Hit enter after type your search item
LiburanYuk!

Sebaik-baiknya Pilihan Adalah Liburan

Taman Nasional Baluran, Miniatur Alam Afrika di Ujung Timur Pulau Jawa!

/
/
/
174 Views
img
Bagikan ke Teman Liburan
Terima Kasih Bintangnya 🙂
[Total: 0 Average: 0]

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu taman nasional yang terkenal. Hal ini sebab taman nasional ini merupakan taman nasional pertama di Indonesia. Kawasan wisata ini dibangun pada tahun 1980 dan mendapat julukan Africa van Java. Julukan itu didapatkan dikarenakan keindahan alam taman nasional ini serupa bersama di Afrika.

Taman Nasional Baluran
@sutanega

Taman nasional ini terdapat di antara Banyuwangi dan Situbondo. Memiliki luas 25.000 Ha bersama dengan lebih kurang 40% di dominasi oleh tipe vegetasi sabana. Taman nasional ini juga punya 444 model tumbuhan asli yang khas. Juga terdapat 26 model mamalia dan 155 jenis burung.

Taman Nasional Baluran
@kurniaalvinnn

Daya Tarik Taman Nasional Baluran

Bagi wisatawan yang mampir ke sini, beragam hal menarik dapat disaksikan di Taman Nasional ini. Mulai dari hutan, Gua, padang savana dan tetap banyak lagi. Berikut sebagian hal menarik yang sanggup didapat.

Taman Nasional Baluran
@itsmerry91
Taman Nasional Baluran
@yukbanyuwangi
Gua Jepang

Di Batangan ini terdapat peninggalan sejarah berbentuk gua Jepang tepatnya di pintu masuk taman nasional. Jika menginginkan belajar perihal sejarah, maka berkunjung ke gua ini adalah perihal wajib. Gua ini memiliki luas kira-kira 12 meter. Dahulu gua ini digunakan untuk area bertahan dan penyimpanan amunisi.

Selain gua, pengunjung bisa menyaksikan merak pada musim kawin. Pemandangan berikut bakal mudah ditemui di pada bulan Oktober atau November. Harap mengikuti keputusan yang tersedia berasal dari pihak pengelola untuk keamanan pengunjung.

Hal setelah itu yang mampu dilakukan di Batangan adalah berkemah. Untuk berkemah perlu memperoleh ijin dari pihak pengelola. Pengunjung bisa bertanya ke pusat informasi yang tersedia di area Batangan ini.

Kawasan Hutan Evergreen

Dari pintu masuk taman nasional ke padang savana, pengunjung dapat lewat hutan. Hutan ini diberi nama Evergreen. Pemberian nama ini sebab hutan ini muncul layaknya lorong hijau yang rimbun. Pengunjung tidak kudu risau tersesat sebab telah ada jalan setapak beraspal yang mengelilingi kawasan hutan.

Taman Nasional Baluran
@nvl.raihansyah

Di hutan ini pengunjung dapat menemui banyak satwa liar. Mulai berasal dari ayam hutan, tupai, merak, kijang dan terhitung monyet. Jika menguntungkan pengunjung juga dapat lihat banteng.

Taman Nasional Baluran
@refaann_

Karena banyaknya satwa liar, pengunjung kudu hati-hati dalam menyetir. Dan termasuk jangan mengganggu hewan-hewan liar tersebut. Aturan ini dibikin agar tidak membahayakan pengunjung.

Padang Savana Bekol Taman Nasional Baluran

Setelah lewat hutan Evergreen, pengunjung akan menemui padang savana yang dinamai Bekol. Padang ini terlalu indah baik di musim kemarau maupun musim hujan.

@adityapurnama77

Jika musim kemarau, rumputnya bakal beralih menjadi emas kekuningan. Jika musim hujan, rumputnya dapat berubah menjadi hijau segar. Selain itu, terdapat satwa liar terhitung di padang ini. Pengunjung bisa menemukan kumpulan merak, banteng, ayam hutan dan rusa.

@ayyu_rahayyu99

Pengunjung mampu berfoto dengan padang savana ini sebagai latar belakang. Selain itu termasuk bisa berikan makan monyet, tentu saja dengan pengawasan pengelola. Pengunjung dilarang melangkahi pagar pembatas demi keamanan. Aktivitas lain yang sanggup dilakukan adalah menginap di daerah yang disediakan oleh pengelola.

Pantai Bama, Balanan dan Bilik

Pantai Bama terdapat kira-kira 3km berasal dari savana Bekol. Di pantai ini pengunjung dapat melaksanakan snorkeling. Untuk penyewaan alat snorkeling sanggup langsung menghubungi pengelola. Pantai ini memiliki pasir yang putih bersih dan terumbu karang yang banyak.

Taman Nasional Baluran
@virgoos_

Selain itu, di pantai-pantai ini pengunjung termasuk sanggup menyaksikan perkelahian pada rusa jantan. Pemandangan itu bisa disaksikan di bulan Juli atau Agustus. Selain itu, pengunjung termasuk mampu lihat kawanan kera abu-abu.

Taman Nasional Baluran
@hani_vika13

Pada sementara air laut surut, kawanan kera abu-abu ini bakal memancing gunakan ekornya. Yang dipancing adalah kepiting/rajungan.

Lokasi TN Baluran

Taman Nasional ini berlokasi di Wongsorejo, Banyuwangi dan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur. Untuk jalan menuju tempat taman nasional ini udah diaspal dengan baik. Sehingga dapat dilewati oleh bermacam model kendaraan.

@aku_adalah_nashi
@af_octa

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Baluran

Seperti taman nasional lain yang dikelola pemerintah. Harga tiket masuk kawasan taman nasional ini terhitung mampu dikatakan terjangkau. Untuk wisatawan lokal pada hari biasa HTM objek wisata ini adalah Rp 16.000, sedangkan terhadap hari libur adalah Rp 18.500 saja. Kemudian untuk wisatawan mancanegara HTM adalah Rp 165.000 pada hari biasa dan Rp 240.000 pada hari libur.

@aku_adalah_nashi
Jam Buka

Jam buka taman nasional ini mulai dari hari Senin hingga Kamis jam 07.30 hingga 16.00. Sedangkan di hari Jumat membuka terasa jam 07.30 hingga 16.30. Taman nasional ini hanya tutup pada hari Sabtu dan Minggu. Untuk hari libur nasional tetap buka.

@adiputramar_
Fasilitas

Meski berada di area yang lumayan jauh berasal dari pusat kota, di Taman Nasional ini terdapat beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Fasilitas layaknya penginapan, musala, warung makan.

Bagikan ke Teman Liburan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This div height required for enabling the sticky sidebar
Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :