Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

10 Makanan Khas Lombok yang Lezat dan Menjadi Incaran Para Wisatawan Saat Berkunjung Ke Lombok

/
/
/
1848 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 1 Average: 5]

6. Opak-opak Plecing – Lombok Utara

Plecing kangkung mungkin bukanlah makanan yang aneh dan sudah banyak tersedia di penjuru Indonesia. Tapi berbeda dengan makanan khas Lombok yang satu ini karena plecingnya disediakan di atas opak, yaitu kerupuk yang terbuat dari ubi. Sudah banyak restoran yang menyajikan menu ini. Namun jika ingin menemukan pusatnya langsung bisa ke desa Tanjung.

Lokasi: Desa Tanjung, Kecamatan Tanjung, Kab Lombok Utara

7. Sate Ikan Khas Tanjung – Lombok Utara

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa Indonesia memiliki banyak varian sate, ada lagi dari Lombok dengan nama Sate Tanjung. Untuk bahan dasarnya sate yang satu ini menggunakan ikan alih-alih daging sapi. Salah satu tempat terbaik untuk menyantap sate yang satu ini adalah di desa tanjung. Dimana di desa tersebut sudah banyak penjual sate yang bahkan sudah berjualan dari tahun 70an.

makanan khas Lombok 7

Jam buka: 11.00 – 20.00
Harga kisaran makanan: Rp 1.000 per tusuk
Lokasi:
Jalan Raya Tanjung, Sokong, Tanjung, Sokong, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

8. Sate Rembiga – Ibu Sinnaseh – Makanan Khas Lombok

Mungkin banyak yang tidak tahu jika dulunya Lombok itu merupakan pusat pembibitan sapi lokal. Sehingga menu makanan khas Lombok dengan bahan dasar sapi bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan. Seperti sate rembiga yang memang sudah terkenal kelezatannya bahkan sampai keluar Lombok. Sebenarnya ada banyak tempat untuk menyantapnya, tapi miliki ibu sinnaseh ini yang paling populer.

makanan khas Lombok 5

Jam buka: 09.00 – 22.00
Harga kisaran makanan:
Satu porsi Rp 25.000
Lokasi:
Jl. Dr. Wahidin No.11B, Rembiga, Kec. Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat

9. Sayur Ares – Dapur Sasak – Makanan Khas Lombok

Namanya memang seperti dewa perang yang berasal dari mitologi Yunani terkenal. Tapi tenang, rasanya tidak semengerikan namanya. Mungkin bisa dan makanan yang satu ini mengajak pelanggan untuk melakukan perang. Namun perang di lidah karena terlalu nagih dengan rasa makanan yang satu ini. Memang bumbu dan bahannya sederhana tapi resep rahasia turun temurun membuatnya istimewa.

Bahannya berupa batang pisang muda yang sebelumnya telah diolah terlebih dahulu agar menjadi lebih empuk. Untuk menemukan makanan khas Lombok yang satu ini bukanlah perkara sulit. Tapi ada satu restoran yang memang sudah terkenal sedari dulu menyajikan sayur ares yang lezat. Bahkan kabarnya restoran yang satu ini tidak mengubah resep aslinya. Nama restorannya adalah dapur sasak.

Jam buka: 09.30 – 21.30
Harga kisaran makanan:
Rp 25.000
Lokasi:
Jalan Raya Ketara Sengkol, Kecamatan Pujut, Ketara, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat

10. Ayam Rarang – Rumah Makan Rarang – Makanan Khas Lombok

Terakhir ada yang namanya ayam rarang. Berbeda dengan ayam taliwang yang cenderung kering karena penyajiannya yang dibakar, maka ayam ini lebih basah dan berkuah. Dengan warna merah menyala yang seolah memberi sinyal bahwa rasa dari ayam ini pedas luar biasa. Tapi tenang saja sekarang sudah banyak restoran yang menurunkan kadar rasa pedasnya sebagai bentuk penyesuaian.

makanan khas Lombok 1
makanan khas Lombok 4
makanan khas Lombok 2

Salah satu restoran yang menjadi incaran para wisatawan untuk menikmati menu ini adalah rumah makan rarang. Rumah makan yang satu ini memang terkenal akan cita rasanya yang tidak pernah berubah. Bahkan setelah lebih dari setengah abad rumah makan ini berdiri, rasanya masih sama seperti dulu. Belum lagi harganya yang murah dan suasananya yang nyaman, membuat betah pengunjung.

Jam buka: 07.00 – 21.00
Harga kisaran makanan:
Rp 35.000 untuk satu potong ayam
Lokasi:
Sukadana, Terara, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat

5 Pilihan Paket Tour Banyuwangi Terbaik

Bagaimana rekomendasi Kuliner Lombok? Sudah cukup menggugah selera pastinya. Sebagai salah satu daerah yang memang kaya akan makanan khasnya dengan berbagai cita rasa yang berbeda, ada baiknya untuk tetap melestarikan kuliner ini. Karena memang ini bagian dari salah satu kekayaan yang dimiliki oleh Indonesia.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :