Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Melihat Aneka Satwa yang Hampir Punah di Taman Nasional Meru Betiri Jawa Timur – Uji Nyalimu buat Masuk ke Hutan Ini!

/
/
/
431 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan

Taman Nasional Meru Betiri, atau yang disingkat TNMB jadi salah-satu Taman Nasional yang ada di Indonesia yang terlampau bersejarah. Selain itu, kawasan ini juga benar-benar penting bagi kelestarian lebih dari satu flora, dan fauna. Taman Nasional ini merawat hewan yang statusnya jadi terancam punah, seperti:

Photo by @k33pmov1n
  • Macan tutul
  • Penyu
  • Elang jawa
Photo by @petaarea

Serta sebagian tanaman – tanaman yang statusnya termasuk jadi terancam punah. Pada selanjutnya, kawasan ini jadi salah-satu rumah yang nyaman bagi hewan, dan tumbuhan – tumbuhan tersebut.

Photo by @gungafif

Wisata Taman Nasional Meru Betiri punyai luas kurang lebih 58.000 ha. Sehingga wilayahnya terdapat di dua kabupaten, yaitu kabupaten Banyuwangi dan Jember. Jadi, anda bisa datang melalui dua jalur dari kota tersebut.

Photo by @aabuchori

Wisata ini menjadi sebuah kunjungan petualangan yang sukar terlupakan. Karena wisata ini bukan hanya menyajikan mengenai hutan, tapi termasuk keindahan alam pantai. Maka tak heran, banyak wisatawan yang mengidamkan paket lengkap eksplorasi alam ini.

Lokasi Dan Alamat Lengkap

Photo by @banyuwangisafari

Sementara untuk lokasinya, Taman Nasional Meru Betiri ini terletak di dua kabupaten yang tersedia di Jawa Timur. Tepatnya berada di Kecamatan Pasanggaran, Kabupaten Banyuwangi, dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Lokasi

Karena lokasinya terdapat di pada dua kabupaten, maka jalur ke wisata ini terkandung dua opsi, yaitu Banyuwangi dan Jember. Untuk jarak berasal dari Banyuwangi, anda bisa mencapainya sekitar 103 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam perjalanan. Adapun jarak berasal dari Jember ke taman nasional ini kurang lebih 64 kilometer, bersama dengan waktu tempuh kira-kira 2 jam perjalanan.

Photo by @goldisenna

Bagi para pengunjung yang mendambakan mampir ke sini, sebaiknya saat kondisi cuaca cerah. Lebih-lebih kalau ingin melakukan kesibukan camping. Karena medan akan sulit dilalui saat musim hujan. Selain itu, benar-benar di sarankan mengfungsikan jasa guide yang udah di sediakan oleh pihak pengelola dengan mengfungsikan style kendaraan spesifik offroad.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Meru Betiri

Photo by @tato_octavianto

Tiket masuk Taman Nasional Meru Betiri Rp. 5.000 – Rp. 7.500 per orang, untuk wisatawan lokal dan nasional. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp. 150.000 per orang.

Jam Buka Taman Nasional Meru Betiri

Photo by @rkmggr

Objek wisata ini buka tiap-tiap hari mulai dari pukul 08.00 – 17.00. Sebenarnya, jam operasionalnya dapat 24 jam. Tapi, itu hanya berlaku bagi para pengunjung yang telah meraih ijin untuk camping di kawasan tersebut. Tentunya bersama dengan di temani oleh guide. Sementara untuk pendatang yang tidak berkemah, hanya buka sampai jam 5 sore saja.

Fasilitas di Lokasi Wisata

Perlu anda ketahui juga, fasilitas di kawasan ini sudah terlalu lengkap untuk menopang kenyamanan wisata para pengunjung. Hanya saja karena statusnya Taman Nasional, maka layanan wisata cuma di wilayah yang sudah ditentukan saja. Dan inilah fasilitasnya:

Photo by @alam_hijau_official
  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Jasa guide, atau tim rescue
  • Jasa armada khusus penjelajahan
  • Wahana wisata berupa kano

Daya Tarik

1. Petualangan Di Hutan

Photo by @iffan_fs

Daya tarik yang pertama dari Taman Nasional Meru Betiri adalah petualangan menuju kawasan hutan yang tetap terjaga kelestariannya. Bagi yang tidak bahagia bersama petualangan, perjalanan wisata ke kawasan ini mungkin angker. Tetapi sebaliknya, wilayah ini menjadi surganya para petualang. Untuk perjalanan menuju hutan baiknya ditemani oleh guide. Perjalanan bakal semakin seru, gara-gara pengunjung dapat disediakan mobil khusus, yang nantinya dapat melaju di sebuah sungai.

2. Pantai Yang Eksotis

Photo by @m_luthfi_z

Deskripsi taman nasional ini bukan cuma sekedar mengenai hutan saja, tapi ternyata terkandung sebagian pantai yang tetap asri, bersama view alam yang eksotis. Seperti halnya Pantai Bandealit yang juga masuk dalam kawasan taman nasional ini.

3. Kano

Photo by @merubetiri_expedition

Aktivitas wisata yang sanggup dikerjakan di kawasan ini salah satunya adalah susur sungai bersama langkah mendayung di kawasan hutan bakau bersama dengan gunakan Kano.

4. Wisata Budaya dan Edukasi

Photo by @petaarea

Kunjungan wisata ke kawasan konservasi ini benar-benar berharga edukatif. Selain sebab keberadaan lebih dari satu flora, dan fauna, di kawasan selanjutnya terhitung terdapat sebuah formalitas masyarakat yang punya nilai edukatif. Dan yang paling menakjubkan adalah upaya melestarikan penyu yang terancam punah. Hal tersebut dikerjakan oleh pihak pengelola yang berkerjasama dengan masyarakat.

Selain itu, mata pencaharian penduduk kurang lebih salah-satunya dari produksi getah karet. Dahulu, hasil pohon karet yang tersedia di Taman Nasional Meru Betiri pernah meramaikan pasar Eropa. Jadi, apakah jiwa petualangan anda sudah tertantang? Yuk, agendakan rencana liburan anda ke Banyuwangi!

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :