Batu Hiu dan benarkan legenda yang tersebar. Memiliki bentuk ini cukup riil karena diperlengkapi dengan gigi-gigi tajam seperti ikan Hiu.

Beberapa pelancong akan mendapati sarana lain di ujung gua itu. Sebetulnya masih tetap ada beberapa gua cantik yang berada di sekelilingnya. Masyarakat di tempat juga memercayai jika salah satunya guanya tersambung dengan gua di Pantai Utara Cirebon.

Selainnya gua mulut hiu dan panorama batu karang yang memiliki bentuk serupa dengan ikan hiu, daya magnet dari objek rekreasi ini ialah pemandangan bentangan luas lautan Samudera Hindia. Anda bisa melihat deburan ombak kuat yang menghajar batu karang dan birunya lautan yang menentramkan pemikiran dan hati.

Panorama ini akan makin mengagumkan saat Anda tiba pada musim kemarau, di mana langit warna biru ceria tanpa awan dan memantulkan keelokannya pada lautan.

Untuk nikmati semua kedahsyatan ciptaan Tuhan itu, Anda harus naiki bukit kecil yang berada di situ. Tempat ini jadi spot photo terbaik dengan background lautan.

Sekelilingnya akan kelihatan susunan-struktur tebing yang menganakemaskan mata. Anda juga bisa telusuri wilayah pantainya, namun dilarang keras berenang. Ombak pantai selatan yang terkait langsung dengan Samudera Hindia ini dikenali bergelombang tinggi dan garang. Benar-benar beresiko dan resikonya tinggi jika Anda berenang di sana. Belum juga batu-batuan karang disekelilingnya cukup tajam.

Pantai Batu Hiu

Kesan yang lain jangan Anda terlewat ialah panorama matahari tenggelam di ufuk barat. Beberapa momen semacam ini banyak ditunggu oleh beberapa wisatawan.

Dengan naiki bukitnya, Anda bisa tangkap saat matahari tenggelam cantiknya. Warna biru langit yang pelan-pelan beralih menjadi jingga pasti benar-benar mengagumkan. Janganlah lupa dokumentasikan dengan ambil video atau memfoto.

Pantai Batu Hiu

Penangkaran Penyu

Masih ada daya magnet disekitaran objek rekreasi ini yang jarang-jarang dicicipi oleh orang pemula, yakni pelestarian penyu hijau.

Tahukah Anda jika ada penangkaran penyu di 15 km samping barat Pantai Batu Hiu? Anda berpeluang untuk berkunjung penangkaran ini tanpa diambil ongkos, alias gratis. Beberapa pengunjung juga dibolehkan untuk sentuh dan memberikan makan penyu.

Bila untung, Anda juga dapat turut melepas bayi-bayi penyu ke pantai ke arah lautan lepas.

Bagaimana? Bagus sekali kan objek rekreasi Pantai Batu Hiu? Tambah tempat ini ke dalam daftar lawatan Anda saat berlibur.

Selainnya nikmati panorama lautan, Anda akan mendapat pengalaman baru dengan berkunjung pelestarian penyu hijau yang telah langka.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :