Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Kisah Tersembunyi di Balik Awal Pembuatan Kopi Joss Jogja

/
/
/
210 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Kopi Joss Jogja – Jalan-jalan ke Jogja tentunya tidak lengkap jika belum berwisata kuliner. Apalagi Jogja adalah surganya kuliner jalanan dengan cita rasa yang memikat.

@briandsumito

Ketika kalian sedang menyusuri sekiratan Malioboro, kami sarankan kalian untuk singgah dan mencicipi minuman yang cukup unik. Yaitu “Kopi Joss”, Kopi ini terbuat dari kopi dan teknik pembuatan yang berbeda dari kebanyakan kopi tradisional lainnya. Kopi Joss ini disajikan dengan memasukkan arang panas kedalam kopi yang sudah diseduh, sehingga menghasilkan suara josss.

@hendriehartono

Jika kalian penasaran dan ingin mencobanya maka kalian dapat mampir di angkriangan pak agus yang ada di sekitaran jalan Malioboro.

kopi joss jogja
@jogjaculinary

Ada kisah tersembunyi di balik penemuan kopi ini. Pada tahun 1980 an kopi joss pertama diracik oleh Lek Man, yaitu pedagang asal Klaten yang berjualan di Jogja. Ketika sedang berjualan, banyak pelanggannya berasal dari Jawa Timur meminta Lek Man untuk membuat kopi kothok, yaitu biji kopi yang direbus langsung dengan gula. Karena Lek Man tidak bisa meraciknya maka dia menambahkan arang panas ke dalam gelas kopi yang sudah jadi. Dan hasilnya kopi menjadi sangat panas seperti kopi Kothok.

kopi joss jogja
@lusianaherma

Sebagian orang berpendapat, arang di tambahkan ke kopi ini supaya kopi tidak cepat dingin dan dapat dinikmati dalam waktu yang lebih lama. Sejak saat itulah kopi joss ini mulai dikenal banyak orang, selain unik karena harganya yang murah menjadi kelebihan tersendiri.

kopi joss jogja
@hecreatbelly

Mungkin sebagin kalian menjadi khawatir dan berfikir “Kok ditambah Arang, kan jadi kotor”. Nah untuk penjelasannya, jika arang dibakar terlebih dahulu hingga suhu 250 derajat celcius, maka arang akan berubah menjadi karbon aktif secara alami. Seperti dilansir dari ‘Hello Sehat’ bahwa carbon aktif memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Bahan ini dapat mengikat zat-zat penghasil gas berlebihan dalam sistem pencernaan, sehingga dapat mengobati perut kembung dan asam lambung.

kopi joss jogja
@foodandroad_

Informasi Paket Liburan : Paket Wisata Malang dari Jogja

Meski demikian kita harus tetap bijak dalam mengkonsumsinya. Apabila berlebihan dikhawatirkan akan berakibat buruk bagi tubuh seperti dehidrasi. Jadi sangat disarankan jika setelah minum kopi joss untuk banyak minum air putih, untuk mencegah dehidrasi.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :