Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

10 Kuliner Khas Lombok Ini Tak Boleh Terlewatkan kala Berlibur di Lombok – Pilih Mana yang Bikin Kamu Penasaran!

/
/
/
400 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Tak kalah dari Bali, Lombok belakangan juga jadi tidak benar satu tempat singgah favorit para pelancong. Pantai dan panorama alamnya tak kalah elok daripada Pulau Dewata. Sederet kuliner khas Lombok pun siap membuai mereka yang mengaku petualang rasa.

Kuliner Khas Lombok
Photo by @kulinerdilombok

Kuliner Khas Lombok punyai karakteristik serupa bersama Bali. Kebanyakan masakannya menggunakan bumbu rempah bersama dengan rasa memadai tajam. Tak jarang memanfaatkan hasil laut layaknya ikan dan lainnya.

Kuliner Khas Lombok

Masing-masing daerah di Lombok memiliki ciri khas sendiri. Baik dari segi budaya maupun sajian makanan. Demikian halnya dengan Lombok Utara, tersedia sebagian warisan kuliner unik yang pantang anda lewatkan.

Kuliner Khas Lombok
Photo by @arie_whuzy

Namun sebelum mengawali wisata kuliner, sebaiknya anda berkonsultasi dulu bersama dengan warga setempat. Mereka biasanya lebih menyadari soal warung mana yang tawarkan versi terbaik sebuah hidangan. Tentu rugi jika udah jauh-jauh ke Lombok namun tak makan di warung atau restoran legendaris setempat.

Kuliner Khas Lombok
Photo by @delavalent

Hidangan khas Lombok yang mampu anda jajal adalah Sate Tanjung. Beda berasal dari sate kebanyakan yang pakai daging sapi atau ayam, masakan ini memanfaatkan daging ikan. Para pelancong kini sanggup menyantapnya kapan saja, usai sebelumnya Sate Tanjung cuma ada kala upacara adat. Nah, inilah kuliner favorit khas Lombok yang paling populer dan patut kamu coba.

1. Plecing Kangkung

Berkunjung ke Negeri Seribu Masjid tentu tak lengkap kalau tak menyantap Plecing Kangkung Opak-Opak. Plecing sendiri merupakan makanan tradisional Lombok. Kangkung dihidangkan bersama dengan parutan kelapa plus sambal pedas.

Kuliner Khas Lombok
Photo by @apa.sajaenak

Namun yang membuat Plecing Kangkung Lombok Utara berlainan adalah penggunaan opak-opak. Opak adalah kerupuk yang berbahan dasar dari ubi batang. Kombinasinya sungguh mantap dan akan terasa lebih nikmat kecuali disantap bersama dengan nasi hangat.

2. Ares

Berikutnya ada Ares. Jangan khawatir, ini bukan nama Dewa Perang berasal dari mitologi Yunani. Sebaliknya, makanan asli Lombok satu ini memakai bahan dasar pelepah pisang plus santan. Biasanya terdapat saat upacara pernikahan Suku Sasak.

Kuliner Khas Lombok
Photo by @warung_ngerampak

Untungnya, kini para pelancong sanggup menyantap Ares kapan saja. Sudah ada sejumlah restoran di Lombok yang menawarkan menu ini. Sama layaknya Plecing Kangkung, Ares akan terasa lebih lezat jikalau disantap bersama nasi putih.

3. Ayam Taliwang

Jangan lupa untuk menjajal kenikmatan Ayam Taliwang. Tak tersedia sumber spesifik yang mengkonfirmasi bahwa makanan ini adalah sajian asli Lombok Utara, tapi pastinya anda sanggup menemukan sajian satu ini di seluruh sudut Lombok.

Kuliner Khas Lombok
Photo by @sampeyanndalem

Ayam Taliwang terhadap dasarnya adalah ayam bakar biasa, namun kelezatan khasnya tersedia di bumbu pedasnya yang fenomenal. Para pecinta masakan pedas dijamin akan segera ketagihan begitu sekali mencicipi. Masakan ini umumnya adaa di hampir semua restoran maupun warung di Lombok. Pantang terlewatkan kalau anda sedang berada di Negeri Seribu Masjid.

4. Sate Bulayak

Sate dan Bulayak adalah dua hal yang berbeda. Bulayak sendiri adalah makanan Lombok yang tekstur dan bahannya mirip dengan ketupat. Hanya saja, Bulayak dibungkus bersama Daun Aren dan berupa memanjang.

Photo by @kulinerdilombok

Sedangkan terhadap anggota satenya, Sate Bulayak tidak menggunakan bumbu kacang melainkan bumbu santan kemiri yang gurih menggoda.

5. Sate Rembiga

Bertandang ke Kota Mataram, anda kudu banget membeli dan melahap kuliner yang satu ini. Sate Rembiga dapat memanjakan lidah lewat potongan daging sapinya yang empuk dan gurih.

Photo by @dickykuliner

Didampingi bersama menu pelengkap Lontong, Sate Rembiga tak hanya melulu berisi potongan daging melainkan termasuk dapat divariasikan bersama dengan potongan hati sapi.

6. Jaje Tujak

Photo by @mosyakur

Mendekati moment lebaran, makanan khas Lombok ini otomatis tersuguh di seantero wilayah Lombok. Di Jawa, Jaje terkenal dengan julukan Tetel, yang mana terbuat dari bahan dasar Beras Ketan. Sedangkan sebagai pendampingnya, Jaje Tujak dihidangkan bersama Poteng dengan sebutan lain Tape.

7. Bebalung

Photo by @taliwanghhusin

Berisi potongan iga dan tulang sapi bersama dengan kuah kaldu, Bebalungan cocok banget untuk anda yang doyan makanan berkuah. Kuah Bebalung pun tak ketinggalan menggunakan bumbu dengan rasa pedas berkat campuran cabai rawit dan rempah pilihan. Sekali menyeruput, pasti dapat ketagihan!

8. Beberuk Terong

Photo by @susie.agung

Beberuk Terong dapat bersama mudah anda jumpai di warung-warung makanan tradisional Lombok. Terdapat dua varian yang mampu anda pilih, yakni varian Beberuk Terong Bulat mentah atau Beberuk Terong bakar suwir. Cita rasanya terkenal pedas dan segar karena Mengenakan bumbu basic ala Pelecing. Jadi penasaran idamkan mencoba, ya?

9. Sate Pusut

Photo by @warung_pesantimbul

Jika Bali punyai sajian Sate Lilit, maka Lombok memiliki yang namanya Sate Pusut. Keduanya sama-sama merupakan sate yang terbuat berasal dari perpaduan daging dan kelapa parut. Hanya bedanya, Sate Lilit pakai daging ikan, kala Sate Pusut justru Mengenakan bahan daging sapi yang gurih.

10. Lebui

Photo by @roemahkayana

Panganan ini terbilang unik karena mengkombinasikan Kedelai Hitam dengan kuah berbumbu khas yang rasanya asam pedas. Dengan begini, penikmat Lebui kebanyakan menikmati sajian ini dengan Nasi Putih hangat. Guna mencicipinya, anda mampu memesan Lebui di warung-warung makanan khas tradisional Lombok.

Itulah tadi sederet wejangan makanan khas Lombok yang bakal membuai lidah anda. Kini kalian tak mesti bingung ulang menentukan tujuan wisata kuliner, kecuali suatu kala berkesempatan jalan-jalan ke Pulau Seribu Masjid.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :