Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Menjelajahi Gunung Rinjani yang Punyai Pesona Tebing Indah, Savana Sampai Danau Segara Anak – Dijamin Tak Akan Terlupakan!

/
/
/
342 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Anda fans alam dan penikmat gunung? Belum lengkap rasanya terkecuali Anda belum merasakan sensasi mendaki di gunung yang populer sangat cantik akan pesona alamnya ini. Dengan ketinggian 3.726 mdpl dan terdapat di utara Pulau Lombok, Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia.

Gunung Rinjani
Photo by @aliridwan_

Masuk di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani dan miliki banyak hutan dan semak belukar seluas 76.000 hektar merupakan panorama yang asri bagi Gunung Rinjani.

Akses Menuju Pos Pendakian Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Photo by @rudiliecardo

Akses menuju Pulau Lombok tak sekedar dapat anda tempuh melalui jalan darat manfaatkan bus Jakarta – Mataram. Lalu menyeberang memakai kapal ferry dua kali (Selat Bali dan Selat Lombok). Selain itu, anda juga mampu menempuhnya memakai pesawat terbang.

Gunung Rinjani
Photo by @novemlawalata

Gunung Rinjani mempunyai kawah dengan lebar kurang lebih 10 km dan terdapat danau kawah yang terkenal dengan danau Segara Anak dengan kedalaman sekitar 230 m.

Gunung Rinjani
Photo by @fotojare

Dengan warna airnya yang membiru bagaikan anak lautan, air yang mengalir berasal dari danau ini membentuk air terjun yang sangat indah dan mengalir melalui jurang yang curam.

Gunung Rinjani
Photo by @rbihsan

Banyak para pendaki yang memancing di danau ini karena banyak terdapat ikan mas dan mujair. Jadi, anda juga jangan lupa mencobanya ya.

Jalur Pendakian

Photo by @drajadbn

Ada 2 jalur pendakian untuk meraih Puncak Rinjani, yaitu Jalur Sembalun dan Jalur Senaru. Jalur Sembalun merupakan jalur favorit para pendaki. Karena walaupun treknya lebih panjang namun sanggup menghemat 700 m ketinggian.

Photo by @gianluca_92

Di Jalur Sembalun, pendaki akan melalui hamparan padang savana yang amat luas dan cantik. Ada 3 pos peristirahatan di jalan ini. Dan selepas dari pos 3 pendaki bakal hadapi tanjakan terjal bersama dengan kemiringan sekitar 60 derajat.

Photo by @jovanajov16

Sedangkan di Jalur Senaru, pendaki akan lewat hutan tropis yang lumayan lebat dan terjal. Sama halnya dengan Jalur Sembalun, jalan ini juga terdapat 3 pos peristirahatan sebelum saat nantinya hingga ke pos pelawangan yang biasa digunakan sebagai area perkemahan.

Photo by @shooting.analog

Pesona yang dimiliki oleh Gunung Rinjani hampir prima agar tidak diragukan lagi kalau Rinjani jadi energi tarik yang bisa memikat minat para wisatawan asing maupun lokal untuk mendakinya. Dan mendaki Gunung Rinjani tentunya akan jadi kenangan dan pengalaman hidup yang tidak bakal terlupakan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :