Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

8 Tempat Wisata di Sambas Ini Tidak Banyak Terekspos Wisatawan dan Masih Asri – Pas Banget Untuk yang Pengen Jauh dari Keriuhan Kota!

/
/
/
590 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Tempat Wisata di Sambas – Meski terus dieksplorasi oleh para wisatawan, Indonesia sepertinya tidak bakal dulu kekurangan tempat wisata yang menarik untuk anda singgahi. Dari beraneka pesona target wisata layak untuk dijelajahi di Nusantara, tidak benar satunya adalah kota Sambas, yakni sebuah Kabupaten yang terletak di ujung utara Kalimantan Barat sekaligus jadi penanda perbatasan Indonesia bersama Malaysia.

Tempat Wisata di Sambas
Photo by @tiechnotes

Meski untuk menjelajahi wisata di Sambas lumayan jauh bersama lamanya perjalanan yang wajib ditempuh, rasa lelah ini bakal terbayar bersama keindahan wisata Sambas yang mempesona. Bagi yang idamkan menghemat waktu, kalian dapat segera terbang dan mendarat di Bandara Liku Paloh yang jadi cuma satu bandara di Sambas.

Tempat Wisata di Sambas
Photo by @agussukarnamajid89

Meski jarang kita dengar, Kota Sambas rupanya menyimpan daerah wisata alam bersama pemandangan indah dan belum banyak tersentuh orang. Penasaran? Intip rekomendasi tempat wisata di Sambas yang sayang untuk dilewatkan berikut:

Tempat Wisata di Sambas Terpopuler

1. Pantai Temajuk

Pantai Temajuk terletak di Desa Temajuk, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas. Dari pusat kota, untuk raih destinasi wisata Sambas satu ini lewat jalur darat diperlukan kala selama 4 jam 33 menit berkendara bersama jarak 176,5 Kilometer lewat Jl. Lintas Kalimantan Poros Utara.

Tempat Wisata di Sambas
Photo by @jelajah.batas

Memang, perlu perjuangan ekstra untuk sampai ke Pantai Temajuk. Sebab, pengunjung kudu menyeberangi dua sungai khususnya dahulu yakni Sungai Sekura dan Sungai Sumpit. Namun, harga yang perlu dibayar bakal setimpal bersama dengan apa yang akan diperoleh setelah tiba di tempat wisata Sambas ini.

2. Pantai Batu Nenek

Pantai lain yang bisa dikunjungi saat tengah berwisata di Sambas adalah Pantai Batu Nenek. Destinasi wisata di Sambas satu ini berbatasan segera dengan Malaysia ini dan terkenal sebagai surga alam yang baru saja di temukan.

Tempat Wisata di Sambas
Photo by @fuji_sukamoto

Ciri khas berasal dari objek wisata pantai di Sambas ini adalah batuan granit yang memiliki tinggi sepadan pohon kelapa yang tersebar di pantai ini. Panorama ini pasti mengingatkan kami dapat pantai Tanjung Tinggi yang menjadi wilayah pengambilan film Laskar Pelangi.

3. Pantai Selimpai

Pernah memikirkan pemandangan hutan pinus yang berpadu bersama pantai? Pemandangan itulah yang mampu kamu temukan di Pantai Selimpai, tempat wisata di Sambas setelah itu ini.

Tempat Wisata di Sambas
Photo by wisatakhatulistiwa.com

Tujuan wisata di Sambas satu ini sebetulnya unik. Sebab, jika terhadap biasanya pantai banyak tumbuh pohon kelapa tetapi di Pantai Selimpai justru dirindangi hutan pinus yang berbaris rapi di sepanjang bibir pantai. Tak heran, meskipun di siang hari, pantai ini senantiasa menjadi teduh.

Selain itu, destinasi wisata Sambas ini punya pasir yang putih yang lembut. Pengunjung pun akan betah lama-lama menyusuri tepi pantai tanpa mengenakan alas kaki. Pantai ini termasuk menggoda untuk anda renangi gara-gara airnya yang jernih kebiruan. Namun, hati-hati ya karena ombak di pantai ini cukup tinggi.

4. Danau Sebedang

Selain pantai, wisata bahari yang dapat anda kunjungi di Sambas adalah Danau Sebedang. Destinasi wisata Sambas yang berada di Desa Sebedang, Kec. Sebawi ini, mempunyai panorama alam yang indah lantaran d ikelilingi perbukitan dan Hutan Lindung Gunung Majau.

Photo by @suwis_kurniawan

Mirip Danau Toba yang mempunyai pulau di tengah danau, Danau Sebedang juga mempunyai pulau kecil di tengahnya bernama Pulau Panjang. Meski ukurannya mini daripada Pulau Samosir, destinasi wisata di Sambas satu ini termasuk tak kalah menarik untuk di eksplor.

Photo by @elenodevan225

Untuk meraih Danau Sebedang, perjalanan berasal dari pusat Kota Sambas memakan saat 30 Menit dengan jarak tempuh sejauh 20 Kilometer melalaui Jl. Ahmad Yani. Karena wilayah yang tidak jauh berasal dari pusat kota, Danau Sebedang sering menjadi target wisata masyarakat Sambas.

5. Danau Biru Selakau Timur

Danau Biru berlokasi di Dusun Gemuruh, Kelurahan Selakau Tua, Kecamatan Selakau Timur, Kabupaten Sambas Kalimantan Barat. Untuk bisa hingga ke lokasi ini memang penuh perjuangan. Sebab kamu harus melewati jalur yang kondisinya buruk.

Photo by @akhmadrazi_

Yang lebih menantang, sebagian jalan tetap berwujud tanah lihat yang sekiranya terkena hujan akan jadi kubangan lumpur. Kamu juga harus lewat area perbukitan dan kebun sawit. Namun, tidak mesti risau tersesat karena penunjuk arah menuju Danau Biru cukup lengkap. Dari pusat kota ke Danau Biru Selakau Timur, jaraknya mencapai lebih kurang 38,7 Kilometer dan dapat di tempuh sepanjang 1 jam 15 menit berkendara.

6. Hutan Mangrove Sambas

Tujuan wisata Sambas yang lain dan sayang untuk di lewatkan kecuali mampir ke kota ini adalah Hutan Mangrove Setingga Asin yang berada di Desa Sububus Kecamatan Paloh, Sambas. Destinasi daerah wisata di Sambas ini ramai di kunjungi wisatawan gara-gara jenis kegiatan yang dapat anda kerjakan di Hutan Mangrove Setingga ini cukup banyak, antara lain: tracking, memancing, menyusuri sungai bersama dengan perahu motor atau mendayung perahu yang di sewakan kepada pengunjung.

Photo by akurat.co

Akses menuju wilayah rimba Mangrove Setingga Asin tidak terlampau sulit, anda hanya kudu berkendara roda dua atau roda empat bersama dengan perjalanan lebih kurang 1,5 jam berasal dari pusat kota Sambas.

7. Air Terjun Riam Caggat

Selain memiliki pantai dan danau yang indah, Kabupaten Sambas juga memiliki air terjun yang cantik. Salah satu air terjun yang tenar adalah Air Terjun Riam Caggat di Desa Batang Air, Kecamatan Sajingan Besar. Destinasi wisata di Sambas lainnya ini jaraknya 85 Kilometer berasal dari pusat kota Sambas atau dua jam perjalanan dengan kendaraan.

Photo by @bg_rega95

Jika berkunjung dari pusat kota, sesampainya di Desa Batang Air, anda mesti menyusuri hutan pernah dengan tracking selama satu jam. Jalan yang mesti di lewati tidaklah mulus, anda perlu menanjak dan lewat jalan setapak yang licin dan sedikit terjal. Meski begitu perjalanan yang berat bakal terbayar sesudah melihat gemercik air terjun Riam Caggat.

8. Pos Lintas Batas Negara Aruk

Aruk adalah gerbang yang membatasi dua negara yakni Indonesia dan Malaysia. Jika anda berada di Aruk anda dapat lihat megahnya PLBN Aruk yang dirancang bersama paduan design etnik-modern. Nuansa etnik Dayak sesungguhnya benar-benar kental terlihat pada desain PLBN Aruk ini, di padu bersama dengan rumah tradisional yakni Rumah Panjang yang mengakibatkan PLBN Aruk nampak menarik untuk dikunjungi.

Photo by @dwiatmoko11

Meskipun kesibukan di PLBN Aruk ini dominan pengurusan izin dua warga negara yang ingin melintas batas, namun tidak mengurangi rasa serunya. Apalagi di PLBN Aruk ini terdapat sejumlah kios yang menjual barang-barang khas berasal dari dua negara.

Dari bermacam petunjuk tempat wisata di Sambas tersebut, sudahkah kamu pilih pilihan favoritmu? Yuk, coba kunjungi satu per satu terkecuali udah mampir kala liburan!

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :