Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Gunung Batukaru, Menikmati Keindahan Alam di Gunung Tertinggi Kedua di Bali – Kecintaan Para Pendaki nih!

/
/
/
119 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Bali mempunyai lima gunung yang menjadi unggulan pendaki. Gunung-gunung tersebut ada yang masih aktif dan sudah tak aktif. Salah satu yang sudah tidak aktif itu ialah Gunung Batukaru, gunung tertinggi kedua di Bali setelah Gunung Agung.

@wayanbagas86

Lokasi dari Gunung Batukaru yaitu di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali dengan ketinggian sekitar 2.276 meter di atas permukaan laut.

Sama seperti puncak gunung lainnya di Bali di mana menjadi daerah sakral untuk ibadah umat Hindu, termasuk Gunung Batukaru. Oleh sebab itu di sebelah selatan Gunung Batukaru terdapat sebuah pura bernama Pura Luhur Batukaru yang sudah ada semenjak abad ke 11. Pura Luhur Batukaru juga disebut sebagai Pura Sad Kahyangan.

Gunung Batukaru
@ajiandrianto

Jalanan Pendakian Gunung Batukaru

Gunung yang sudah tidak aktif ini yaitu satu-satunya tempat di Bali yang masih tertutupi hutan belantara. Oleh karena itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama jikalau melaksanakan pendakian ke sana.

Meskipun jarang dikunjungi oleh pelancong, di bawah pura terdapat banyak titik unik dan menarik yang tentunya bisa diamati. Jalur pendakiannya bisa melalui Desa Jatiluwih, Desa Wongaya Gede dan Desa Pujungan.

Gunung Batukaru
@akbarhendar

Trek yang tak jarang dilalui merupakan Desa Pujungan karena lebih pesat dibanding dua jalur lainnya. Kecuali itu jalanan pendakian dapat dilalui oleh pemula. Tapi karena medannya berat jadi lebih bagus dipandu seorang pemandu.

Sebelum mendaki ke Gunung Batukaru alangkah pantasnya dengan menyiapkan kelengkapan seperti jas hujan dan air minum yang banyak karena tak ada kios makan di sekitarnya.

Gunung Batukaru
@igb.angga

Start diawali dari Pura Luhur Batukaru dan membutuhkan waktu sekitar 5 hingga 6 jam untuk mencapai puncaknya. Berkunjung ke lokasi ini memang seperti uji nyali sebab tertutup oleh hutan belantara sehingga perjalanan menjadi gelap.

Gunung Batukaru
@pajarkusumawati

Banyak juga pelancong yang datang untuk berkemah di sebuah daerah yang memang sudah tersedia. Pelancong tersebut bisa melihat pemandangan sang surya terbit yang indah dari puncak gunung.

Sesampainya di sana, kalian bisa memperhatikan sebuah pemandangan berupa sumber air panas dan tiga danau kawah.

Gunung Batukaru
@faridamertasari

Selain itu apabila mujur akan bertemu dengan berjenis-jenis jenis binatang seperti lutung, jalak Bali, ayam hutan, kijang dan sebagainya.

Penginapan

Penginapan dekat Gunung Batukaru ialah Bali Mountain Retreat yang berlokasi di Banjar Biyahan, Desa Wanagiri, Tabanan. Tarif sewanya ialah Rp472.000 dan sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti yoga class, double bed, meja, restoran, kebun dan sebagainya. Pemesanan dapat melewati akun Instagram @balimountainretreat.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :