Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Taman Burung TMII, Objek Wisata Favorit Keluarga Untuk Ajak Anak Liburan Saat Akhir Pekan

/
/
/
17 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Lokasi Taman Burung TMII: Jalan Raya TMII, Ceger, Cipayung, Jkt Timur 13550
HTM: Rp.20.000 per Orang
Jam Operasional: 08.00 – 16.00
Telephone: (021) 8401702

Taman Burung TMII

Berlibur ke Jakarta? Saat memijakkan kaki di Ibu-kota dalam rencana berlibur, lokasi yang mana selekasnya di tuju? Kemungkinan dari beragam lokasi menarik di Ibu-kota, Anda akan selekasnya singgah ke mall mewahnya.

Jakarta jadi kota dengan banyak rekreasi dan mallnya yang menarik. Tetapi, apa tidak jemu bila sekedar hanya ke mall-mall yang ada di sana?

Taman Burung TMII

Kenapa kita tidak coba berkunjung rekreasi yang lain lebih menambahkan pengetahuan? Apa lagi bila kita ajak buah kesayangan untuk liburan bersama.

Salah satunya lokasi rekreasi sayang untuk di lewati saat mengunjungi Jakarta ialah Taman Burung TMII.

Sekilas Tentang Taman Burung TMII

Rekreasi ini ialah teritori rekreasi dengan deskripsi miniatur berkenaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke dan beragam jenis kebudayaan di dalamnya. TMII sebetulnya di buat di jaman Presiden RI ke 2 yaitu Ir. H. Suharto pada tahun 1972.

Pengesahan TMII di laksanakan di tahun 1975. TMII sebagai deskripsi budaya, agama dan tradisi istiadat di negara kita.

Taman Burung TMII

Tempat ini benar-benar ramai di datangi pelancong lokal dan asing yang ingin ketahui seperti apakah kekayaan Indonesia yang sebetulnya.

Dalam lokasi rekreasi ini selainnya ada rumah tradisi dan tempat beribadah mempunyai Museum dan taman fauna dan flora.

TMII sendiri ada di wilayah Jakarta Timur, lokasi rekreasi ini lumayan banyak di datangi anak sekolah, umumnya mereka lakukan studi tour.

Lokasi rekreasi ini demikian ramai di datangi saat akhir minggu, umumnya beberapa pengunjung yang pergi ke arah tempat ini ingin menyaksikan seperti apakah bangunan tradisi dan museum. Bahkan juga kerap di jadikan tempat photo pesta pernikahan dan prewedding.

Taman Burung TMII

Di malam minggu, kerap di sejumlah anjungan propinsi ada yang melangsungkan panggung seni misalnya di Jawa tengah melangsungkan atraksi wayang.

Taman ini ada lumayan dekat dengan museum IPTEK dan MIGAS. Taman burung sendiri di sahkan pada tahun 1986 persisnya pada tanggal 27 April dengan mempunyai 9 kubah.

Taman Burung TMII

Kubahnya sendiri terdiri jadi 2 sisi yaitu kubah sisi timur dan kubah sisi barat.

Lokasi ini memiliki koleksi burung sekitar 176 tipe burung dan jadi penangkaran burung terbesar di Indonesia.

Dalam taman burung kita bisa mendapati danau yang besar. Di danau ada angsa warna hitam dan putih. Ada pula burung pelikan yang berenang. Koleksi ikan di dalamnya juga tidak ingin kalah.

Luas rekreasi ini sendiri ialah 6 hektar dan memiliki tempat parkir kendaraan cukup luas. Tempat ini disiapkan kafetaria di pintu keluar.

Taman Burung TMII

Koleksi satwa burung di sini memang banyak sekali, bahkan juga jadi tempat karantina burung sakit dan membutuhkan perawatan.

Lokasi yang Menarik

Saat berkunjung TMII, janganlah lupa berkunjung di Taman Burung. Setelah bayar ongkos ticket masuk dan melangkah kaki di tempat taman, tepat di dekat pintu masuk, kita langsung di songsong beberapa ekor nuri cantik.

Setelah stop sesaat untuk menikmatinya, kita dapat meneruskan perjalanan dengan telusuri jalan untuk masuk di kubah kawat raksasa. Kubah ini berisi koleksi burung dari Indonesia sisi barat.

Kubah terbesar memiliki diameter 68 mtr. dan tinggi 30 mm, untuk kubah paling kecil 20 mm dan tinggi capai 9 meter. Di semua kepulauan Indonesia diprediksi 250 tipe burung hidup di sana.

Untuk burung yang berada di Indonesia sisi barat meliputi pada bagian Jawa, Bali, Kalimantan dan Sumatera. Untuk daerah timur seperti Sulawesi, Papua, Nusatenggara, Maluku dan pulau kecil di sekelilingnya.

Kontur tanah pada kubah khusus di bikin bergelombang. Kita dapat menyaksikan di sejauh pelintasan kandang sebagai tempat hidup satwa seperti Beluk Ketupa, Elang Bondol, Elang Laut Dada Putih sampai tempat makan burung yang di diamkan jalan bebas di kubah.

Taman Burung TMII

Burung memiliki ukuran besar yang memikat di lokasi ini adalah Mambruk Ubiaat, Merak Hijau, Tingkatan, Julang dan Kasuari.

Untuk Mambruk Ubiaat atau Goura Cristata datang dari Papua yang memiliki mahkota elok pada bagian kepalanya seperti renda.

Danau bikinan di sini jadi tempat benar-benar nyaman untuk pelikan putih dengan garis-garis hitam benar-benar cantik. Umumnya mereka berenang dengan lamban dan rileks di atas air. Tidak cuma pelikan, ada juga angsa, belibis dan bebek di danau ini.

Danau bikinan di pakai untuk minum dan mandi. Di kubah besar, kita dapat mendapati tempat di atas gundukan bikinan, di mana kita dapat berpose bersama dengan Julang Sulawesi dan burung Hantu. Koleksi di sini ada 2000 ekor dan terdiri dari 167 tipe.

Taman Burung TMII tetap jadi tempat terbaik jika kita mengunjungi kompleks TMII. Lokasi rekreasi ini pas untuk semua umur. Kita dapat berjalan pada sejauh pelintasan dalam jejeran kubah besar.

Kita di kasih peluang untuk menyaksikan jarak dekat koleksi burung liar dari sisi timur dan barat Indonesia. Maka tentu jadi makin ingin tahu dengan rekreasi ini bukanlah?

Beberapa Aturan

Sebagai pengunjung rekreasi yang bagus, Anda harus patuhi beragam ketentuan yang telah dibikin oleh petugas. Saat masuk, Anda menyaksikan tulisan “Selamat Tiba” dan aturan-aturan di bawahnya.

Berikut sejumlah ketentuan itu, dilarang memberikan makan satwa dan jangan bawa masuk makanan atau minuman di kubah barat dan timur.

Pada kubah itu banyak burung dalam kandang. Tapi banyak pula hewan yang bebas di luar kandang.

Burung yang telah dirawat di sini sudah dikasih pakan khusus. Hingga bila Anda memberikan makanan atau mungkin tidak menyengaja jatuhkan serpihan kubah, hewan dapat memakannya. Jika makanan tidak pas, satwa jatuh sakit.

Oleh karenanya sedapat mungkin habiskan makanan Anda saat sebelum masuk di kubah. Disebelah kanan dan kiri masuk telah disiapkan kotak sampah untuk buang makanan.

Pelancong pun tidak bisa merokok, mengusik satwa di situ dan mencapai rumput. Mengusik dan permainkan satwa akan mencelakakan Anda sendiri dan seseorang disekitaran Anda.

Harga Ticket Masuk Taman Burung TMII

Tidak boleh memikirkan harga mahal untuk masuk di teritori rekreasi ini karena untuk masuk di lokasi menarik ini, Anda cukup bayar Rp 20 ribuan. Maka cukup irit kan?

Jalur Ke arah Lokasi

Jika memakai transportasi umum seperti KRL silakan turun di stasiun duren, teruskan perjalanan dengan angkot T57 sampai PGC lalu angkutan KWK T01 atau T02 supaya sampai di arah.

Jika memakai mobil individu, Anda dapat sampai dengan gampang dan cepat. Tinggal mencari di Google Map jalur ke arah rekreasi cukup turuti jalur dan akan datang di arah.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :