Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Curug Ciomas, Objek Wisata di Bogor yang Punya Keindahan Menyerupai Green Canyon Pangandaran!

/
/
/
122 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Salah satu destinasi kebanggan warga di komponen timur Kabupaten Bogor adalah Curug Ciomas. Daerah liburan ini menjadi pembatas kawasan antara Kabupaten Bogor dengan Karawang. Selain dikasih nama Curug Ciomas, air terjun mini ini menyandang nama Green Canyon Cariu Bogor karena mirip dengan Green Canyon yang ada di Pangandaran. Kemiripan itu terjadi karena airnya berwarna hijau bening dan diapit oleh tebing tinggi berkelok-liku.

Dulu daerah ini tak dihasilkan sebagai destinasi liburan, tapi cuma sebagai tempat mandi dan sumber air bersih bagi warga setempat. Melainkan sebab mempunyai tenaga pikat, tebingnya ditumbuhi beberapa pohon yang akarnya merambat, serta eksistensi bongkahan batuan besar, membikin daerah ini semakin populer.

Curug Ciomas
@kaleng_suram666

Curug Ciomas dikelola secara swadaya oleh masyarakat dan belum optimal tersentuh oleh tangan pemerintah. Meski begitu, beberapa fasilitas di curug ini sudah cukup mensupport kenyamanan. Ada tempat parkir yang luas di komponen depan pintu masuk Curug Ciomas, kamar mandi, musholla, sebagian saung untuk beristirahat dan menikmati panorama, serta sejumlah toko makan.

Sejarah Curug Ciomas

Diketahui, Curug Ciomas yaitu bendungan irigasi yang dibangun tahun 70-an dengan fungsi mengairi sawah-sawah di daerah Karawang. Curug ini berlokasi di kaki Gunung Sanggabuana yang menjadi tempat latihan TNI Kostrad.

Gunung Sanggabuana kerap dijuluki sebagai kuburan di atas awan mengingat banyaknya makam di puncak gunung yang senantiasa didatangi para peziarah. Status hutan Gunung Sanggabuana yakni hutan produksi dan ketika ini sedang dalam cara kerja menjadi hutan lindung untuk mencegah meluasnya kerusakan.

Curug Ciomas
@warmanwardhani

Curug Ciomas yang menjadi buruan para wisatawan dengan panjang aliran sungai sekitar 200 meter dan ketinggian 12 meter. Bagi para wisatawan yang mau menguji adrenalin, boleh melompat dari atas bukit batu atau berenang diantara bebatuan menuju air terjun. Bagi yang tak dapat berenang jangan cemas, sebab di sana ada sebagian kolam dengan ketinggian rendah.

Semenjak tamasya hari raya 2021, daerah ini ramai dikunjungi dari bermacam daerah seperti Bogor, Jakarta, Tangerang, Sukabumi, Karawang, Bekasi, Depok, dan sekitarnya. Kecuali itu, beberapa tokoh publik dan youtuber tidak mau tertinggal merasakan dinginnya air serta menawannya panorama curug di bawah kaki Gunung Sanggabuana ini.

Curug Ciomas
warmanwardhani

Harga Tiket Masuk

Untuk karcis masuk Curug Ciomas dikenakan tarif sebesar Rp10.000 per orang. Ada biaya tambahan parkir sebesar Rp5.000 untuk motor dan Rp8.000 untuk kendraan roda empat.

Jam Operasional

Liburan Curug Ciomas buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga dengan pukul 18.00 WIB. Domisilinya ada Cikutamahi, Cariu, Bogor, Jawa Barat.

@mak_ubed

Jarak tempuh dari Jakarta membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Dengan melalui trek Cibubur – Cilengsi – Jonggol lalu lanjut ke Kabupaten Bogor tepatnya ke Desa Cikutamahi, Kecamatan Cariu. Pengunjung akan menjumpai sebuah jembatan bernama Jembatan Ciomas yang dibuat sebagai simbol pembatas Cariu Bogor dengan Tegalwaru Karawang.

@warmanwardhani

Wilayah yang akan dilalui merupakan wilayah pegunungan dengan banyak curug. Sedangkan berada di kaki gunung, jalannya mulus dan tidak berbatu atau berkelok-kelok.

hidayatovic10

Di kawasan curug terdapat penginapan berupa Hotel Taman Gunung Batu. Jarak tempuhnya sekitar 20 menit perjalanan dari lokasi curug. Untuk biaya per malam sebesar Rp180.000 hingga Rp350.000.

@astrazynga

Curug Ciomas bisa memberikan sensasi liburan yang menyenangkan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :