Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Intip Megahnya Air Terjun Haratai di Lereng Gunung Meratus Kalimantan Selatan, Trekk-nya Seru & Menantang!

/
/
/
63 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Air Terjun Haratai – Suku Dayak Meratus merupakan sebuah nama gabungan dari suku-suku Dayak yang tinggal di sepanjang kawasan Pegunungan Meratus yang ada di Kalimantan Selatan. Ada sebuah nilai luhur yang sebabkan beberapa orang kagum, bahwa kelestarian alam lebih miliki nilai berasal dari harta ataupun materi lainnya. Sehingga keberadaan air terjun jadi benar-benar dissakralkan bagi Suku Dayak Meratus.

Air Terjun Haratai
Photo by @iis_nb

Air Terjun Haratai, sebuah air terjun yang terlalu elok di tengah alam yang masih asri. Air Terjun Haratai adalah air terjun yang berada di deretan pegunungan Meratus, serta berada di kawasan wisata Loksado.

Air Terjun Haratai
Photo by @bbyblue.1

Loksado merupakan nama sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Hulu Sungai Provinsi Kalimantan Selatan. Disebut wilayah wisata atau kawasan wisata Lokasado, dikarenakan di sana terdapat wisata alam dan juga budaya Suku Dayak yang dapat dilihat oleh para pengunjung.

Trekking Atau Akses Jalan Menuju Air Terjun

Jika kalian menggunakan kendaraan roda empat atau mobil, maka hanya dapat sampai ke Desa Haratai, gara-gara akses jalan setelah itu wajib pakai sepeda motor dan melewati beberapa kali jembatan gantung.

Air Terjun Haratai
Photo by @ashafakamila

Jika berlangsung kaki tentu kalian akan kelelahan, karena jaraknya cukup jauh. Para pengunjung umumnya menggunakan fasa rental motor yang disajikan oleh masyarakat. Tarifnya kurang lebih Rp. 60.000 sampai Rp. 100.000.

Air Terjun Haratai
Photo by @bgsal__

Kendaraan motor kudu berhenti di lokasi parkiran yang jaraknya agak berjauhan bersama dengan gapura utama atau pintu masuk air terjun. Trekking awal pun dimulai berasal dari lokasi parkir. Perjalanan pertama, para pengunjung akan melewati sebuah jembatan gantung yang langsung sampai di daerah pintu masuk tempat wisata.

Air Terjun Haratai
Photo by @dsysafitry

Terdapat sebuah papan peringatan, bahwa jembatan tersebut maksimal hanya bisa dilalui oleh 10 orang saja. Demi keamanan, maka tiap-tiap pengunjung kudu mentaatinya. Kondisi jalan berasal dari Desa Haratai hingga ke wilayah utama air terjun telah cukup baik. Jalurnya udah berbentuk susunan tembok atau coran.

Lokasi dan Alamat Tempat Wisata

Photo by @aammaarra_

Lokasi air terjun ini terdapat di kawasan Pegunungan Meratus. Adapun alamat wisata ini berada di Desa Haratai, Kec. Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Provinsi Kalimantan Selatan.

Rute Menuju Lokasi Air Terjun

Rute menuju air terjun ini jika anda berasal dari Banjarmasin sangatlah jauh. Jarak Banjarmasin hingga ke air terjun lebih kurang 154 kilometer, bersama dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam perjalanan.

Photo by @anoy_elbarack

Untuk sampai ke Desa Haratai dapat memakai kendaraan roda dua atau kendaraaan roda empat. Jalannya udah bagus. Dari Desa Haratai dilanjutkan bersama memakai sepeda motor atau bisa terhitung jalan kaki.

Harga Tiket Masuk Wisata

Harga tiket masuk wisata alam ini adalah sebagai berikut:

Photo by @m.sandriii_
  • Tiket masuk Rp. 5.000 cost
  • Parkir Rp. 5.000 ongkos
  • Rafting Rp. 300.000 cost
  • Sewa motor Rp.60.000

Jam Operasional

Photo by @msyamrin

Jam buka Air Terjun Haratai buka sepanjang 24 jam dari hari Senin sampai dengan hari Minggu. Demikian Info perihal Air Terjun Haratai. Sebuah nilai luhur yang dapat kami ambil dari masyarakat Suku Dayak Meratus, bahwa ternyata masih banyak yang lebih berharga tak hanya uang, yaitu alam.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :