Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Pantai Atuh, Hidden Gem Bali yang Sering Jadi Incaran Wisarawan Asing – Keindahannya Gak Kalah dengan Raja Ampat di Papua!

/
/
/
223 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Kalau kalian sedang berwisata di pulau Nusa Penida, tidak komplit rasanya sekiranya tidak mengunjungi Pantai Atuh. Merupakan pantai yang acap kali dikunjungi oleh wisatawan asing maupun lokal di zona Nusa Penida Bali. Bagaimana tidak? Pesona yang dimiliki pantai ini sangatlah hebat hingga dapat menarik perhatian para wisatawan, bagus lokal ataupun asing.

Pantai Atuh
@hidwii

Sekilas Tentang Pantai Atuh

Nama Atuh sendiri yakni nama yang berasal dari kata “A” yang memiliki arti tidak dan “Tuh” yang artinya kering. Sehingga jikalau disatukan nama Pantai Atuh adalah pantai yang tidak kering. Asal-usul nama hal yang demikian berawal dari mata air yang berada dekat dengan lokasi pantai ini. Tepatnya di sebelah barat dari Pura Atuh. Mata air ini terus mengalir malahan dikala musim kemarau malahan, mata air ini tak mengalami kekeringan. Sehingga pantai ini dinamai dengan nama Pantai Atuh.

Pantai Atuh
@mariefeandjakesnow

Pantai ini mempunyai karakteristik yang indah. Selain mempunyai pasir yang berwarna putih nan lembut, pantai ini juga diapit oleh hamparan tebing yang menambah poin estetika dari pantai ini. Selain itu juga pantai ini memiliki pemandangan dengan gugusan pulau-pulau yang berada di sekitarnya hingga tidak heran kenapa orang-orang menyebut Pantai Atuh sebagai Raja Ampatnya Nusa Penida.

Pantai Atuh
@svetakhovrina

Pulau-pulau yang terhampar di depannya yakni 4 pulau karang besar. Yaitu Pulau Batu Paon, Pulau Batu Melawang atau Pepadasan, Pulau Batu Abah, serta Pulau Bukit Jineng. Pulau terbesar dan yang paling menarik perhatian ialah Pulau Batu Melawang. Di pulau ini, terdapat sebuah lubang atau terowongan karang raksasa. Masyarakat lokal percaya bahwa apabila mereka berharap berlayar ke lautan lepas dari Pantai Atuh. Mereka sepatutnya melewati lubang di Pulau Batu Melawang terutamanya dahulu. Sehingga masyarakat juga sering kali menyebut pulau ini sebagai “batu bolong”. Pulau-pulau inilah yang menjadi energi Tarik dan menambahkan poin keindahan di Pantai Atuh Nusa Penida ini.

Pantai Atuh
ekirezaprasetya

Lokasi dan Biaya Masuk

Pantai ini berlokasi di Br. Pelilit, Desa Pejukutan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung-Bali. Untuk bisa hingga di pantai ini, kalian semestinya lewat jalan yang cukup menantang. Jalan berbatu dan berlubang akan sahabat-teman lewati. Serta perjalanan kaki sekitar 50 menit dengan menelusuri jalan setapak dan juga tebing. Memang memerlukan tenaga atau stamina yang fit, serta kehati-hatian yang ekstra supaya tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Tetapi, semua itu akan terbayar ketika kalian sukses meraba Pantai Atuh dan melihat keindahan yang dikasih.

gitaadrptr

Sekiranya kalian sedang tamasya atau bertempat tinggal di Pulau Bali dan ingin menikmati menawannya Pantai Atuh serta Nusa Penida, klaian bisa memakai tour guide, atau bila mau berwisata sendiri tanpa tour guide, bisa menerapkan sebagian sarana. Dimulai dari laut, kalian dapat memilih menyebrang ke Nusa Penida dengan sebagian pelabuhan diantaranya ada Pelabuhan Padang Bai, Pesinggahan, dan Dermaga Sanur. Apabila sudah sampai di Nusa Penida, lanjutkanlah perjalanan ke arah timur. Perjalanan terbaik dapat ditempuh dengan menerapkan sepeda motor. Di Nusa Penida sudah ada jasa penyewaan sepeda motor dengan tarif sekitar Rp75.000. setelah sampai di parkiran, seandainya kalian akan berjalan kurang lebih selama 45 menit. Untuk tarif masuk, kalian hanya perlu mengeluarkan tarif Rp5.000/orang. Dengan biaya yang relatif murah kalian telah dapat menikmati panorama menawan yang disuguhkan dari Pantai Atuh.

Pantai Atuh
intanangsa

Kegiatan yang dapat Dilakukan

Di Pantai ini, selain berenang kalian juga dapat merasakan dan bersantai di atas lembutnya pasir putih yang dimiliki oleh pantai ini, merasakan hamparan laut biru bening yang dihiasi dengan batu-batu karang yang menawan, menjalankan swafoto bersama sahabat atau keluarga untuk mengabadikan momen kebersamaan di Pantai Atuh, ataupun merasakan masakan- kuliner yang lezat di pantai ini. Untuk kalian yang menyukai pemandangan sunrise ataupun sunset, kalian tak boleh melewatkan peluang untuk menyaksikan panorama indah dari Pantai Atuh ini. Apabila berharap memandang sunrise sekitar sebelum pukul 05.30 kalian telah berada di lokasi. Mengingat perjalanan untuk kesana yang tak mudah, supaya tidak melewatkan momen sang surya terbit.

nidian.lisa

Bagi kalian yang ingin berenang di Pantai Atuh Nusa Penida, diinginkan untuk memandang keadaan gelombang air laut. Bila keadaan airnya sedang pasang, dianjurkan untuk tak berenang dan cuma bermain di sekitar pesisir pantai demi keamanan. Tapi, bila situasi air tenang atau tepat untuk berenang karenanya kalian bisa melakukan aktivitas berenang. tapi diingatkan untuk selalu memandang kondisi dan berhati-hati agar tidak ada hal yang tak diinginkan terjadi.

widi_s.m
Akomodasi

Di sini telah disediakan jalan yang bisa mempermudah anda untuk menuju Pantai Atuh serta toilet. Kecuali itu terdapat juga kios, kafe ataupun restoran yang dapat dikunjungi untuk sekedar membeli camilan ataupun untuk makan pagi, siang, atau malam. Bagi kalian yang berkeinginan bermalam untuk menikmati estetika Nusa Penida yang lain, jangan risau. Kalian dapat bermalam di salah satu penginapan yaitu Diamond Beach Bungalow terletak di jalan Pejukutan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. cuma berjarak 850 m dari lokasi Pantai Atuh. Memberikan fasilitas berupa wi-fi tidak dipungut bayaran, kamar yang nyaman dengan AC, sarapan cuma-cuma, pelayanan yang ramah, dan harga per kamar yang relatif murah. hanya dengan harga rata-rata Rp. 250.000, Kalian sudah bisa bermalam di sini dan melanjutkan kembali perjalanan liburan di keesokan harinya. Apabila kalian berminat untuk bermalam di sini, kalian bisa mem-booking sebuah kamar dari Diamond Beach Bungalow melewati aplikasi pemesanan hotel.

yunadill

Setelah mengenal keindahan dari Pantai Atuh, kalian dapat memasukkan pantai ini ke dalam list tujuan tamasya kalian. Bila sedang tamasya ke Bali, jangan lupa untuk berkunjung di Pantai Atuh ini ya!

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :