LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Curug Cisarua, Salah Satu Objek Wisata Alam Terbaik di Garut – Trekking Menuju Curug yang Mengasyikkan

/
/
/
0 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Wisata Curug Cisarua ini ialah salah satu tamasya curug atau air terjun yang ada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Seperti yang kalian tahu di kota dodol ini memiliki destinasi tamasya alam yang cukup banyak. Semisal saja: Curug Orok, Desa Wisata Sindang Beri, Pantai Sayangheulang, Papandayan, Curug Sang Hyang Taraje, Pokoknya masih banyak lagi banget deh….

Curug Cisarua
@_yogann

Kali ini aku akan mengulas tentang salah satu curug atau air terjun yang ada di Kabupaten Garut, tepatnya di Kecamatan Cilawu, yaitu Curug Cisarua.

Rupanya bukan cuma Bogor yang memiliki Curug Cisarua, di Garut bahkan ada sebuah curug yang bernama Curug Cisarua. Yang berada di kaki Gunung Cikuray, dan lokasinya cukup tersembunyi. Curug mulai diresmikan dan diciptakan destinasi liburan pada tahun 2016 oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Curug Cisarua
agunggumellar_

Curug Cisarua berada di Ketinggian 1.400 Mdpl yang lumayan betul-betul tinggi untuk ukuran curug, so pastinya panoramanya menawan banget.

Tidak lupa juga bagi kalian yang ingin berkunjung kalian dapat sekaligus datang ke Curug Aden dan Curug Cihanyawar sebab lokasinya tak terlalu jauh dari curug ini.

Curug Cisarua
@chanderaaa

Trekking Curug Cisarua

Karena berada di ketinggian sekitar 1.400 mdpl, dan berada cukup tersembunyi, secara tidak langsung kau telah mengetahui bahwa seharusnya mengerjakan trekking terutama dahulu.

Ya, untuk merasakan keindahan Curug Cisarua, kamu wajib menjalankan trekking dengan menelusuri jalan setapak yang masih rindang dengan hiasan alam yang teduh.

aleguntur

Jalan setapaknya masih berupa tanah dan bebatuan, dikiri dan kanannya sebagian tertutupi sebagian tanaman yang cukup tinggi.

Masuk jalan atau trekking dari parkiran menuju Curug Cisarua ini mencapai sekitar 2 Km atau dengan estimasi waktu sekitar 25 menit.

Curug Cisarua
ali_babah83

Rasa lelah tidak semacam itu kau rasakan, karena sepanjang perjalanan menikmati panorama yang betul-betul menawan, dengan via perkebunan sayuran dan juga zona pesawahan.

Sesudah berjalan lama kalian akan lewat aliran sungainya dengan jembatan dari sebagian batang pohon kayu di harapkan kalian hati-hati ya saat melaluinya.

capung__senja

Kau bisa juga menjadikannya sebagai titik untuk berfoto, dengan latar aliran Curug Cisarua yang cukup tinggi.

Lokasi

Lokasi Curug Cisarua ini bertempat tinggal di Kampung Kopi Patrol, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

dre.andry

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju Curug Cisarua ini bila dari Garut kota, akan mencapai dengan perjalanan sekitar 23 Km, dengan estimasi waktu 50 menit via jalan menuju Cilawu ke arah Tasik.

Kalian bisa datang kesini dengan kendaraan roda 2 maupun roda 4, dengan kendaraan awam malah bisa dengan menaiki angkutan perkotaan rute cilawu warna putih biru lalu turun dengan tolok ukur Pasar Bojong Loa deket sd dan pangkalan ojek.

Curug Cisarua
hardiyantisucy

Dari situ kalian belok ke arah kanan dari jalan raya akan mendapatkan jalan masuk ke Desa Sukamurni, lalu kalian akan mengikuti jalan jalan masuk ke Desa Kopi waktu yang dicapai sekitar 15 menit.

Sesudah itu kalian ikuti jalan hal yang demikian sampai sampai di belokan segera tampak pos ronda dengan bertuliskan arah dari daerah parkir ke arah Curug Cisarua.

imanarman24

Harga Tiket Masuk

Untuk harga karcis masuk Curug Cisarua tak ada tiket masuk resminya, tapi tiap-tiap pengunjung yang datang ketempat ini diharuskan membayar sebesar Rp. 6.000,-/orang dan itu telah termasuk biaya parkir.

Namun saya sendiri waktu mengunjungi objek wisata ini, tak mengeluarkan tarif sepeserpun. Sebab tidak ada yang berjaga. Mungkin karena pengunjung yang datang masih jarang.

Curug Cisarua
ireffaslah

Jam Buka

Jam operasional Curug Cisarua dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop. Waktu terbaik mengunjungi Curug Cigamea merupakan di pagi hari dengan kondisi alam yang masih adem,

Dan kalian bahkan juga masih punya banyak waktu untuk mengeksplor curug lain yang ada di sekitarnya seperti Curug Aden dan Curug Cihanyawar.

mr.shm93

Fasilitas

Fasilitas di sekitar curug tak ada apa-apa, yang ada hanya rindangnya pohon-pohon berserta deburan curug yang menenangkan. Adapun fasilitas pensupport hanya tersedia di lokasi parkir, seperti:

  • Area parkir kendaraan,
  • Kios makanan dan minuman,
  • Kamar mandi,
  • Mushola.
Curug Cisarua
odankajah
Tips Sebelum Berwisata
  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, tidak mendung apalagi turun hujan.
  • Pakai alas kaki yang nyaman dan tak licin.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman, sebagai bekal kamu.
  • Jaga senantiasa kebersihan di sekitar lokasi Curug Citiis.
Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :