Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Wisata Sejarah di Candi Sambisari Sambil Bersantai di Rerumputan Hijau nan Lapang – Harga Tiket Masuknya Terjangkau Parah!

/
/
/
56 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Sempat terkubur berabad-abad di dalam tanah, Candi Sambisari yang ditemukan kembali oleh seorang petani tak pernah pudar memancarkan pesonanya. Kini, candi yang lokasinya lebih rendah berasal dari permukaan tanah di sekitarnya itu jadi salah satu candi yang ramai di kunjungi wisatawan.

Candi Sambisari
Photo by @wicak54na

Sejarah Candi Sambisari

Berabad-abad yang lampau, kawasan utara Yogyakarta jadi pusat peradaban Mataram kuno. Di daerah ini candi-candi yang di dirikan sebagai area pemujaan maupun simbol prestise. Semuanya berdiri bersama dengan gagah, berderet-deret berasal dari kaki Merapi hingga pegunungan Batur Agung.

Candi Sambisari
Photo by @andrebelong

Hingga selanjutnya tiba suatu masa di mana Gunung Merapi erupsi dahsyat dan memuntahkan material vulkanik ke segala penjuru. Sehingga memporak-porandakkan kehidupan penduduk dan juga mengubur candi-candi tersebut. Salah satu candi yang terkubur terlalu di dalam adalah Candi Sambisari.

Candi Sambisari
Photo by @dolan.aja

Saat candi-candi lain mulai di temukan, candi ini masih asyik tertidur di dalam tanah, tak tersedia yang tahu keberadaannya. Hingga kelanjutannya pada suatu pagi yang biasa, tersedia seorang petani bernama Karyowinangun yang menemukan salah satu bagian candi tersebut.

Candi Sambisari
Photo by @farnsygr

Kala itu Karyowinangun sedang mencangkul sawahnya, tetapi mata cangkulnya membentur bongkahan batu denga pahatan di permukaannya. Setelah di teliti oleh Dinas Kepurbakalaan, kelanjutannya di ketahui bahwa batu tersebut merupakan komponen candi. Sehingga berikutnya di laksanakan eskavasi dengan kata lain penggalian lanjutan.

Photo by @rinariesta

Perlu waktu nyaris 3 windu untuk menyelesaikan proses eskavasi sampai rekonstruksi bangunan. Sejak di temukan pada tahun 1966, candi ini baru selesai dipugar pada tahun 1987. Sesuai bersama nama desa daerah ia di temukan, candi ini pun diberi nama Candi Sambisari.

Aktivitas Wisata di Candi Sambisari

1. Menyusuri Jejak Sejarah berasal dari Dinding Candi dan Museum

Photo by @dickyovibian

Kalau anda penikmat sejarah, maka berkeliling Candi Sambisari sembari mengamati cermat arsitekturnya dapat menjadi perihal yang menarik untuk dilakukan. Karena di dalam kompleks candi ini kamu juga bakal menemukan relung-relung candi yang berisikan arca. Mulai berasal dari arca Dewi Durga, arca Ganesha, sampai arca Agastya. Selain itu ada juga lingga dan yoni di dalam bilik candi yang memastikan bahwa candi ini dulunya berguna sebagai area pemujaan kepada Dewa Syiwa.

2. Mengabadikan Keindahan Candi Lewat Foto

Photo by @sesarjourney

Selain arca-arca bersejarah, Komplek Candi Sambisari juga menawarkan pesona tersendiri bagi siapa pum yang menyambanginya. Tidak hanya terdiri dari bangunan candi saja, di kawasan ini juga terkandung hamparan rumput hijau dan taman yang teratur dengan rapi. Di tambah juga dinding tanah yang melingkari candi berhiaskan bersama postingan Candi Sambisari dari perdu yang indah.

3. Bersantai Sambil Menghabiskan Waktu Menanti Senja

Photo by @malamuseum

Setelah nikmati keindahan bangunan candi, tidak ada salahnya jikalau kamu bersantai di sekitaran candi sembari menggunakan sementara bersama dengan orang-orang terdekat. Komplek Candi Sambisari ini sesungguhnya mempunyai taman yang lumayan luas dan banyak tumbuh rerumputan hijau supaya cocok di jadikan sebagai tempat untuk bersantai dan melepas diri berasal dari kepenatan formalitas sehari-hari.

Lokasi dan Akses Menuju Candi Sambisari

Photo by @w.iwik_

Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kec. Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta candi ini berjarak kira-kira 12 km arah timur.

Photo by @yunitahp_

Untuk capai candi ini anda bisa menyusuri Jalan Raya Jogja – Solo. Sesampainya di pertigaan Bandara Adi Sutjipto anda tetap kudu lurus terus. Begitu menjumpai pertigaan bersama dengan penanda Gedung Balai Diklat Keuangan Yogyakarta, silakan belok kiri menuju utara. Selanjutnya, tak sampai 10 menit anda dapat tiba di Candi Sambisari yang terdapat di tempat perkampungan warga.

Harga Tiket Masuk Wisata

Sementara untuk jam buka dan harga tiket masuk wisatanya, mampu kamu menyaksikan di kolom tersebut ini:

Photo by @teeyyee__
  • Harga tiket wisatawan domestik Rp 5.000 per orang
  • HTM wisatawan mancanegara Rp 10.000 per orang
  • Jam Buka 08.00 – 16.00 WIB

Nah, itulah sedikit info yang mampu kami sampaikan buat kalian. Semoga bermanfaat dan menaikkan referensi destinasi liburan anda di th. 2022 ini. Selamat nikmati akhir pekan!

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :