Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Mengenal Air Terjun Penimbungan, Aliran Air dari Segara Anak Gunung Rinjani – Ini Jalur Pendakiannya!

/
/
/
500 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) tersedia objek wisata cantik bernama Air Terjun Penimbungan. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Rinjani.

Air Terjun Penimbungan
Photo by @__nandut

Jalur Pendakian Menuju Air Terjun

Jika mendaki Rinjani, Anda bisa nikmati keindahan air terjun ini. Air Terjun Penimbungan berada di jalan pendakian Torean. Torean adalah jalur pendakian Gunung Rinjani yang jadi daerah favorit para pendaki daripada Sembalun dan Senaru.

Air Terjun Penimbungan
Photo by @lombokfunhiking

Pendaki Gunung Rinjani kebanyakan lebih pilih untuk lewat Garis Torean gara-gara tak hanya aksesnya mudah, di sini termasuk tersedia bonus dari alam yaitu pemandangan Air Terjun Penimbungan. Dari puncak bukit, Anda dapat lihat air deras yang turun dari puncak tebing setinggi 100 meter. Keindahan alam ini memang punyai daya magnet tersendiri bagi para pendaki.

Air Terjun Penimbungan
Photo by @rozikin_star0654

Bagi para pendaki yang lewat jalan ini, Air Terjun Penimbungan menjadi bonus tersendiri menghilangkan rasa capek selama pendakian.

Air Terjun Penimbungan
Photo by @osisam

Aliran Air Terjun Penimbungan bersumber berasal dari Segara Anak, yaitu danau yang tepat berada di tengah-tengah bekas letusan Gunung Rinjani. Debit airnya terlalu deras dan berwarna biru toska. Bahkan dapat mengundang kabut di bawahnya.

Photo by @lomboktraveler_

Di kurang lebih air terjun terapit oleh tebing-tebing menjulang, supaya air jatuh ke kolam di bawahnya menimbulkan nada gemuruh. Jika tidak berkabut, Anda mampu mengabadikannya dengan kamera yang anda bawa. Keindahan alam ini hanya bisa anda saksikan dari atas Lembah Sungai Putih sebab medan untuk menuju bawah air terjun terlampau terjal dan berbahaya.

Photo by @rull._

Tebing yang curam memenuhi hampir semua wilayah kira-kira air terjun. Udara di kurang lebih air terjun sangat dingin. Saking dinginnya cuaca di sekitar gunung, membuat aliran air terjun terlihat seperti berasap. Bahkan kerap kali hanya terlihat kabut putih memenuhi nyaris semua kawasan air terjun.

Lokasi Air Terjun

Air Terjun Penimbungan dapat anda tempuh lebih kurang dua jam dari Dusun Torean, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun. Desa yang terletak di ketinggian 1.156 mdpl ini sebenarnya tidak sepopuler jalur pendakian lainya seperti Sembalun dan Senaru.

Photo by @laluzeka_jaya

Jalur Torean ini biasa dipilih oleh pendaki sebab pada mulanya mereka telah melewati jalur Rinjani lainnya, supaya sekadar idamkan melihat dan merasakan sendiri jalur yang konon terbilang paling terjal.

Photo by @sanflow._

Jalur Torean biasa digunakan oleh para peziarah yang bakal lakukan ritual kepercayaannya di Danau Segara Anak maupun di sumber air panas yang tersedia di dekat Segara Anak. Itulah mengapa jalan Torean diakui sakral dan memadai menyeramkan.

Rute Menuju Lokasi

Untuk menuju Air Terjun Penimbungan ini mampu anda tempuh dari Kota Mataram. Dengan pakai kendaraan L-300 ke Pasar Anyar di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun. Anda akan menempuh perjalanan kira-kira tiga hingga empat jam.

Photo by @cilukk__

Selanjutnya berasal dari Pasar Anyar, perjalanan diteruskan kembali bersama naik ojek ke Dusun Torean, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun tidak cukup lebih satu jam perjalanan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :