Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Wisata Gunung Jawa Barat yang Bisa Jadi Pilihan Untuk Para Pendaki

/
/
/
44 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya πŸ™‚
[Total: 0 Average: 0]

Jawa Barat sebagai propinsi yang banyak memiliki lokasi dengan kontur daerah gunung berapi. Pegunungan itu simpan beragam pesona serta daya tarik alam yang menakjubkan. Tetapi dibalik keperkasaan yang terpajang dari terlalu jauh, ada beberapa segi menarik di dalamnya. Berikut 7 Wisata Gunung Jawa Barat fantastis yang bisa jadi tujuan penjelajahan di Jawa Barat:

Gunung Ciremai Majalengka Jawa Barat

Mempunyai ketinggian pucuk capai 3.078 mdpl, Gunung Ciremai sebagai yang paling tinggi di Jawa Barat. Dengan Luas teritori minimal 15.500 hektar, terdiri dari daerah Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan. Kontur gunungnya berombak dengan area bukit-bukit sampai ke pucuk dengan geologi bebatuan pengendapan vulkanik. Untuk sampai ke tempat pucuk, pelancong dapat mengawali dari lajur pendakian Apuy, Linggarjati, atau Palutungan.

Wisata Gunung Jawa Barat

Selanjutnya di teritori Gunung Ciremai ada beberapa tujuan wisata. Pelancong dapat mengunjungi Lembah Cilengkrang, Sadarehe, Talaga Remis, sampai Sumber Mata Air Panilis. Selanjutnya deretan Curug ikut memeriahkan seperti Curug Sabuk, Curug Putri, Curug Sawer, atau Curug Tonjong.

Wisata Gunung Jawa Barat

Gunung Cikuray Garut Jawa Barat

Memiliki jarak lumayan dekat dari Kota Bandung, Gunung Cikuray selama ini sebagai tujuan sasaran pencinta alam. Gunung api strato ini memiliki teritori lereng berbentuk area hijau yang berselimut rimba belantara. Ada pada ketinggian minimal 2.821 mpdl, Gunung Cikuray sebagai yang paling tinggi keempat di Jawa Barat. Pucuknya menyuguhkan pemandangan negeri di atas awan dan bentangan Kota Garut dan Tasikmalaya.

Berada di tengah-tengah Kabupaten Garut, Gunung Cikuray sebagai sisi administratif dari 5 kecamatan. Untuk mendakinya ada 6 lajur yakni Kiara Janggot, Pemancar, Pamalayan, Cintanagara, Cikajang, dan Tapak Geurot. Lajur Pemancar sebagai titik awalnya dengan lokasi stasiun pemancar tv di Kabupaten Garut.

Wisata Gunung Jawa Barat

Gunung Salak Bogor Jawa Barat

Semenjak tahun 2003, Gunung Salak diatur sebagai teritori Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Mempunyai ketinggian minimal 2.211 mdpl, lokasinya terhitung daerah Bogor dan Sukabumi. Gunung berapi aktif ini mempunyai 7 pucuk gunung dengan 4 lajur pendakian. Pelancong dapat pilih jalur lewat lajur Ajisaka, Pasar Rengit, Cimelati atau lajur Cidahu.

Gunung Salak memang terkenal dengan beberapa rekreasi air terjunnya yang mempesona. Sebutlah saja Curug Nangka, Curug Mulia, Curug Cigamea, Curug Bersembunyi, Curug Seribu, dan Curug Pangeran. Area Kawah Ratu yang dipunyainya jadi lokasi yang terkenal di kelompok wisatawan.

Wisata Gunung Jawa Barat

Memiliki predikat terangker di Jawa Barat, Gunung Salak sering dihubungkan dengan hal larangan dan mistik. Tetapi panorama rimba yang asri betul-betul menarik dengan udara yang bersih dan fresh. Sebagai teritori taman nasional, tempatnya betul-betul terbangun untuk pelestarian flora dan fauna di dalamnya. Sementara namanya sendiri memiliki arti gunung perak yang dari bahasa sansekerta β€˜Salaka’.

Gunung Gede

Gunung Gede masih ada daerah Kabupaten Cianjur dan Sukabumi Jawa Barat dengan gerbang khusus Cibodas dan Cipanas. Dan masih terhitung dalam Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, kawasannya berselimutkan rimba pegunungan terkaya flora di Indonesia. Mempunyai ketinggian 3.008 Mdpl, Gunung Gede tidak cuma ramai pelancong lokal tetapi mancanegara.

Wisata Gunung Jawa Barat

Sepanjang ada di Gunung Gede ada beragam tujuan menarik, seperti Telaga Biru, Air terjun Cibeureum, dan Air Panas. Selanjutnya ada juga Kandang Batu, Kandang Badak, pucuk dengan kawahnya, dan Alun-alun Suryakencana dengan Bunga Edelweissnya. Dalam pada itu Alun-alun Suryakencana sebagai daratan yang paling luas, tempat favorite perkemahan saat sebelum ke arah pucuk.

Gunung Pangrango

Wisata Gunung Jawa Barat – Berada di teritori Taman Nasional Gede-Pangrango, Gunung Pangrango sebagai salah satunya opsi wisatawan. Gunung Pangrango dan Gunung Gede mempunyai pucuk yang tersambung punggung gunung di ketinggian minimal 2.400 Mdpl. Dan pucuk Gunung Pangrango sendiri berketinggian 3.019 Mdpl yang menjadikan paling tinggi ke-2 di Jawa Barat.

Wisata Gunung Jawa Barat

Lajur Kandang Badak sebagai pos pendakian yang pisahkan lajur ke arah pucuk Gunung Pangrango dengan Gunung Gede. Memiliki jarak sekitaran 100 mtr. dekati area pucuk, pelancong akan menemui Lembah Mandalawangi yang legendaris. Lokasi ini berisikan padang bunga Edelweiss yang tempat kemping untuk beberapa pendaki.

Gunung Galunggung Tasik Jawa Barat

Wisata Gunung Jawa Barat – Gunung Galunggung terkenal dengan letusan dahsyatnya yang fantastis pada tahun 1983. Letusan itu bahkan juga mengganti peta jalan dan jalur sungai yang berada di Tasikmalaya. Memiliki jarak 17 km barat kota, Galunggung sebagai salah satu gunung berapi di Tasikmalaya.

Wisata Gunung Jawa Barat

Dengan pucuk dengan tinggi 2.168 Mdpl, di atasnya ada sebuah kawah memiliki ukuran cukup besar. Agar bisa melihat eksotisme kawah, pelancong harus menjejaki minimal 620 anak tangga yang menanjak. Selanjutnya disekitaran teritori mempunyai tempat wisata menarik, satu diantaranya yakni sumber air panas.

Gunung Guntur Garut Jawa Barat

Menjadi satu diantara tujuan sasaran beberapa pendaki, pucuk Gunung Guntur mempunyai ketinggian minimal 2.249 Mdpl. Masih Bertetangga dengan Gunung Cikuray dan Gunung Papandayan, kawasannya sebagai sisi dari cagar alam. Tempat pelestarian Gunung Guntur jadi komunitas asli untuk Macan Bungkeleukan.

Terhitung dalam daerah Garut dengan kelompok gunung berapi aktif, track pendakiannya cukup menantang. Gunung Guntur memiliki 4 lokasi pucuk dengan hidangan yang unik dan menarik dari setiap titiknya.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :