Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Wisata Kuliner Cirebon Tanpa Udang Aman Buat Pecinta Kuliner yang Alergi Udang

/
/
/
55 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Wisata Kuliner Cirebon Tanpa Udang – Panggilan Cirebon tidak lain ialah kota Udang, sampai pemerintahan Cirebon menggunakan simbol dengan simbol udang. Tetapi tidak selama-lamanya kulineran ciri khas Cirebon di buat dari udang-udangan sesuai julukan. Memang perairan Cirebon sangat gampang memperoleh udang laut sampai udang tawar. Letak geografisnya yang di lewati oleh enam sungai ini dan perairan Cirebon bebas dari sampah membuat udang bisa lebih cepat berkembang biak.

Bahkan saat sebelum berdirinya kesultanan Cirebon telah berdiri kerajaan bernama Pakungwati yang memiliki arti udang. Pada jaman penjajahan Belanda juga penetapan wilayah cirebon ini telah di panggil kota Udang. Tetapi bergulirnya waktu saat tahun 1980 udang mulai perlahan-lahan lenyap dan tipis.

Stock udang semakin tipis sebagai bahan baku makanan khusus karena mulai tercemar sampah rumah tangga dan pabrik. Ini benar-benar punya pengaruh pada harga kulineran dengan bahan baku udang. Sampai pada akhirnya jarang customer cari karena harga mulai naik mencolok. Nach perubahan ke makanan dengan bahan baku non udang mulai ramai di Cirebon seperti pembahasan di bawah ini.

Empal Gentong

Kuliner Cirebon Tanpa Udang – Empal Gentong ialah makanan terkenal warga Cirebon dan jadi terpopuler di kota ini sampai jadi makanan ciri khas Cirebon. Umumnya empal gentong di tawarkan dengan memakai kuali dari tanah liat. Wewangiannya semakin mengunggah hasrat karena di panaskan dengan memakai kayu bakar.

wisata Kuliner Cirebon

Kuah kuning empal gentong begitu nikmat, memberi rasa renyah kaldu sapi. Isinya daging sapi opsi yang halus dan beberapa bermacam dalaman. Untuk yang menyukai jerohan kemungkinan opsi kulineran ini jadi tujuan utama. Benar-benar sedap!

wisata Kuliner Cirebon

Nasi Jamblang – Kuliner Cirebon Tanpa Udang

Saat ke kota Cirebon selainnya empal Gentong pelancong umumnya cari Nasi Jamblang. Nasi ini seperti nasi uduk atau nasi kucing tetapi keunikan nasi ini di buntel dengan daun jati. Asal mula nasi yang sedap untuk makan pagi atau makan siang hari ini datang dari Dusun Jampang, Kabupaten Cirebon. Karena unik dan murah, nasi jamblang akhinya terkenal dan menebar ke seantero Cirebon.

wisata Kuliner Cirebon

Lauknya benar-benar bermacam, di mulai dari ikan asin, sate kerang, perkedel, tahu sayur, tempe, bermacam pepes, ayam goreng dan lauk yang paling ciri khas seperti oseng cumi hitam dan paru goreng yang renyah dan gurih.

wisata Kuliner Cirebon

Docang

Docang dibuat dari beras yang jadi lontong, di tambahkan tauge, dan parutan kelapa dan di tambahkan daun singkong. Untuk kriuknya di tambahkan taburan krupuk seperti sayur oncom. Rasa sedap ini ada kuah yang di beri dengan parutan kelapa muda. Dan di hidangkan saat hangat supaya kesedapan rasa benar-benar nikmat.

wisata Kuliner Cirebon

Tahu Gejrot – Wisata Kuliner Cirebon Tanpa Udang

Kemungkinan pelancong telah terbiasa dengan kulineran tahu gejrot. Kamu dapat mendapati di beberapa kota besar di nusantara. Tetapi makanan inis ejatinya ciri khas kota Cirebon di mana tahu di potong cukup kecil selanjutnya disiram kuah yang berbumbu cabai, bawang putih, bawang gula, dan merah. Dihidangkan di piring kecil dengan kuah terasa manis, pedas, dan asam.

Tahu yang dipakai bukan sembarangan tahu, penjual umumnya menggunakan tahu sumedang yang memiliki tekstur lembut. Langkah mengkonsumsinya, dengan memakai tusuk gigi, karena ukuran potongannya yang kecil-kecil.

Sate Kalong

Tidak boleh salah makna ya. Sate ini bukanlah datang dari daging kalong atau kelelawar. Daging yang dipakai dibuat dari daging kerbau dan dipasarkan cuma malam hari. Karena dipasarkan saat malam hari saja karena itu diberi nama sate kalong. Rasanya unik dan berlainan dari sate lainnya. Salah satunya rasa ciri khas sate kalong ialah rasanya yang manis.

Kuliner Cirebon Tanpa Udang

Bagi yang menyukai pedas tinggal mencocolkannya pada sambal pedas. Wujud satenya juga dibikin berlainan dengan potongan daging kerbau yang panjang.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :