Pernah Viral, Jalur Gowes Cikoneng Bojongsoang yang Suguhkan Panorama Asri di Bandung

/
/
/
655 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Cikoneng Bojongsoang – Pernah melihat foto yang menampilkan jalur tanah dengan pepohonan di sisinya dan kolam yang merefleksikan bayangan objek di sekitarnya? Sekilas, foto di bawah ini layaknya bukan di kawasan perkotaan.

Cikoneng Bojongsoang
Photo by @aghi1993

Lokasi Cikoneng Bojongsoang

Namun, siapa yang menyangka kalau area selanjutnya rupanya tersedia di Bandung, tepatnya di Jalan Cikoneng Bojongsoang, lebih kurang 10 kilometer jauhnya dari pusat kota. Keluar dari jalan raya, kamu dapat memasuki pemukiman warga, sebelum tiba di jalan tanah seperti di foto tersebut.

Cikoneng Bojongsoang
Photo by @hanisa_twitt

Jalur ini sendiri memang merupakan bagian berasal dari kompleks IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) Bojongsoang. Dan kolam-kolam di sekitarnya berfungsi memproses air limbah rumah tangga menjadi air yang safe untuk lingkungan.

Cikoneng Bojongsoang
Photo by @rdwnrc_

Air hasil olahan itu kaya akan microalgae, jadi tak heran jikalau kolam-kolam ini pun warna airnya hijau. Bahkan, karena ukuran kolam-kolam ini terbilang luas, banyak traveler yang udah kemari membuktikan kalau pesonanya lebih mirip danau.

Rute dari Pusat Kota Bandung

Photo by @randimaulaana

Untuk mencapai wilayah ini, kamu tinggal berangkat berasal dari destinasi pilihanmu di Bandung. Sesudah itu mengarahkan sepeda ke IPAL Bojongsoang (gunakan Google Maps untuk memudahkan pencarian). Mendekati lokasi, anda bisa bertanya ke warga kira-kira sebab pintu masuknya tersedia di kawasan pemukiman.

Cikoneng Bojongsoang
Photo by @yunita_cahyanirizka

Saat akhir pekan, terutama di pagi hari, tempat ini cukup ramai dengan para pesepeda yang sengaja gowes jauh-jauh kemari. Tujuannya sama, yaitu untuk nikmati pemandangan alamnya yang tetap asri. Penyuka foto pun bakal dimanjakan di sini, bersama hamparan perbukitan dan pegunungan di kejauhan sebagai latar.

Photo by @ehh.ehan

Bila tetap kuat mengayuh sepeda, anda mampu melanjutkan gowes dari Jalan Cikoneng ke arah Tegalluar (Jalan Mayang) untuk menyaksikan bentangan sawah yang terhampar luas. Karena minim perumahan, keadaan alamnya pun lebih terasa, dan anda bisa saat itu juga lupa jika sedang berada di kawasan perkotaan.

Rute dari Luar Kota

Cikoneng Bojongsoang
Photo by @novitanurmalasr33

Bagi wisatawan yang singgah dari luar Bandung, mampu menyewa sepeda di sejumlah rental yang tersedia di pusat kota. Bisa juga memanfaatkan program sewa sepeda Boseh (Bike on the Street Everybody Happy) dari Dishub Kota Bandung yang mematok harga Rp1.000 untuk satu jam pertama dan Rp2.000 per jam untuk jam berikutnya.

Photo by @esaputrisaehati12

Caranya mudah, yakni memadai lakukan registrasi di booth registrasi paling dekat. Yaitu Alun-alun Bandung, seberang Museum Geologi, Taman Cibeunying, atau Kiara Artha Park. Anda hanya perlu menyiapka kartu identitas diri dan lakukan top up sedikitnya Rp10.000. Jam operasional booth registrasi adalah tiap hari pukul 08:00 sampai 15:30.

Photo by @winamfidh_

Peminjaman sepeda ada tiap hari pukul 06:00 sampai 16:00 di sebagian titik stasiun (detail stasiun yang mampu anda gunakan dapat anda lihat di Instagram @boseh.bike). Sepeda mampu dikembalikan kapan saja, sepanjang stasiunnya sanggup diakses untuk pengembalian sepeda.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :