Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Hunting Sunset di Waduk Cengklik Boyolali Dapat Menjadi Kegiatan di Waktu Luangmu – Cari Sudut Terbaiknya Sebelum Memotret, ya!

/
/
/
15 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Waduk Cengklik tidak benar satu objek wisata favorit di Boyolali untuk nikmati panorama sunset. Menawarkan banyak ragam wahana permainan seru dan daya tarik utama menjelajah Kampung Sakura.

Waduk Cengklik
Photo by @tommysoebagjo

Memiliki luas permukaan air 300 hektar, Waduk Cengklik yang berada di Boyolali ini sudah berdiri sejak 93 tahun yang lalu. Waduk ini berguna sebagai sumber pengairan bagi persawahan sekitar, namun baru-baru ini waduk juga di jadikan sebagai area wisata baru oleh masyarakat. Selain untuk menarik minat wisatawan, potensi wisata yang ada terbilang cukup tinggi.

Waduk Cengklik
Photo by @masarrdy_

Nama Waduk Cengklik telah populer di beragam daerah. Nama tersebut bertujuan supaya mampu di ambil kesimpulan bahwa waduk ini sudah menjadi ikon baru Kabupaten Boyolali. Sesuai bersama dengan pernyataan pengelola wisata waduk setempat, pembukaan waduk sebagai area wisata miliki tujuan untuk menolong tingkatkan pendapatan daerah.

Waduk Cengklik
Photo by @tommysoebagjo

Tak hanya panorama waduk yang memukau tiap tiap gunakan mata, terdapat terhitung lebih dari satu stand makanan yang di kelola sendiri oleh masyarakat setempat. Setelah capek terjadi nikmati pemandangan waduk, Anda sanggup bersama dengan ringan menemukan kuliner pengganjal perut. Berbagai macam makanan dan minuman di sediakan oleh para penjual stand di kawasan Waduk Cengklik Park.

Daya Tarik Waduk Cengklik

1. Cerita Sejarah

Bendungan air yang sudah berdiri nyaris satu abad ini sudah pasti mempunyai segudang cerita histori yang menarik untuk di bahas. Tujuan awal di bangunnya waduk ini adalah untuk menopang pengairan lahan perkebunan yang di miliki oleh Mangkunegaran.

Waduk Cengklik
Photo by @zuhud_arif

Maka dari itu, pihak Mangkunegaran Solo berharap kerja mirip dengan pemerintahan kolonial Belanda untuk membangun sebuah bendungan air. Pembangunan waduk ini memakan kala selama 2 th. dengan di bantu oleh pekerja berasal dari pribumi. Wilayah pertama yang jadi sebagai waduk bernama Dusun Cengklik, nama dari dusun ini lantas di gunakan sebagai nama waduk itu sendiri.

2. Panorama Sunset

Pemandangan langit semburat jingga, di padukan oleh pantulan air yang mengkilap karena sinar matahari sore menaikkan nilai estetik senja di Waduk Cengklik. Tak lupa untuk mengambil beberapa momen indah sunset, foto dengan mode siluet jadi pilihan yang tepat. Anda termasuk mampu menyaksikan penampakan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu terkecuali cuaca sedang mendukung.

Waduk Cengklik
Photo by @cipta_ryan_pratamaa

Jika menghendaki melihat kondisi sunset yang tepat, Anda bisa singgah terhadap pukul 5 sore sampai 6 sore. Mengajak pasangan Anda bakal menjadikan kenangan indah bersama, memandang matahari yang menjadi tenggelam secara perlahan dengan orang terkasih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Waduk Cengklik

Waduk indah ini terdapat di dua desa sekaligus, yakni Desa Ngargorejo dan Desa Sobokerto. Berada di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. Kawasan waduk ini dekat bersama dengan Bandara Adi Sumarmo, supaya penumpang akan khususnya dahulu di suguhkan pemandangan waduk dari atas sementara berada di dalam pesawat.

Photo by @kiwmono

Rute yang Anda lewati kecuali menginginkan datang ke Waduk Cengklik adalah dengan masuk di Jalan Tol Solo-Ngawi. Setelah bertemu flyover Ngemplak, Anda bisa mengambil alih arah barat yang menuju Jalan Raya Waduk Cengklik. Jalur ini bakal menuntun Anda menuju kawasan waduk.

Photo by @jo.chryst

Sementara itu, kurang lebih 10 menit perjalanan lewat Jalan Raya, Anda akan sampai terhadap gerbang masuk waduk. Di segi kanan, keluar genangan air sekitar 9 debit yang berasal dari sungai-sungai di Kecamatan Ngemplak. Genangan air ini juga termasuk salah satu ikon jika anda sudah sampai di kawasan wisata.

Harga Tiket Masuk Waduk Cengklik Boyolali

Harga teranyar tiket masuk kawasan Waduk Cengklik adalah Rp 30.000 per orang. Dan untuk hari Sabtu dan Minggu tetap serupa untuk harganya. Bagi Anda yang aktif di media sosial, ada potongan harga tiket Rp 10.000 untuk setiap orang.

Photo by @dolanboyolali

Syaratnya memadai ringan untuk meraih promo ini,. Cuma bersama dengan mengikuti laman tempat sosial resmi milik pengelola waduk. Di sana terdapat daerah parkir untuk para wisatawan. Hanya dengan ongkos Rp 2000 Anda udah bisa menitipkan kendaraan bersama keamanan tanpa cemas akan kejahatan yang mengintai.

Photo by @anisiarsdaa_

Jika mendambakan masuk di kawasan Park, Anda tidak wajib membayar tiket kembali untuk masuk. Karena pembayaran tiket terhadap awal, sudah terhitung untuk seluruh fasilitas yang di sajikan di Waduk Cengklik Boyolali.

Aktivitas Wisata

Photo by @sigitpunjabi

Salah satu kegiatan yang terdapat di Waduk Cengklik adalah menaiki perahu bersama dengan memutari waduk. Perahu ini memiliki ukuran yang memadai besar. Satu kali berangkat mampu berisi 10 sampai 15 orang. Anda bakal di ajak berkeliling waduk sepanjang 20 menit dan bakal paham betapa luasnya waduk ini. Selain itu, anda terhitung bisa laksanakan kesibukan lain seperti memancing, foto di Kampung Sakura serta lihat keramba ikan.

Fasilitas Wisata

Pengelolaan Waduk Cengklik oleh pemerintah sanggup di nilai berhasil, sebab kawasan waduk mampu di akses menjadi wisata untuk umum. Fasilitas yang di berikan juga lumayan lengkap. Mulai dari kamar mandi umum dan daerah cuci tangan tersedia di beragam titik. Jadi, anda tak perlu khawatir untuk beraktivitas lama-lama di daerah ini.

Photo by @alexwalker_26

Rumah makan terhitung banyak berdiri di sekitar tempat waduk, dengan menu ikan air tawar yang menjadi andalannya. Sementara kolam renang yang berada di kawasan Waduk Cengklik Park juga sanggup di gunakan untuk umum. Selain itu, ada juga layanan aula pertemuan yang dapat di sewa sebelumnya. Aula ini mempunyai kapasitas sekitar 200 orang. Jadi, sangat cocok buat anda yang ingin mengadakan acara kantor dan semacamnya.

Photo by @jo.chryst

Informasi berasal dari wisata Waduk Cengklik yang berada di Boyolali ini dapat Anda pakai sebagai referensi sementara. Bisa di katakan juga bahwa Boyolali memiliki destinasi wisata buatan yang menarik, salah satunya adalah waduk cantik ini. Jangan lupa untuk mengajak rekan atau keluarga kala berlibur di wisata Waduk Cengklik, supaya liburan tambah seru dan asik.

Info Detail

Berikut informasi detail tiket masuk, jam operasional dan alamat Waduk Cengklik Boyolali:

Harga Tiket: Rp 30.000
Jam Operasional: 08.00-15.00 WIB
Alamat: Jl. Ngargorejo, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali, Jawa Tengah

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :