Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Berenang di Umbul Pelem Dapat Jadi Opsi Relaksasi dari Rutinitas Kerjaan Seminggu Penuh – Sudah Murah, Segar Pula!

/
/
/
291 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Bicara soal wisata mata air alias umbul di Kabupaten Klaten sebenarnya tak dulu ada habisnya. Pantaslah apabila kota mata air di sematkan terhadap tempat yang berbatasan Solo-Yogyakarta itu. Kali ini ada Umbul Pelem yang lokasinya tak berasal dari Umbul Ponggok. Umbul Pelem berada di Desa Wunut, Kecamatan Tulung atau kira-kira 4,5 Km berasal dari Umbul Ponggok.

Photo by @atik_sambi

Wisata Umbul Pelem

Sebenarnya, Umbul Pelem sudah ada sejak berpuluh-puluh th. lalu. Hanya dibuka ulang terhadap Mei 2018 sehabis di laksanakan renovasi besar-besaran sepanjang setahun. Setelah di renovasi, Umbul Pelem kini menjadi sebuah kolam renang bersama lebar 20-an mtr. dan kedalaman 1,5 sampai 2 meter. Kolam ini dapat menampung ratusan pengunjung.

Photo by @ivan_hardiyan

Selain itu, tersedia kolam anak-anak bersama dengan kedalaman 50 cm. Meski demikian, kolam kecil yang jadi cikal bakal Umbul Pelem masih tersedia dan senantiasa dipertahankan. Pasalnya, kolam kecil ini jadi sumber air kolam renang di kolam alami ini.

Sumber Mata Air Alami

Photo by @captai.america31

Lantaran bersumber mata air alami, tanpa kaporit, jadi kalaupun mandi air di umbul ini terasa sangat menyegarkan. Selain itu, tak pedih di mata meskipun udah sekian lama berenang. Istimewanya lagi, air di Umbul Pelem tetap mengalir sehingga airnya berganti.

Photo by @ridwanonelis

Adanya kolam renang inilah yang membedakan Umbul Pelem bersama umbul lainnya di sekitarnya. Sekaligus menjadi daya tarik bagi pengunjung yang menginginkan merasakan segarnya berendam di mata air alami. Selain dua kolam renang, tersedia fasilitas lain yang tersedia di lokasi wisata. Misalnya musala, ruang ganti, toilet, gasebo, warung makanan, persewaan ban, sampai daerah parkir yang luas.

Photo by @dyan.yuni.sofrizal

Istimewanya lagi, sawah sayur cenil selalu dipertahankan sebab jadi ciri khas umbulan ini. Pengunjung pasti sanggup bermain sepuasnya di sawah sayur cenil. Karena masih alami, enteng mendapatkan ikan cethul dengan kata lain ikan kecil-kecil yang biasa hidup di sungai.

Photo by @unnie_alone

Sejak dibuka lagi sehabis direnovasi, wisata umbul ini jadi satu destinasi wisata air unggulan Kecamatan Tulung. Setiap hari, nyaris 300-an orang mengunjungi kawasan wisata ini. Jumlah itu tentu akan meningkat meningkat pada hari libur atau moment liburan. Hardono melanjutkan, kebanyakan pengunjung berasal berasal dari desa dan kecamatan di sekitar umbul. Walau tak sedikit yang berasal dari luar Klaten, jikalau Solo, Boyolali, sampai Yogyakarta.

Rute Menuju Lokasi

Photo by @umbulpelemwaterpark

Kemudahan membuka lokasi menjadi satu alasan kenapa tempat wisata ini tetap ramai pengunjung. Umbul Ponggok tepat berada di tepi jalur utama Desa Janti-Wunut. Lajukan kendaraan menuju pertigaan Pasar Tegalgondo, yang terletak di Jl. Raya Solo-Yogyakarta, baik yang datang berasal dari arah Solo maupun Yogyakarta. Bila mampir berasal dari arah Solo, pertigaan Pasar Tegalgondo berada di sebelah kanan, 550 meter setelah Tugu Selamat Datang di Kabupaten Klaten.

Photo by @el_dimi_tri

Dari pertigaan tersebut, Anda dapat mengarahkan kendaraan menuju arah barat, mengikuti jalan Tegalgondo-Janti sampai sejauh 6,5 Km menuju kawasan wisata ini. Setelah pertigaan Janti, tak lama tersedia Tugu Selamat Datang di Desa Wunut, artinya obyek perjalanan Anda tinggal selangkah lagi. Umbul Pelem berada di sebelah kiri jalan, sesudah Umbul Manten.

Photo by @nela.f_ram

Umbul Pelem buka setiap hari, menjadi pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Harga tiketnya masuk pun tergolong murah, yaitu Rp 5 ribu, parkir motor dan mobil tiap-tiap 3 ribu dan 5 ribu. Bila menghendaki air yang tetap segar, Anda mampu singgah sepagi mungkin. Lain halnya andaikan menikmati keadaan yang teduh, bisa datang terhadap sore hari.

Yuk, rencanakan liburanmu ke Umbul Pelem di Klaten selanjutnya rasakan sensasi segarnya berenang di mata air alami.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :